Bumil, Ini Keuntungan yang Didapat Jika Memiliki Asuransi Melahirkan

Selasa, 4 Agustus 2020
Pregnant Woman and Gynecologist Doctor at Hospital

Mungkin sebagian orang belum banyak yang mengetahui adanya asuransi yang mengcover biaya persalinan. Padahal asuransi ini penting dan sangat bermanfaat bagi para perempuan yang sudah menikah dan sedang berada pada masa kehamilan. Selain asuransi kesehatan biasa, terdapat asuransi persalinan yang berguna untuk meringankan biaya persalinan bagi ibu hamil sehingga proses persalinan dapat berjalan dengan lancar. 

Namun meskipun sudah banyak yang tahu adanya asuransi yang mengcover biaya persalinan, banyak juga yang masih menganggap asuransi ini tidak terlalu penting untuk dimiliki karena dapat menambah biaya pengeluaran bulanan. Untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasan di bawah ini terlebih dahulu.

Manfaat Asuransi Melahirkan

Ada banyak manfaat asuransi melahirkan yang bisa dirasakan. Tak hanya untuk ibu, tapi bayinya pun juga akan terlindungi. Berikut manfaat asuransi melahirkan tersebut:

●          Mengurangi angka kematian bayi

Jika kamu memiliki asuransi yang mengcover biaya persalinan, kamu bisa mencegah angka kematian bayi saat proses bersalin. Mengapa? Sebagian perempuan terpaksa menggugurkan kandungannya karena tidak sanggup membayar biaya persalinan yang mahal. Terlebih lagi jika prosesnya harus dilakukan secara caesar. Dengan asuransi ini, sebagai ibu hamil ataupun keluarga, kamu tak perlu memikirkan biaya persalinan karena semua akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

●          Meringankan biaya sebelum dan sesudah melahirkan

Tidak hanya dapat digunakan saat bersalin saja, asuransi yang mengcover biaya persalinan ini juga dapat digunakan sebelum melahirkan seperti check up dan treatment. Sekali lagi, hal ini juga perlu kamu pastikan terlebih dahulu dengan pihak asuransi agar bisa mendapatkan manfaatnya nanti.

●          Menjadi ibu hamil yang sehat

Dengan adanya asuransi melahirkan, kamu bisa mendapatkan konsultasi dokter, obat-obatan, suplemen, nutrisi atau pun vitamin selama masa kehamilan serta cek darah, USG atau laboratorium secara berkala dan tepat waktu. Dengan begitu keadaan fisik kamu dan si bayi dapat lebih diperhatikan dan terhindar dari berbagai risiko penyakit saat kehamilan atau melahirkan nanti.

●          Fasilitas yang memadai

Dengan adanya asuransi yang mengcover biaya persalinan, kamu bisa mendapatkan fasilitas yang memadai. Namun jenis fasilitas yang akan didapatkan nantinya tergantung pada kelasnya. Kelas tersebut umumnya dibagi ke dalam 5, yaitu A, B, C, D atau E. Pastinya semakin tinggi kelas persalinan yang dipilih maka semakin banyak fasilitas tambahan yang bisa kamu dapatkan.

Cara Memilih Asuransi Melahirkan

Sebelum kamu memutuskan ingin menggunakan asuransi yang mengcover biaya persalinan apa, ada baiknya jika kamu memperhatikan beberapa hal seperti berikut.

●          Pelajari polis asuransi dengan teliti

Jangan lupa untuk mempelajari polis asuransinya terlebih dahulu dengan teliti, karena sudah ada banyak peserta asuransi yang sering melakukan komplain pada saat melakukan proses klaim. Pelajari apa saja aturan dan pengecualian secara jeli pada polis asuransi yang akan kamu miliki. Selain itu, perhatikan juga cara klaimnya, apakah nanti bisa dilakukan dengan fasilitas kartu atau cashless atau dengan cara reimbursement.

Di antara kedua cara klaimnya, lebih baik jika kamu memilih dengan sistem kartu atau cashless, karena dengan sistem cashless, saat melakukan pembayaran kamu tidak perlu menggunakan uang pribadi terlebih dahulu, melainkan kamu bisa menggunakan kartu yang sudah ada jumlah limit uang di dalamnya. Prosesnya pun bisa jadi lebih cepat dibandingkan dengan reimbursement yang harus memiliki beberapa bukti dokumen dan waktu pencairan yang lebih lama.

●          Pilih asuransi melahirkan sesuai dengan kebutuhan

Agar mendapatkan manfaat produk asuransi melahirkan secara maksimal, maka sebaiknya pilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja kamu memiliki gangguan maupun penyakit yang dapat mempengaruhi kesehatan kamu dan janin, maka kamu bisa memperkirakan jenis proteksi apa yang akan dipilih.

Satu lagi yang tak kalah penting, pilihlah yang sesuai dengan kemampuanmu untuk membayar asuransi melahirkan tersebut. Sebab, jika pada waktu kamu akan melahirkan dan kamu tidak bisa membayar premi disaat masa tunggu asuransi sudah terlewati, maka manfaat dari produk asuransi melahirkan yang telah kamu beli bisa saja malah tidak dapat kamu nikmati.

●          Pilih produk asuransi melahirkan sejak dini

Karena masa tunggu asuransi yang mengcover biaya persalinan ini bisa memakan waktu yang cukup lama, maka ada baiknya jika kamu memilih produk asuransi sejak awal misalnya saat merencanakan kehamilan bersama pasanganmu. Dengan begitu,, kamu bisa menghitung dan menentukan berapa biaya yang akan dibutuhkan untuk membayar premi asuransi melahirkan per bulannya sambil kamu menabung dan mempersiapkan perlengkapan dan kebutuhan bayi setelah melahirkan.

 

Melalui persiapan yang matang seperti ini, kamu sebagai bumil jadi punya waktu lebih banyak untuk mempersiapkan persalinan sesuai perhitungan. Pasalnya, jika kamu mengajukan asuransi yang mengcover biaya persalinan disaat kondisi kamu yang sudah dalam keadaan hamil, maka kamu tidak bisa menggunakan asuransi ini untuk biaya persalinan kelak.

●          Jaringan rumah sakit luas dan dekat dengan tempat tinggal

Jangan lupa untuk memilih asuransi melahirkan yang memiliki banyak rekanan rumah sakit dan terlebih penting adalah yang dekat dengan rumah kamu dan memiliki fasilitas yang memadai. Dengan begitu kamu, saat waktunya tiba kamu bisa pergi ke rumah sakit dengan mudah dan melahirkan dengan tenang.

●          Menanggung biaya rawat jalan pra dan pasca melahirkan

Biaya yang perlu dikeluarkan untuk konsultasi atau perawatan pra dan pasca persalinan tidaklah murah. Misalnya saja, untuk tes antisipasi infeksi pada ibu dan janin (Torch) di rumah sakit bisa mencapai Rp400 ribu hingga Rp2 juta. Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah perusahaan asuransi yang bersedia menanggung biaya tersebut.

 

Syarat Untuk Mendapatkan Manfaat Asuransi Melahirkan

Hal ini tentunya perlu kamu ketahui terlebih dahulu, syarat-syarat untuk bisa memiliki asuransi yang mengcover biaya persalinan antara lain sebagai berikut:

  • Melakukan pemeriksaan kesehatan sesuai dengan nilai pertanggungan dan jenis produk asuransi yang telah dipilih.

  • Usia tertanggung di atas 18 tahun dan maksimal 40 tahun.

  • Mengisi surat pengajuan asuransi dan menyertakan hasil USG minimal dua dimensi pada usia kehamilan minimal 20 minggu dan keterangan dari dokter kandungan.

Setelah memberikan segala syarat yang telah diberikan oleh perusahaan asuransi, maka selanjutnya kamu bisa menanti masa tunggu dengan mempersiapkan kehamilan sebaik mungkin.

Bagaimana? Apakah kamu sudah memahami akan pentingnya asuransi melahirkan? Apalagi kamu yang sudah menikah dan memiliki program kehamilan, maka tidak ada alasan untuk menunda-nundanya lagi. Karena biaya rumah sakit yang naik dari tahun ke tahunnya, maka jangan sampai kamu malah menemukan kesulitan biaya saat melahirkan nanti. Pun, masih ada biaya yang perlu dipersiapkan lainnya seperti biaya pendidikan anak yang jumlahnya tidak sedikit. 

Maka itu sebaiknya kamu memiliki asuransi melahirkan terlebih dahulu sebagai jaminan agar kamu bisa lebih fokus mempersiapkan masa depan si buah hati dengan pasanganmu. Dapatkan asuransi melahirkan yang menyediakan seluruh kebutuhanmu di Generali, perusahaan asuransi yang bisa memberikan asuransi yang mengcover biaya persalinan terbaik.