7 aplikasi terbaik untuk bersosialisasi secara virtual

Healthy Lifestyle 15 Mei 2020
healthy living thumb

Salah satu sisi terbaik dari teknologi modern adalah bahwa kehadirannya mempermudah kita untuk tetap terhubung dengan teman-teman dan keluarga terdekat yang tinggal berjauhan. Apalagi saat PSBB / pembatasan sosial berskala besar dan larangan keluar rumah selama masa pandemi global Coronavirus COVID-19, penting untuk tetap update dengan orang-orang terdekat, supaya tak merasa kesepian.

Meski #DiRumahAja, tetap jaga komunikasi dengan teman-teman dan keluarga terdekat lewat 7 aplikasi terbaik untuk sosialisasi virtual ini.

1. WhatsApp

WhatsApp yang juga merupakan bagian dari kerajaan bisnis Facebook, juga merupakan salah satu aplikasi chat, telepon dan video call yang digunakan milyaran orang di seluruh dunia - di Indonesia sendiri, ternyata warga +62 paling hobi chatting dengan WhatsApp, sebab sejak 2018 aplikasi ini menempati posisi pertama di daftar aplikasi percakapan sehari-hari. Apalagi dengan fitur WhatsApp Group yang memungkinkan ratusan orang chatting secara bersamaan, sebelum wabah Coronavirus COVID-19 pun WhatsApp Group sudah menjadi pilihan utama komunikasi massal dari banyak orang.

WhatsApp juga baru saja merilis fitur baru dimana kita bisa menelpon video call sekaligus ke 8 pengguna di saat berbarengan, plus, percakapan yang dienkripsi dengan pengamanan ekstra membuat aplikasi ini cocok untuk meeting dalam skala kecil.

2. Facebook Messenger

Facebook punya 2.4 milyar pengguna. Ya, hampir sepertiga dari jumlah total manusia di seluruh muka bumi ini punya akun Facebook - sebagai jaringan media sosial, Facebook masih menjadi platform nomor 1 dalam jumlah penggunanya. Kebanyakan generasi yang lebih tua, seperti orang tua, paman-bibi dan nenek-kakek kita pun sudah menggunakan Facebook.

Nah, sistem pengirim pesan instan dan chat di dalam Facebook punya aplikasi tersendiri yaitu Facebook Messenger, yang bisa digunakan untuk berkomunikasi lewat pesan dalam bentuk teks, foto maupun video - yang sekaligus bisa menghubungi beberapa orang sekaligus, juga punya fitur permainan menarik dan filter kamera lucu-lucuan yang bisa membuat video call semakin menarik. Baru-baru ini, Facebook juga merilis fitur canggih untuk Messenger, termasuk Watch Party, yang memungkinkan kita untuk nonton bareng secara virtual bersama teman-teman, serta Conference Room, sebuah ruangan video chat yang sanggup memberikan undangan ke 50 orang sekaligus untuk join - meskipun mereka tidak punya akun Facebook. Yang kerennya, waktu ber-video call tidak dibatasi sama sekali, lho!

3. Instagram

Instagram tak cuma digunakan untuk berbagi foto dan video menarik, tapi juga bisa digunakan untuk video call, siaran langsung lewat fitur Instagram Live dan IGTV - baik itu sebagai host ataupun sebagai penonton, maupun untuk bertukar kabar.

Kebanyakan artis dan influencer sekarang beralih ke Instagram, dan acara yang disajikan pun semakin beragam - mulai dari acara masak-memasak, sesi ngobrol dan curhat, sampai ke acara olahraga bareng, pilihannya luar biasa banyaknya!

4. Zoom

Baru-baru ini, founder Zoom, Eric Yuan, didapuk sebagai salah satu bilyuner terbaru di dunia - saat wabah pandemi Coronavirus COVID-19 melanda dunia, Zoom, aplikasi buatan Eric menjadi salah satu alternatif komunikasi audio visual yang melejit namanya.

Bila sebelumnya Zoom bersifat formal dan hanya digunakan oleh kalangan profesional kantoran, sejak Coronavirus COVID-19 mewabah, jumlah penggunanya pun meroket luar biasa. Tak cuma jutaan sekolah dan kantor di seluruh dunia yang menggunakan Zoom, bahkan ibu-ibu arisan pun sekarang sudah ikut menggunakan aplikasi ini!

Jangan lupa untuk meningkatkan level pengamanan perangkat saat menggunakan Zoom, ya, sebab baru-baru ini sempat tersiar kabar bahwa data dari Zoom diretas. Zoom sendiri telah melansir bahwa mereka telah melakukan pengamanan ekstra, tapi kita sebaiknya tetap selalu waspada.

Sedangkan satu kelebihan Zoom adalah kemampuan menampung jumlah pengguna yang banyak: dalam satu sesi chat video, Zoom sanggup memberikan ruang bicara untuk jumlah pengguna hingga seratus orang. Wow, luar biasa, ya!

5. Skype

Skype adalah salah satu platform chat video yang paling pertama diciptakan. Digunakan secara personal dan profesional, Skype mudah digunakan dan memiliki fitur yang memungkinkan kita untuk menelepon ke sambungan internasional dengan biaya yang jauh lebih murah.

6. Microsoft Teams

Kalau aplikasi besutan Microsoft ini, bersifat lebih formal dan profesional - biasanya digunakan untuk keperluan sosialisasi di seputar lingkungan pekerjaan. Fitur-fiturnya yang memungkinkan membawa suasana kantor ke rumah, sangat menunjang seluruh anggota tim untuk tetap bersemangat di kala sedang WFH.

Tim kantor bisa membuat channel sendiri dan berkomunikasi lewat chat video yang diberi pengamanan ekstra, berbagi presentasi dan jaga kekompakan tim kerja meskipun terpisah jarak dari rumah masing-masing.

7. Netflix Party

Kalau yang ini, adalah ekstensi fitur tambahan yang ada di browser Google Chrome di komputer kita. Dengan menambahkan fitur aplikasi ini, kita bisa mengadakan acara nonton bareng secara virtual sambil berbalas komen lewat fitur aplikasi chat di sebelah kanan film yang sedang diputar. Nonton bareng dari rumah masing-masing pun sudah mungkin sekali dilakukan saat ini, canggih memang teknologi jaman now! (PS: karena Netflix tidak kompatibel dengan Telkomsel, cek dulu ya apakah kamu bisa menggunakan Netflix atau tidak di rumahmu)

 

Kamu sendiri, channel komunikasi mana yang jadi favoritmu untuk digunakan?

 

Lawan COVID-19 dengan selalu menjaga kebersihan dan berikan perlindungan menyeluruh untuk keluarga sekarang juga, yang sekaligus memastikan keamanan dana pendidikan anak hingga kuliah nanti. Pastikan Anda memiliki manfaat dari iPLAN dengan tambahan Uang Pertanggungan 500 Juta Rupiah untuk perlindungan di tengah pandemi ini.

 

Untuk hotline bantuan seputar COVID-19, hubungi nomor telepon 119 ext 9, 021-5210411 atau 0811-3339-9000.

Untuk memantau berita dan mendapatkan informasi terkini seputar COVID-19, silakan kunjungi website resmi penanganan COVID-19 Indonesia di tautan ini.

 

Bahagiakan keluargamu, jaga agar orang-orang tersayang selalu dalam keadaan sehat dengan mengikuti saran-saran expert kami seputar gaya hidup sehat. Mulai dari resep-resep sarapan sehat hingga cara untuk dapat tidur lebih nyenyak, semua ada disini:

Tetap Happy dan Semangat saat #DiRumahAja

Ini cara tingkatkan sistem imunitas kekebalan tubuh kita untuk tangkal Coronavirus COVID-19!

Cegah serangan virus flu dengan tips berikut ini!

5 Menu Hangat, Praktis & Hemat untuk Musim Hujan

Alternatif Makanan Siap Saji Yang Sehat Untuk Anak