Tips aman bersepeda untuk semua level

Healthy Lifestyle Selasa, 8 Mei 2018

Bersepeda adalah salah satu kegiatan yang semakin banyak diminati di seluruh dunia. Sejak sembilan tahun belakangan, sepertiga penduduk Denmark bersepeda secara teratur, seperti halnya lebih dari 40% orang di Amerika Serikat - di Indonesia pun, gerakan bike to work semakin marak. Baik itu untuk berkeliling kota atau menjelajah alam bebas, bersepeda memberikan kebebasan untuk bepergian dengan cara praktis yang juga sehat. Perhatikan beberapa tips aman bersepeda untuk semua level ini, supaya kamu terhindar dari kecelakaan saat bersepeda. 

Riset membuktikan bahwa bersepeda sejauh 30 kilometer setiap minggunya dapat menurunkan menurunkan secara drastis risiko penyakit jantung, juga menjaga agar kondisi tubuh tetap fit. Nah, sejauh atau sedekat apapun kamu bersepeda, penting sekali untuk selalu menyesuaikan diri dengan trek yang ditempuh. Kamu butuh teknik berbeda saat bersepeda di pegunungan atau luar kota dan saat bersepeda di tengah hiruk pikuk kota besar - bila rintangan saat bersepeda di alam bebas mungkin muncul dalam bentuk kondisi trek yang tak ideal atau binatang liar, bahaya bersepeda di kota seringnya timbul dalam bentuk kendaraan seperti mobil atau motor yang riskan menyerempet pengendara sepeda. Pilihlah sepeda yang akan lebih sering kamu gunakan - sesuai jenis kegiatan, bedakan sepeda yang dipakai untuk bepergian di dalam kota dan yang digunakan untuk trek tak mulus saat sedang bersepeda off-road.

Menggunakan kit bersepeda yang baik dan benar juga salah satu kunci untuk bersepeda dengan aman - sekarang, ada beberapa toko online yang menjual peralatan bersepeda lengkap, seperti BMTB atau Pro Bicycle. Pakailah baju khusus bersepeda, terutama yang memungkinkan kamu tetap terlihat jelas oleh pengendara mobil dan motor saat gelap di malam hari, serta sesuai dengan keadaan cuaca, jangan sampai masuk angin. Bila kamu juga butuh penunjuk arah lewat aplikasi peta di ponsel, lengkapi stang sepeda dengan saku gantung khusus ponsel yang bisa dikaitkan sehingga kamu tak perlu mengeluar-masukkan ponsel dari kantong baju.

Yang terakhir, dengan banyaknya kecelakaan di jalan raya, penting sekali untuk selalu berhati-hati dan memperhitungkan segala kemungkinan. Gunakan lampu sorot dan kaca pantul, selalu awasi jarak kendaraan depan dan belakang dan terapkan prinsip "lebih baik mengalah supaya selamat" - memotong jalan mobil atau ngebut saat tak ada cukup cahaya bisa mengakibatkan celaka - risikonya jauh lebih besar, bahkan meski kamu sedang terburu-buru.

 

Supaya kegiatan bersepeda tetap selalu bebas rasa kekhawatiran akan risiko-risiko tabrakan di jalan raya, lindungi diri kita sendiri dengan iPlan, solusi lengkap proteksi jiwa dengan manfaat pertanggungan kecelakaan - klik tautan ini untuk info lebih lanjut.

 

Mau hidup sehat? Ini beberapa artikel menarik seputar olahraga dan gaya hidup sehat bersama Generali:

Makanan terbaik untuk pelari: sebelum dan sesudah latihan

Makanan-makanan yang secara ilmiah terbukti bikin happy

6 Trend baru olahraga untuk kembali fit

Panduan Generali untuk memulai hidup sebagai Vegan

Berbadan plus size & tetap sehat: olahraga kuncinya