Asuransi Rawat Jalan dan Rawat Inap, Mana yang Lebih Penting?

Selasa, 4 Agustus 2020
Smiling mature doctor talking to woman in hospital

Asuransi kesehatan merupakan bentuk perlindungan yang diberikan untuk mengalihkan segala risiko kesehatan yang mungkin saja bisa terjadi secara tiba-tiba. Karena pada dasarnya, tidak satupun orang yang dapat mengetahui kapan terjadinya sakit atau kecelakaan pada seseorang dan pastinya hal tersebut membutuhkan biaya untuk proses penanganannya. Dengan adanya asuransi, tertanggung dapat merasakan ketenangan sebab sudah memiliki perlindungan finansial tersebut. Berdasarkan jenis perawatannya, asuransi kesehatan terbagi menjadi 2 yaitu:

1.         Asuransi rawat inap (In-patient treatment)

Asuransi ini merupakan jenis asuransi yang akan menanggung berbagai biaya perawatan kesehatan selama dirawat inap di rumah sakit. Biaya perawatan yang ditanggung yaitu biaya kamar, jasa dokter, obat-obatan, laboratorium, pembedahan dan berbagai macam biaya lainnya. Untuk penggolongan asuransi sendiri biasanya berdasarkan kelas kamar dan sesuai dengan polis asuransi yang digunakan. Dan ketentuan rawat inap berbeda untuk masing-masing kebijakan produk asuransi, ada yang harus berada di rumah sakit minimal 16 jam dan ada yang hanya membutuhkan masa rawat inap 6 jam dan semua biaya tersebut akan ditanggung. Asuransi kesehatan tipe ini adalah salah satu jenis asuransi kesehatan yang paling banyak digunakan.

2.         Asuransi rawat jalan (Out-patient treatment)

Asuransi rawat jalan adalah manfaat tambahan dari asuransi rawat inap yang telah kita gunakan. Asuransi ini memberikan pertanggungan terhadap biaya dokter, biaya laboratorium dan biaya obat-obatan. Pada umumnya, perusahaan asuransi selaku pihak penanggung risiko akan menerapkan berbagai kebijakan dalam layanan asuransi rawat jalan seperti pembatasan pelayanan sehingga tertanggung wajib mendapatkan rujukan dokter umum terlebih dahulu sebelum bisa mendatangi dokter spesialis, pembatasan rumah sakit yang didatangi oleh tertanggung, pembatasan frekuensi kunjungan atau pengobatan dalam satu tahun.

 

Manfaat Asuransi Rawat Inap

Dalam manfaat asuransi rawat inap, ada banyak keuntungan yang bisa didapat oleh nasabah. Seperti yang kita tahu, biaya untuk mendapat perawatan di rumah sakit tidaklah murah. Pasien akan dikenakan berbagai tanggungan mulai dari kamar, kunjungan dokter, hingga obat-obatan. 

Nah, dengan asuransi rawat inap ini, kamu tak perlu lagi memusingkan hal tersebut. Selengkapnya, berikut manfaat asuransi rawat inap yang berhak diperoleh setiap nasabah:

●          Dapat menikmati fasilitas kesehatan yang baik

Saat melakukan proses penyembuhan, pasien juga membutuhkan fasilitas yang memadai supaya merasa nyaman. Banyak orang yang mengabaikan faktor kenyamanan agar mendapatkan biaya yang lebih murah. Semakin bagus fasilitas dan rasa nyaman pada rumah sakit, maka semakin mahal pula biaya yang harus dikeluarkan. Pada kondisi seperti ini, dengan adanya asuransi kesehatan rawat inap maka bisa sangat membantu.

 

●          Mengantisipasi dalam keadaan darurat

Bayangkan jika kamu atau keluarga tiba-tiba jatuh sakit dan tidak memiliki biaya untuk itu. Maka kamu akan kebingungan mencari biaya dan tidak bisa ditangani langsung oleh pihak rumah sakit karena kendala administrasi. Penundaan yang dilakukan bisa menjadi fatal bila penyakit yang diderita ternyata sangat serius, misalnya saja terkena serangan jantung atau sesak napas. Hal paling buruk yang bisa terjadi adalah si pasien tidak dapat tertolong.

Dengan adanya asuransi rawat inap, maka kamu dan keluarga tidak perlu khawatir dan bisa langsung ke rumah sakit untuk meminta pertolongan medis. Tentunya kamu harus memilih asuransi rawat inap terbaik yang memiliki prosedur klaim yang tidak perlu bertele-tele dalam prosesnya.

 

●          Membantu menanggulangi biaya lain di luar biaya rawat inap

Pengeluaraan saat dirawat inap bukan hanya biaya kamar, jasa dokter atau obat-obatan saja, melainkan biaya yang perlu dikeluarkan untuk pihak keluarga yang menemani pasien. Pastinya keluarga perlu pergi bolak balik ke rumah untuk beristirahat atau pun mengambil keperluan si pasien. Dengan adanya asuransi kesehatan rawat inap, pihak tertanggung bisa mendapatkan uang santunan yang nantinya bisa digunakan untuk membiayai keperluan seperti yang telah disebutkan tadi.

 

Manfaat Asuransi Rawat Jalan

Asuransi rawat jalan biasanya digunakan oleh pasien pasca melakukan rawat inap di rumah sakit. Dengan begitu, asuransi rawat jalan jelas sangat dibutuhkan oleh pihak tertanggung yang harus melakukan masa pemulihan setelah melakukan perawat intensif di rumah sakit.

Melalui asuransi rawat jalan, tertanggung bisa melakukan klaim atas berbagai tindakan pengobatan yang didapatkan tanpa batas waktu tertentu, selama rumah sakit tersebut memiliki layanan kerja sama atau memenuhi ketentuan klaim yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi. Tentunya untuk hal ini juga sesuai dengan kesepakatan dengan perusahaan asuransi di awal.

 

3 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Asuransi Rawat Inap dan Jalan

Saat memilih asuransi rawat inap dan jalan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Tujuannya agar bentuk proteksi ini benar-benar dapat meringankan bebanmu di segala aspek. Berikut di antaranya:

1.         Pahami kebutuhan dan jenis perlindungan

Dalam memilih asuransi rawat jalan dan rawat inap, langkah pertama yang perlu kamu perhatikan adalah memahami kebutuhan kamu atau keluarga terlebih dahulu. Karena pada dasarnya hal ini akan berpengaruh pada masalah biaya. Biaya rawat inap pada umumnya lebih mahal dibandingkan dengan rawat jalan.

2.         Jenis penyakit

Hal ini ada kaitannya juga dengan memahami kebutuhan. Jika dari awal kamu sudah mengetahui riwayat penyakit yang kami miliki, maka sebaiknya kamu memilih asuransi rawat inap. Karena jika kamu terserang penyakit tersebut atau saat penyakit tersebut kambuh, kamu akan membutuhkan pengawasan yang lebih ketat dan intensif dari dokter dan juga tenaga medis lainnya. Hal ini tentu tidak dapat dilakukan jika berada di rumah saja. 

Namun jika kamu memiliki penyakit kronis seperti diabetes atau stroke yang membutuhkan penanganan di luar rumah sakit seperti kontrol kesehatan maka kamu bisa pilih asuransi rawat jalan. Namun tidak hanya itu, dengan asuransi rawat jalan, kamu juga bisa melakukan kontrol kesehatan seperti perawatan pada gigi dan mata di dokter spesialis.

3.         Lokasi

Perhatikan lokasi dari rumah sakit yang menjadi rekanan perusahaan asuransi yang ingin kamu pilih. Hal ini dikarenakan, baik rawat inap atau pun rawat jalan, pastinya kamu harus pulang pergi untuk melakukan pengobatan atau pengecekan kesehatan. Maka ada baiknya jika kamu memilih perusahaan asuransi yang memiliki rekanan rumah sakit yang dekat dengan tempat tinggal kamu.

Seperti itulah penjelasan mengenai asuransi rawat jalan dan rawat inap yang perlu kamu ketahui. Karena tanpa mengetahui hal ini terlebih dahulu, kamu tidak dapat mengetahui asuransi jenis mana yang lebih penting untuk kamu miliki. Kamu bisa memilih jenis asuransi mana yang akan dipilih. Atau kamu mungkin mau memiliki kedua-duanya, baik asuransi rawat jalan dan rawat inap untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Namun sekali lagi yang perlu kamu perhatikan, adalah anggaran. Mengapa hal tersebut sangat penting diperhatikan? Karena jangan sampai kamu malah menyulitkan diri sendiri atau keluarga di kemudian hari. Kamu harus memilih asuransi kesehatan yang tepat dan juga mendapatkan manfaatnya yang maksimal.

Untuk mengetahui asuransi rawat jalan dan rawat inap lebih lanjut, kamu bisa berdiskusi langsung bersama asuransi Generali, asuransi rawat jalan dan rawat inap terbaik yang dapat kamu pilih sebagai pihak asuransi yang dapat memberikan perlindungan bagi kamu dan keluarga hingga hari tua. Tunggu apalagi? Hubungi Generali sekarang juga dan rasakan langsung manfaatnya.