Teknologi untuk WFH / Work From Home saat #DiRumahAja

Minggu, 19 April 2020
Lancar WFH dengan bantuan teknologi

WFH alias Work From Home adalah konsep dimana seorang karyawan tak perlu datang ke kantor untuk bekerja. Karyawan tersebut bisa melakukan pekerjaannya dari mana saja, kapan saja tanpa terikat jam kerja, tidak ada waktu ngantor yang pasti, tapi pekerjaan tetap harus selesai sesuai target. Konsep ini sudah lama dipopulerkan oleh berbagai perusahaan teknologi terbesar di dunia, seperti Google, Facebook, Apple dan Microsoft.

Nah, konsep ini belakangan populer di Indonesia karena timbulnya wabah pandemi Coronavirus COVID-19. Kebanyakan perusahaan beramai-ramai diliburkan, sehingga para pekerja kantoran pun terpaksa WFH.

Ini beberapa manfaat teknologi supaya proses WFH tetap lancar dan bos maupun klien tetap puas dengan pekerjaan kita.

Komunikasi intens adalah kunci sukses WFH

Salah satu kendala terbesar WFH adalah bagaimana tetap mempertahankan komunikasi yang intens antara anggota tim di kantor serta para atasan kita, seperti halnya saat semua hadir di kantor.

Cara yang praktis untuk melancarkan komunikasi dan memastikan meeting penting tetap berlangsung adalah menggunakan aplikasi seperti Zoom atau Google Hangouts. Sedangkan untuk masalah yang cukup urgent atau untuk proses koordinasi yang lebih cepat, Whatsapp Group bisa jadi pilihan untuk seisi kantor. Aplikasi chatting, voice call, dan bahkan video call ini dapat memudahkan kita yang tidak sempat ngobrol langsung untuk berbicara soal kerjaan dapat terkoneksi langsung dengan lawan bicara lebih dari 1 orang.

Selain Whatsapp Group, aplikasi yang bisa digunakan lainnya adalah Line. Untuk opsi profesional yang berbayar, perusahaan bisa memilih untuk menginstal Slack atau Microsoft Teams supaya komunikasi dan kinerja dua arah semua anggota tim bisa semakin optimal.

Mengelola Project

Bagaimana mengatur jadwal deadline, bekerja bersama-sama dan saling membantu ketika masing-masing anggota tim kantor berjauhan? Gunakan Google Calendars untuk set tanggal-tanggal penting dan mengatur reminder via email.

Untuk bekerja berbarengan menggunakan dokumen yang sama berbasis cloud, ada Google Drive, Dropbox dan Airtable. Semuanya bisa diakses semua anggota tim pada saat bersamaan, sekaligus memungkinkan masing-masing anggota tim melihat histori apa saja yang sudah diedit, ditambahkan atau dihapus oleh siapa. Teknologi masa kini memang luarbiasa hebat, ya!

Tetap fokus dan produktif

Saat sudah mulai bekerja, fokus pada pekerjaan, jangan mudah terganggu godaan. Aplikasi seperti Todoist membantu mengatur waktu dan memilah-milah pekerjaan sesuai prioritas. Sedangkan aplikasi seperti Rescuetime akan selalu setia mengingatkan kita bila terlalu banyak bermedsos atau mengerjakan hal lain di periode waktu yang seharusnya dipakai bekerja.

Keseimbangan antara kehidupan pribadi dan WFH

Saat WFH, yang harus diingat ada dua hal: yang pertama, meskipun kerja #DiRumahAja, kita tetap punya kewajiban kepada kantor yang harus dipenuhi, jadi jangan anggap WFH tidak serius, ya! Meskipun kita bisa bekerja tanpa harus dandan dan berpakaian rapi, keseriusan mengerjakan tugas-tugas tetap tak berubah, lho. Dan yang kedua: buatlah jadwal yang bisa ditepati - meskipun WFH, tak lantas artinya boleh bangun kesiangan tiap hari atau kerja sampai begadang. Tetaplah punya jadwal harian yang seimbang antara kehidupan pribadi dan bekerja dari rumah.

Selamat mencoba tips-tips di atas selama WFH!

Jadikan tahun ini tahun yang sukses di karirmu dengan segala tips penting kami untuk berkembang di kantor dan di pekerjaan:

Temukan Mentor yang tepat untuk kelancaran karir dan bisnismu!

Berganti bidang profesi di tengah karir

Tips Penampilan untuk Sukses Interview Kerja

Metode efektif untuk selalu produktif di kantor: yuk, coba hari ini juga!

Tips tetap produktif saat bekerja dari luar kantor