Tips pengamanan kata sandi online

Healthy Protection 02 Juli 2018

Semua orang pasti menyadari bahwa membuat password yang aman itu penting, tapi kebanyakan dari kita malas membuat kata sandi yang panjang dan rumit dengan alasan takut lupa.

Sebuah riset menemukan bahwa sepertiga dari kata sandi yang dibuat oleh para pelanggan sebuah toko buku online dapat diretas dalam waktu kurang dari semenit. Hanya kurang dari satu persen saja yang tak dapat diretas, dan semuanya adalah kata sandi rumit dengan panjang lebih dari sepuluh karakter. Simak beberapa tips dari kami untuk membuat password yang kompleks dan lebih sulit diretas tapi tetap mudah diingat.

Tips pertama adalah mengetahui bagaimana caranya membuat kata sandi yang mudah kita ingat, tapi sulit dimengerti orang lain. Metode yang kami sarankan adalah:

1. Buat sebuah kalimat dengan sepuluh kata atau lebih, yang dapat kamu ingat dengan mudah.

2. Tulis huruf pertama dari setiap kata dalam kalimat tersebut.

3. Ganti beberapa dari huruf-huruf pertama tersebut dengan nomor atau simbol. Misalnya, angka "1" untuk menggantikan huruf "i" dan simbol "$" untuk menggantikan huruf "s".

Kata sandi ini takkan mudah diingat langsung, tapi dengan berbekal kalimat yang jadi patokanmu, kamu pun bisa menemukannya kembali. Untuk mengecek seberapa amankah kata sandimu, kamu dapat memasukkannya ke howsecureismypassword.net.

Bila kamu punya banyak kata sandi, kamu mungkin masih tetap membutuhkan bantuan untuk mengingat semuanya. Dewasa ini, banyak perangkat lunak penjelajah web yang dapat menyimpan kata sandi penggunanya dengan aman, seperti Chrome dan Safari. Selain itu, untuk password lainnya, aplikasi seperti 1Password juga dapat kamu gunakan. Kebanyakan aplikasi ini juga akan membantumu untuk membuat rangkaian kata sandi yang rumit dan aman.

Kamu ingin menyimpan semua password dalam komputer atau ponselmu? Pastikan komputer atau ponsel juga diamankan, dengan kode rahasia, sidik jari, atau pemindai wajah - dengan begitu, hanya kamu yang dapat mengakses perangkatmu sendiri.

Yang terakhir, kamu dapat mencoba saran dari Profesor Angela Sasse, direktur dari Institut Riset Sains Keamanan Dunia Maya di Inggris Raya: tulis password dan simpan di tempat yang aman (seperti dompet). Betul, menuliskan kata sandi yang rumit di atas kertas, jauh lebih aman dibandingkan menggunakan kata sandi sederhana yang terlalu mudah untuk diretas.

Selamat mencoba, dan semoga semua kata sandimu aman-aman saja!

Bagaimanakah terobosan aplikasi dan teknologi masa kini dapat mengubah rumah kita menjadi "rumah pintar"? Temukan informasi paling update seputar teknologi disini:

Inilah sistem keamanan rummah tercanggih masa kini

Pangkas biaya listrik dan hemat hingga 15% dengan teknologi pintar yang lingkungan