Alasan Pentingnya Memiliki Asuransi Jiwa

Senin, 27 Juli 2020
Manfaat asuransi jiwa nanti bisa digunakan keluarga kamu untuk bertahan hidup sambil melakukan usaha atau mencari sumber penghasilan lainnya.jpg

Setiap perusahaan asuransi biasanya memiliki produk asuransi jiwa. Meski eksistensinya sudah tak asing lagi, namun tetap saja belum banyak orang yang tertarik untuk memilikinya. Di Indonesia, jumlah pemilik smartphone bahkan jauh lebih banyak dibandingkan pemilik asuransi jiwa. Kurang dari 10% masyarakat memiliki asuransi dibandingkan 90% masyarakat yang memiliki gadget tersebut. Hal ini amat disayangkan, padahal manfaat asuransi jiwa sangatlah banyak.

Memangnya, seberapa penting kita memiliki asuransi jiwa? Apalagi dengan tagihan premi yang cukup besar setiap bulannya. Mungkin kamu pernah bertanya-tanya hal tersebut, namun belum mendapatkan jawaban yang jelas. Jika iya, maka ada baiknya kali ini kamu menyempatkan waktu untuk menyimak secara lengkap mulai dari pengertian, manfaat asuransi jiwa, serta perhitungan preminya.

Pengertian Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa berguna melindungi nasabah dari risiko cacat hingga meninggal dunia. Umumnya asuransi ini ditujukan untuk kepala keluarga. Sehingga jika suatu hari pemberi nafkah tidak mampu lagi bekerja karena masalah kesehatan atau cacat permanen, asuransi jiwa akan menanggung keluarga tersebut sepenuhnya. 

Undang Undang Perasuransian No 40 2014 menetapkan definisi asuransi sebagai berikut sebagai perjanjian antara dua pihak, yaitu perusahaan asuransi dan pemegang polis, yang menjadi dasar bagi penerimaan premi oleh perusahaan asuransi sebagai imbalan untuk:

  • Memberikan penggantian kepada tertanggung atau pemegang polis karena kerugian, kerusakan, biaya yang timbul, kehilangan keuntungan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin diderita tertanggung atau pemegang polis karena terjadinya suatu peristiwa yang tidak pasti; atau

 

  • Memberikan pembayaran yang didasarkan pada meninggalnya tertanggung atau pembayaran yang didasarkan pada hidupnya tertanggung dengan manfaat yang besarnya telah ditetapkan dan/atau didasarkan pada hasil pengelolaan dana.

Selain itu, asuransi jiwa juga bisa menjadi ladang investasi bagi nasabahnya. Hal ini karena saat memiliki asuransi jiwa, kamu akan mendapat jaminan pengembalian investasi pada akhir kontrak. Lama masa tanggungan pada umumnya lebih fleksibel, mulai dari 5 hingga 10 tahun.

Kekhawatiran Jika Tak Memiliki Asuransi Jiwa

Asuransi tak ubahnya sebagai upaya “sedia payung sebelum hujan” yang memang belum terasa sekarang manfaatnya, melainkan di masa depan. Bukan seperti membeli obat sakit kepala, lalu beberapa jam kemudian bisa menyembuhkanmu. Lantas, kekhawatiran apa yang mungkin saja terjadi jika tidak memiliki asuransi jiwa? 

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), 9 dari 10 wanita di Indonesia menggantungkan hidup dari pasangannya. Jika terjadi musibah terhadap suami, istri pun terpaksa harus menanggung kebutuhan rumah tangga dan anak seorang diri. Survei tersebut juga menemukan bahwa 60% istri yang suaminya meninggal dunia harus menurunkan standar gaya hidup. Hal ini lah yang ditakutkan jika seseorang masih juga tak acuh untuk memiliki asuransi jiwa.

Manfaat asuransi jiwa

 

Inilah 5 manfaat asuransi jiwa yang penting untuk kamu ketahui.

1.          Melindungi ahli waris

Jangan pernah berpikir jika asuransi jiwa tidak ada manfaatnya. Sudah hidup berkeluarga artinya kamu tidak hidup seorang diri lagi, apalagi misal saja kamu adalah sosok suami yang juga sekaligus sebagai orang tua, artinya kamu harus bertanggungjawab pada kehidupan sang istri dan juga anak.

 

Bayangkan jika kamu adalah satu-satunya orang di keluarga yang mencari nafkah lalu tiba-tiba mengalami musibah hingga menyebabkan kematian, maka keluargamu baik istri dan anak bisa saja akan mengalami kesulitan bertahan hidup. Setidaknya, manfaat asuransi jiwa nanti bisa digunakan keluarga kamu untuk bertahan hidup sambil melakukan usaha atau mencari sumber penghasilan lainnya.

 

2.          Menjamin pendidikan anak

Dengan adanya manfaat asuransi jiwa, kamu tidak perlu khawatir depan masa depan pendidikan sang anak, karena asuransi akan memberikan sejumlah uang yang bisa digunakan oleh anak melanjutkan sekolah bahkan hingga perguruan tinggi. Coba bayangkan jika kamu sudah tidak ada, dan si anak masih dalam usia sekolah, bisa jadi kamu kamu akan mengalami putus sekolah dan berhenti begitu saja dalam mengejar cita-cita yang sudah direncanakan selama ini.

 

3.          Melindungi aset

Saat pemilik asuransi jiwa meninggal dunia, segala harta benda sepeninggalannya tentu harus dipikirkan. Kemana aset seperti mobil, rumah, atau tanah harus diberikan? Jangan sampai ada orang yang tak berhak mendapatkannya sudah mengincar duluan. Nah, manfaat asuransi jiwa juga mencakup tanggung jawab tersebut. Warisan nasabah akan dijamin perlindungannya sehingga harta ini tidak diambil oleh sembarangan pihak yang ingin memanfaatkan keadaan semata.

4.          Mencegah terjadinya kerugian yang besar

Bukan hanya setelah meninggal saja, namun manfaat asuransi jiwa dapat langsung dirasakan ketika masih hidup. Misalnya saja kamu mengalami kecelakaan parah hingga menyebabkan tubuh menjadi lumpuh dan kamu tidak bisa bekerja seperti normal dan tidak mendapatkan penghasilan dalam kurun waktu yang lama. Asuransi akan berperan sebagai penanggung kerugian yang telah terjadi.

Besaran uang yang akan diberikan oleh pihak asuransi ini pastinya akan sesuai dengan polis yang telah kamu sepakati bersama sebelumya. Menguntungkan sekali bukan? Di saat sakit kamu dan keluarga tidak perlu khawatir lagi dengan kondisi keuangan, namun kamu bisa fokus pada penyembuhan fisik.

 

5.          Menentramkan pikiran

Hal ini merupakan salah satu manfaat asuransi jiwa yang paling penting, yaitu menentramkan pikiran. Tahukah kamu? Jika banyak keluarga yang memiliki kehidupan yang sulit dan harus melewati rintangan yang berliku ketika si ayah atau si pencari nafkah telah tiada? Bukan hanya kesulitan dalam bertahan hidup, namun banyak juga yang mengalami depresi atau putus asa hingga bunuh diri. Pastinya kamu tidak mau hal itu sampai terjadi bukan? Maka dari itu, dengan memiliki asuransi jiwa artinya kamu telah membantu menentramkan pikiran dan juga membuat hidup keluarga kamu menjadi lebih nyaman untuk hari ini dan selanjutnya.

 

Menentukan Premi Asuransi Jiwa

Agar bisa terlindungi oleh manfaat asuransi jiwa, tentu kamu harus membayar premi atau iuran per bulannya. Banyak yang enggan beli asuransi jiwa karena menganggap asuransi itu mahal dan mubazir. Padahal, selama jenis asuransi jiwa yang dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan, preminya sendiri tak akan semahal ‘kata orang’. Sebagai contoh,  kamu membayar premi sebejumlah Rp 400 ribu/bulan. Jumlah tersebut sudah termasuk murah walaupun mungkin uang pertanggungannya (UP) tak begitu besar. 

Premi asuransi juga bisa dibayar sesuai kesepakatan yang dipilih, baik secara bulanan, triwulan atau bahkan tahunan, tergantung pada kebijakan perusahaan asuransi dan kontrak yang kamu sepakati sebelumnya. Wajib untuk kamu ketahui, terdapat beberapa faktor yang bisa mempengaruhi besaran premi yang nantinya akan ditetapkan oleh perusahaan asuransi, yaitu sebagai berikut:

●          Usia

Semakin tua usia tertanggung, maka perusahaan asuransi nantinya akan meminta riwayat medis calon nasabah secara lengkap sebagai persyaratan yang haurs dipenuhi saat pengajuan diproses. Hal ini bertujuan untuk menghitung seberapa besar risiko yang akan ditanggung oleh perusahaan asuransi dan preminya ditentukan secara adil dari situ.

●          Riwayat medis

Pada saat kamu mengajukan permohonan asuransi jiwa, maka perusahaan akan meminta riwayat medis kamu secara keseluruhan. Hal ini bertujuan untuk menghitung besarnya risiko yang akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

 

●          Hobi dan Kebiasaan

Mengapa hobi dan kebiasaan menjadi faktor besar tingginya premi? Karena jika kamu memiliki hobi-hobi seperti skydiving atau scuba diving, maka perusahaan asuransi akan menganggap kebiasaan tersebut memiliki risiko lebih tinggi terhadap keselamatan pemegang polis. Kamu yang memiliki kebiasaan merokok pun akan dikenakan tarif premi dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok.

Pada intinya, asuransi jiwa terbaik yang kamu miliki kelak tak akan merugikan. Justru sangat besar manfaatnya baik sebagai proteksi ataupun investasi. Yuk, segera dapatkan berbagai manfaat asuransi jiwa dari perusahaan asuransi terbaik dan terpercaya seperti Generali. Generali hadir untuk mendampingi kamu dan keluarga dan siap menjadikan kehidupan kamu lebih berkualitas mulai dari sekarang.