Kondisi rumah yang ideal untuk manula

Senin, 4 Mei 2020
Rumah ideal untuk orang lanjut usia

Semua orang sudah pasti bertambah umur dan menua. Saat semakin lanjut usia, manula biasanya mulai punya berbagai keterbatasan, mulai dari kondisi kesehatan secara umum sampai kinerja motorik dan stamina fisik yang tak sebaik saat masih muda dulu.

Karenanya, penting untuk mengkondisikan rumah tinggal dengan usia penghuninya - semakin lanjut usia penghuni rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengaturan ruang hunian.

Artikel ini cocok untuk kita-kita yang sudah berusia di atas 55 tahun ataupun yang masih tinggal dengan orangtua manula.

Mobilitas di rumah

Bila memungkinkan, maksimalkan penggunaan ruang di lantai bawah rumah - minimalisir penggunaan tangga karena di usia lanjut, semakin sulit pula untuk manula naik-turun tangga beberapa kali setiap harinya.

Kamar mandi ideal untuk manula

Lantai kamar mandi yang kerap basah dan licin tak hanya berbahaya untuk manula saja, tapi juga untuk anak kecil dan kita yang masih di usia muda. Pastikan lantai kamar mandi selalu kering dan letakkan keset atau alas kaki yang kesat di bagian-bagian kamar mandi yang sering basah, seperti di dalam ruang shower.

Penggunaan teknologi

Menua bukan berarti tidak up-to-date dengan teknologi kekinian. Rajin-rajinlah belajar menggunakan alat komunikasi di ponsel pintar, sehingga saat butuh bantuan kita bisa langsung menghubungi keluarga terdekat.

Dapur yang aman untuk manula

Hindari menyimpan barang-barang besar, berat dan tajam di rak atau tempat penyimpanan yang tinggi. Mintalah keluarga terdekat untuk rutin melakukan pengecekan alat-alat elektronik seperti kulkas dan oven secara berkala, dan pastikan kompor gas dalam keadaan baik.

Hati-hati membuka pintu rumah dan menerima tamu tak dikenal

Di usia tua, kita seringkali mudah percaya dan terlalu gampang membukakan pintu rumah kita bagi siapapun yang mengetuknya. Sebaiknya selalu berhati-hati - pasanglah kunci grendel dan lengkapi pintu dengan lubang pengintip untuk memastikan kita kenal dengan si pengetuk pintu, sekaligus mencegah pelaku kejahatan beraksi.

Saat usia bertambah, yang juga penting adalah bagaimana kita menyadari dan menerima kenyataan bahwa fisik tak seprima di usia 20an dulu. Mulai dari sini, kita bisa lebih merawat diri dan menjaga kesehatan supaya rumah, harta benda dan kita sendiri pun tetap selalu dalam keadaan aman sentosa.

 

Saat usia bertambah, penting untuk jaga kesehatan. Karena itu, untuk tahu bagaimana faktor-faktor DNA mempengaruhi kesehatan kita, Generali kini hadir dengan fitur DNA Journal - fitur premium ini hadir untuk para nasabah iPlan - klik link ini untuk tahu lebih lanjut tentang iPlan.

 

Bercita-cita untuk terus awet muda? Pelajari segalanya tentang bagaimana tetap sehat di usia lanjut dan tips untuk selalu awet muda disini:

Tetap sehat, eksis dan hits di usia tua

Cara-cara melindungi kesehatan otak setiap hari

Ingin sehat di usia lanjut? Rawat pencernaanmu!

Rahasia sehat dan awet muda ada di tulang kita!