Ganti perawatan kulit dengan skincare yang natural dan alami

Healthy Lifestyle Minggu, 5 Juli 2020
Perawatan kulit dengan skincare berbahan alami

Menemukan rutinitas perawatan kulit yang tepat butuh waktu dan umumnya melewati proses percobaan berbagai jenis produk dan merk. Seiring bertambahnya usia dan perubahan gaya hidup, perawatan kulit terutama kulit wajah pun tentunya akan mengalami penyesuaian.

Penting diketahui: rata-rata wanita di seluruh dunia menggunakan kosmetik dan produk perawatan kulit dengan tak kurang dari 515 jenis bahan kimia buatan laboratorium setiap harinya. Artikel ini akan membahas benefit dan cara mudah beralih ke skincare dengan bahan natural dan alami yang ramah lingkungan dan aman bagi kulit.

Apa yang termasuk skincare alami?

Umumnya, skincare alami adalah produk perawatan kulit yang terbuat dari bahan natural, terutama dari sumber nabati. Contohnya, minyak yang bersumber dari tumbuhan, seperti minyak dari almond, alpukat, aprikot atau kelapa.

Sebaliknya, skincare sintetis secara umum mengacu pada produk perawatan kulit yang bahannya bersumber dari buatan manusia dengan teknologi laboratorium.

Manfaat menggunakan skincare berbahan natural

Penting untuk diingat, bahwa setiap orang memiliki jenis dan karakter kulit unik yang berbeda satu sama lain - keunikan dan perbedaan ini membuat reaksi semua orang untuk berbagai produk belum tentu sama. Meski begitu, ada beberapa jenis bahan kimia sintetis seperti pewangi buatan yang secara umum menyebabkan iritasi di kulit.

Manfaat menggunakan produk perawatan kulit berbahan dari alam antara lain:

  • Meminimalisir ekspos kulit kepada bahan kimia buatan, yang bisa menyebabkan masalah pada kulit, mata, bahkan paru-paru dan mengganggu keseimbangan hormon tubuh.
  • Sering terganggu masalah jerawat? Atasi dengan rutinitas skincare berbahan alami yang bisa membantu mengurangi pertumbuhan jerawat dan mencegah kulit merah karena iritasi.
  • Kulit akan mendapat lebih banyak nutrisi alamiah dan vitamin dari buah, kacang dan minyak nabati.
  • Ramah lingkungan - limbah produk kimia yang terbuang di perairan darat maupun lautan bisa merusak keseimbangan ekosistem dan membunuh flora serta fauna liar.
  • Mengganti perawatan kulit dengan yang berbahan alami adalah langkah pertama menuju hidup yang lebih cinta alam dan menghargai lingkungan. Langkah kecil ini bisa berimbas sangat baik dalam jangka panjang untuk kita dan bumi tempat tinggal manusia.

Bagaimana cara mulai beralih ke produk skincare alami

Ini langkah-langkah mudah untuk beralih menggunakan produk skincare dengan bahan dasar alami dan natural.

#1 - Mulai dari yang mudah dulu

Lihat produk apa saja yang saat ini digunakan dan carilah alternatif mudah dan simpel untuk dijalankan. Misalnya, mengganti pelembab wajah dengan virgin coconut oil atau krim berbahan dasar aloe vera. 

#2 Bereksperimen dengan bahan dasar alami

Menemukan skincare rutin yang paling tepat butuh proses: mencari dan mencoba apa yang paling cocok di kulit kita. Misalnya, mulai dengan mencoba beberapa jenis minyak nabati sebagai ganti krim kulit dan memantau yang mana yang paling cocok di kulit kita. Atau mencoba masker wajah dan creambath alami berbahan alpukat atau ginseng.

#3 Buat skincare sendiri, yuk!

Setelah paham mana saja bahan alami yang terbaik untuk kulit kita, langkah berikutnya adalah membuat sendiri produk perawatan kulit alami. Contohnya:

  • Pelembab kulit dan wajah: virgin coconut oil, ketimun, alpukat dan ekstrak bunga matahari.
  • Mencegah paparan sinar matahari: teh hijau.
  • Mengobati luka bakar: aloe vera.
  • Anti-aging: buah lemon dan jeruk nipis ditambah minyak argan.
  • Membersihkan dan menyegarkan wajah: putih telur, madu, ginseng dan cuka apel.
  • Melembabkan kulit kering: aloe vera, teh bunga chamomile, ketimun dan alpukat.
  • Anti jerawat: minyak almond, air bunga mawar, cuka apel.
  • Mengurangi minyak dan mencerahkan kulit: perasan jeruk lemon.

Yuk, coba dari sekarang dan lihat sendiri manfaatnya!

Jangan tunda lagi untuk memulai gaya hidup sehat sedini mungkin dengan bantuan konten kami yang membahas seputar hidup yang sehat:

Tips penting perawatan kulit wajah agar tetap sehat, kencang dan awet muda!

Panjang umur, tetap sehat dan awet muda lewat asupan nutrisi yang sesuai untuk DNA-mu!

Penting diperhatikan: kesehatan seluruh keluarga

Asuransi Kesehatan seperti apakah yang kita butuhkan?