Tips bebas stres berinvestasi perdana sebagai pemilik properti

Healthy Wealth Selasa, 17 April 2018
Tips investasi perdana sebagai tuan tanah dan pemilik properti

Saat kita memutuskan berinvestasi sebagai pemilik properti pertama kali, baik itu sebagai ibu kos atau induk semang kontrakan, apa saja yang perlu diingat? Memperhitungkan semua situasi dan keadaan yang mungkin terjadi serta tanggungjawab yang bertambah, dapat membantu kita mengorganisir segalanya dengan lebih apik - dan mudah-mudahan, membuat investasi kita pun semakin menguntungkan! Simak beberapa hal penting yang patut diketahui oleh setiap orang yang baru mulai berinvestasi sebagai pemilik properti pertama kalinya.

Siapakah target market properti kita?

Ini hal pertama yang harus jadi pertimbangan: siapakah yang butuh menyewa kos-kosan atau kontrakan? Umumnya, target market kos-kosan adalah mahasiswa atau anak muda yang baru mulai bekerja, sedangkan kontrakan rumah biasanya banyak dicari oleh keluarga muda. Karena itu, sebaiknya kos-kosan atau rumah kontrakan berada di daerah yang dekat dengan kampus atau perkantoran, serta dekat dengan jalur transportasi yang memungkinkan penyewa dapat berkomuter dengan mudah ke kampus atau ke kantor. Yang penting dicatat: pastikan daerah dimana properti berada tidaklah dalam keadaan sudah terlalu padat dengan kos-kosan atau kontrakan, untuk menghindari persaingan terlalu berat.

Ketahui batas kemampuan

Saat membeli properti, pilihlah yang masih dalam batas kemampuan kita. Artinya, saat nanti menjadi ibu kos atau pemilik kontrakan, kita harus sanggup menanggung biaya perbaikan dan renovasi yang perlu dilakukan secara berkala, jadi, pilih properti dengan ukuran yang masuk dalam batas kemampuan secara finansial. Saat membeli properti pun, sebaiknya pastikan bahwa seluruh struktur bangunan dalam keadaan baik, sebelum menentukan anggaran baik itu untuk perbaikan ataupun untuk mempercantik rumah.

Perhitungkan persoalan finansial

Kita mungkin akan membutuhkan pinjaman saat membeli properti untuk investasi ini. Sebaiknya konsultasi terlebih dulu pada ahli di bidang properti dan investasi, supaya yakin bahwa properti yang dipilih sudah paling tepat untuk situasi dan kondisi kita. Kita pun harus mengetahui, balik modal dan keuntungan seperti apa yang dapat kita harapkan (berdasarkan riset di pasaran) dan bagaimana kita akan melunasi kredit pinjaman untuk membeli properti ini. 

Cari penyewa ideal

Bila kita berniat memasarkan rumah kos-kosan atau kontrakan secara online, ada baiknya menggunakan jasa fotografer profesional untuk menonjolkan sisi-sisi terbaik dari properti yang kita miliki - selain itu, pastikan deskripsi yang ditulis cukup jelas dan akurat. Dengan demikian, para calon penyewa yang menghubungi kita sudah tahu pasti apa yang akan mereka dapatkan. Luangkan waktu untuk bertemu calon penyewa secara langsung, dan siap-siaplah menghadapi pertanyaan-pertanyaan yang mungkin timbul, seperti misalnya tatacara pembayaran sewa, pembayaran listrik dan air, dan peraturan yang harus ditaati calon anak kos atau calon penghuni kontrakan.

Jangan lupakan hal sekecil apapun

Ada beberapa hal yang biasa dianggap kecil dan sering terlupakan oleh orang - padahal, sebetulnya detil apapun mungkin saja penting, lho! Misalnya, kita perlu memahami hukum yang berlaku mengenai pemberitahuan sebelum penyewa atau anak kos keluar dari kontrakan. Pahami juga undang-undang mengenai hak serta kewajiban kita sebagai pemilik rumah kos atau kontrakan.

Selain itu, apakah kita akan menangani sendiri kontrak sewa-menyewa atau akankah kita menggunakan jasa agen profesional? Apakah kita juga akan melakukan cek identitas dan latar belakang penyewa? Sudahkah kita siap menghadapi situasi saat penyewa tidak membayar uang sewa tepat waktu? Apakah properti kita sudah diasuransikan?

Persiapkan diri untuk menghadapi segala permasalahan yang mungkin timbul, agar proyek investasi properti dapat memberikan keuntungan maksimal, yang tentunya sesuai dengan harapan kita.

 

Untuk investasi yang aman sekaligus berikan jaring proteksi perlindungan bagi kita dan keluarga, iPlan, solusi komprehensif yang dilengkapi fitur ROBO ARMS (Auto Risk Management System), untuk risiko minimal dan hasil investasi optimal.

 

Ikuti tips-tips seputar pengaturan keuangan, investasi dan berbagai saran finansial dari Generali:

5 Investasi Aman dan Terbaik untuk dimulai HARI INI!

Amankan uangmu dengan bantuan teknologi

Cara Mengatur Keuangan untuk UKM dan UMKM