Macam-macam Asuransi di Indonesia yang Wajib kamu Ketahui

Kamis, 9 Juli 2020
Macam-macam Asuransi di Indonesia yang Wajib kamu Ketahui 2020-07-09 at 14.01.28.png

Dewasa ini, asuransi sudah menjadi sebuah kebutuhan yang harus dimiliki setiap individu maupun keluarga, terlebih untuk kepentingan finansial. Tidak hanya asuransi jiwa atau kesehatan, macam-macam asuransi di Indonesia ternyata ada banyak loh.

Meski asuransi belum sepenuhnya dimiliki oleh masyarakat Indonesia, karena mayoritas keluarga yang sadar akan pentingnya asuransi, diketahui hanya golongan masyarakat menengah ke atas. Namun, setidaknya kamu wajib mengetahui macam-macam asuransi yang ada di Indonesia, agar pengetahuan kamu terkait asuransi lebih luas.

Siapa tahu, setelah membaca artikel ini, kamu jadi sadar bahwa memiliki asuransi ternyata penting, khususnya bagi kesehatan finansial keluarga kamu. Ayo, siapa yang masih belum memiliki asuransi?

Nah, daripada bertele-tele, yuk langsung saja kita bahas macam-macam asuransi yang ada di Indonesia, yang wajib kamu ketahui, berikut ini:

 

1. Asuransi Jiwa

Dari banyaknya macam-macam asuransi yang ada, asuransi jiwa menjadi asuransi yang paling penting, dan sering dibutuhkan keluarga Indonesia. Pasalnya, asuransi jiwa penting untuk dimiliki, guna mengantisipasi jika kamu atau seorang kepala keluarga, meninggal secara tak terduga.

Dengan adanya risiko yang pasti akan terjadi tersebut, maka kemungkinan keluarga kamu tidak lagi mampu, untuk menutupi pengeluaran rumah tangga. Mulai dari untuk membayar tagihan listrik, membayar kebutuhan sehari-hari, biaya pendidikan anak, biaya pengobatan, dan kebutuhan harian lainnya.

Sehingga, besar kemungkinan, keluarga yang ditinggalkan oleh kepala keluarga, atau orang yang menjadi penafkah, akan menderita kesulitan keuangan. Maka dari itu, asuransi jiwa dirancang untuk menutupi biaya-biaya tersebut, selama kamu tidak ada atau tidak bisa lagi menafkahi.

Bantuan biaya yang diberikan asuransi jiwa, juga bisa meringankan beban keuangan, yang dialami keluarga kamu pada waktu yang sangat sulit sekalipun untuk beberapa waktu ke depan.

 

Nah, dalam mengajukan asuransi jiwa, sebagian besar perusahaan asuransi biasanya akan merekomendasikan kamu untuk mengambil pertanggungan, sekitar 10 kali lipat pendapatan tahunan kamu. Selain itu, ada dua jenis utama polis asuransi jiwa, yang bisa kamu pilih yaitu seumur hidup dan polis berjangka.

Nah, untuk polis seumur hidup kamu akan membayar polis setidaknya sampai kamu tutup usia. Di mana risiko yang bisa di lindungi dari asuransi jiwa ini adalah, kematian dan suatu kondisi di mana kamu, tidak bisa mencari nafkah lagi.

Sehingga, tentu saja dengan melengkapi diri dengan asuransi jiwa, maka kamu akan lebih tenang menjalani hidup dan tak perlu risau mengenai masalah finansial keluarga meskipun berbagai risiko mengancam.

 

2. Asuransi Kesehatan

 Macam-macam asuransi selanjutnya yang dikenal paling populer di Indonesia adalah asuransi kesehatan. Setidaknya, asuransi kesehatan menjadi produk yang paling sering digunakan dan dimiliki, terutama para pekerja. 

Asuransi kesehatan sendiri memiliki beberapa manfaat perlindungan, yakni risiko yang berhubungan dengan kesehatan. Pada umumnya perusahaan-perusahaan dengan skala menengah sampai perusahaan yang besar, pasti memberikan asuransi kesehatan kepada setiap karyawannya, baik asuransi pemerintah (BPJS) atau asuransi swasta.

Dibagi menjadi dua macam, asuransi kesehatan ada yang berupa rawat jalan dan rawat inap. Namun, beberapa perusahaan asuransi ada yang hanya mengcover rawat inap saja.

Namun, untuk mendapatkan asuransi kesehatan, sejatinya kamu tidak harus menjadi karyawan terlebih dahulu di sebuah perusahaan.  Pasalnya, kamu juga bisa mengajukan asuransi kesehatan sendiri, untuk kamu dan keluarga.

Adapun risiko yang dilindungi oleh asuransi kesehatan, di antaranya adalah seperti sakit, kecelakaan, kematian yang diakibatkan karena kecelakaan kerja, penyakit kronis dan lain-lain. Manfaat yang bisa diambil dari asuransi kesehatan ini adalah adanya ganti rugi biaya sepenuhnya, ataupun sebagian karena mengalami resiko yang berhubungan dengan kesehatan.

 

3. Asuransi Kendaraan

Tidak hanya untuk manusia atau makhluk hidup, macam-macam asuransi juga tersedia untuk benda mati seperti untuk kendaraan. Dari banyaknya jenis kendaraan, mobil menjadi kendaraan yang biasa diasuransikan.

Manfaat dari asuransi kendaraan sendiri adalah sebagai perlindungan, atas risiko yang terjadi pada kendaraan yang telah diasuransikan. Umumnya, asuransi kendaraan mobil dibagi menjadi dua jenis, yaitu asuransi total loss only (TLO) dan all risk.

Di mana, asuransi TLO hanya akan melindungi dari risiko kehilangan ataupun kerusakan total dari kendaraan tersebut. Jika mobil kamu hanya mengalami lecet atau kerusakan kecil, maka mobil kamu tidak akan bisa ditanggung oleh jenis asuransi total loss only.

Nah, sedangkan asuransi jenis all risk, maka pihak asuransi akan menanggung semua kerugian yang mungkin terjadi, bahkan hanya lecet kecil yang terjadi pada mobil kamu. Namun, pada umumnya asuransi jenis total loss only, ternyata lebih banyak digunakan untuk mobil lama.

Sedangkan asuransi jenis all risk, biasanya digunakan untuk mobil baru, terlebih jika pembelian mobil tersebut dilakukan secara kredit.

 

4. Asuransi Perjalanan

Macam-macam asuransi berikutnya, yang sering dibutuhkan para traveler atau yang biasa bepergian adalah asuransi perjalanan. Asuransi ini sangat bermanfaat untuk mereka yang memiliki hobi traveling keliling kota, negara, bahkan dunia.

Di mana, asuransi perjalanan ini merupakan sebuah produk asuransi yang bermanfaat untuk memberikan perlindungan, yang bisa saja terjadi ketika seseorang melakukan suatu perjalanan. Bahkan, di sejumlah negara seperti Eropa, sudah menerapkan kewajiban memiliki asuransi perjalanan bagi para turis, atau orang yang ingin masuk ke negara tersebut.

Jika tidak memiliki asuransi perjalanan, maka kemungkinan besar visa untuk ke negara tersebut tidak akan diterbitkan. Ada banyak risiko yang mungkin terjadi ketika kamu melakukan perjalanan, misalnya tas hilang saat di bkamura, penerbangan ditunda, atau kejadian yang lebih serius seperti sakit saat liburan atau terjadi kecelakaan.

Adapun manfaat yang bisa kamu ambil dari memiliki asuransi perjalanan ini, adalah kamu akan mendapatkan bantuan biaya atas kerugian yang kamu alami menjadi lebih ringan.

 

5. Asuransi Pendidikan

Tidak kalah penting untuk dimiliki, macam-macam asuransi berikutnya ini paling sering digunakan untuk kepentingan masa depan anak kamu, yakni asuransi pendidikan. Sehingga, ada produk asuransi yang dinamakan asuransi pendidikan di Indonesia.

Asuransi pendidikan, akan memberikan manfaat berupa kepastian terkait jaminan pendidikan anak, di dalam sebuah keluarga. Seperti yang diketahui, biaya pendidikan setiap tahun selalu mengalami kenaikan, sehingga dengan asuransi ini, kamu tidak perlu pusing memikirkan masa depan pendidikan sang buah hati.

Tidak hanya bisa digunakan untuk rencana pendidikan sampai tingkat SMA, kamu juga bisa merencanakannya mulai dari tingkatan pendidikan yang rendah sampai yang tertinggi, bahkan bisa digunakan untuk biaya pendidikan ke luar negeri.

Dengan asuransi pendidikan, biaya pengeluaran untuk pendidikan anak terasa lebih ringan dan lebih terencana.

 

6. Asuransi Dana Pensiun

Selanjutnya ada asuransi dana pensiun, yang bisa memberikan perlindungan di masa tua. Dengan mendaftarkan asuransi dana pensiun, bisa membuat masa tua kamu terjamin.

Jika kamu merupakan tipe orang pekerja, tentunya kamu ingin masa tua kamu dikelilingi dengan kebahagiaan, tanpa perlu bekerja keras mencari penghasilan. Nah, dengan asuransi dana pensiun, kamu akan lebih terbantu untuk memiliki masa depan cerah.  

Sehingga, asuransi dana pensiun ini bisa dimanfaatkan ketika masa pensiun tiba, dan dipastikan kamu akan berkecukupan dalam menjalani hidup.

Itu dia macam-macam asuransi di Indonesia yang paling banyak digunakan dan mungkin perlu kamu ketahui. Tidak hanya itu, pengalaman dan prestasi juga bisa mempengaruhi tingkat kualitas, sehingga kamu bisa mempertimbangkan perusahaan asuransi terbaik, sebelum kamu mengajukan asuransi dana pensiun.

Generali Bisa jadi Pilihan Tepat untuk Dapatkan Berbagai Macam Asuransi yang Dibutuhkan

Nah, PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia menjadi salah satu perusahaan asuransi yang memiliki banyak keunggulan dari berbagai fasilitas pelayanan asuransi yang dimilikinya.

Tidak hanya itu, Generali juga memiliki banyak program dari setiap jenis asuransi. Mulai dari asuransi kesehatan, jiwa, dana pensiun, pendidikan, hingga investasi. Lantas, apa saja program dari Generali, yang bisa kamu pilih?

Program Asuransi dari Generali:

Yuk, ketahui informasi selengkapnya, dengan mengunjungi situs Generali di www.generali.co.id!