5 manfaat “Mindfulness” bagi kelangsungan bisnis dan usaha

Jumat, 11 September 2020
Manfaat Mindfulness untuk para pengusaha

Mindfulness adalah praktek memberikan perhatian dan fokus pada momen dan kegiatan yang sedang dilakukan saat ini (selengkapnya mengenai mindfulness bisa dibaca di artikel Generali pada tautan ini).

Mindfulness digunakan banyak pengusaha super sukses dan berbagai perusahaan ternama di seluruh dunia. Contohnya mencakup Richard Branson, pemilik perusahaan Virgin, Arianna Huffington, pendiri The Huffington Post, bahkan pendiri Facebook sekaligus pemilik Instagram dan WhatsApp, Mark Zuckerberg, pun mempraktekkan Mindfulness ini. Sedangkan Apple dan Google termasuk dua perusahaan raksasa dunia yang juga menawarkan program terapi Mindfulness kepada para pegawainya.

Sebagai sebuah praktek keseharian yang sederhana, Mindfulness, yang mengajarkan kita untuk belajar berkonsentrasi lewat meditasi dan latihan pernapasan, membantu semua praktisinya untuk lebih mudah mencurahkan perhatian ke segala sesuatu yang terjadi saat ini.

Nah, bagi kita para pemilik usaha dan pebisnis Indonesia, apa saja sih manfaat Mindfulness bagi kelangsungan bisnis dan usaha? Yuk, simak selengkapnya di artikel ini.

1. Meningkatkan kreativitas dan memacu inovasi

Aktivitas bermeditasi dan mempraktekkan Mindfulness yang rutin setiap hari, meski hanya dilakukan secara singkat, terbukti secara klinis meningkatkan kreativitas dan memacu inovasi. Sebab, Mindfulness membuka pikiran kita untuk lebih mudah terinspirasi menghadirkan ide-ide baru, sekaligus memberikan pencerahan untuk fokus penuh sehingga ide-ide baru ini pun bisa langsung dieksekusi.

Walt Disney merupakan pelopor gerakan “Meditasi di kantor”, setelah memperhatikan bahwa setiap kali acara meditasi bersama dilakukan oleh para pegawainya, mereka jadi semakin kreatif dan sanggup menelurkan ide cemerlang untuk karya-karya hebat.

2. Memfokuskan perhatian dan menajamkan konsentrasi

Sungguh banyak sekali gangguan saat bekerja di masa kini. Apalagi bila bekerja di ruang open space yang terbuka di kantor. Mulai dari rekan sekerja yang senang mengajak ngobrol, berbagai bunyi telepon, ringtone aplikasi pesan instan dan berbagai hal lainnya - sehingga karyawan kantor kadang merasa sulit untuk berkonsentrasi penuh menyelesaikan pekerjaan.

Riset membuktikan bahwa mempraktekkan Mindfulness dan meditasi secara rutin setiap hari dapat membantu kita memfokuskan perhatian dan menajamkan konsentrasi, sehingga kebal dari gangguan-gangguan dari sekeliling. Pekerjaan pun bisa terselesaikan tepat waktu dengan penggunaan waktu kerja di kantor yang efisien.

3. Memperbaiki manajemen stres

Stres adalah penyakit terbesar yang diagnosanya baru muncul di abad 20 dan 21. Stres sangat mempengaruhi mood, kesehatan mental dan bahkan kondisi fisik. Saat staf di kantor terlanda stres, motivasi mereka pun menurun, kinerja semakin tak produktif, sering absen dan mudah menyerah menghadapi masalah.

Mindfulness ternyata terbukti dapat membantu menurunkan hormon stres dan mengurangi inflamasi. Selain itu, Mindfulness juga membantu merelaksasi otak sehingga lebih santai dalam menghadapi tekanan stres.

4. Meningkatkan rasa positif

Fokus pada hal yang sedang dihadapi atau dikerjakan pada saat ini juga dengan menggunakan teknik Mindfulness, akan sangat membantu kita mengenali dan menguasai perasaan kita. Termasuk bagaimana mengendalikan emosi serta pikiran negatif, dan mencari jalan keluar dari setiap permasalahan dengan solusi yang realistis.

Ada beberapa penelitian yang juga mengaitkan praktek Mindfulness dengan penurunan tingkat depresi dan meningkatkan produksi hormon kebahagiaan dari otak.

5. Membuat pikiran jadi jernih

Teknik Mindfulness membantu praktisinya untuk mencapai kejernihan pikiran dan emosional. Ini karena Mindfulness mengajari kita untuk membersihkan pikiran dari berbagai emosi negatif dan berfokus hanya pada momen saat ini juga, sehingga dapat dengan jelas memilah-milah semua hal, baik itu yang positif maupun negatif, sehingga lebih mudah untuk menilai segala situasi dengan bijaksana.

 

Bagaimana? Banyak kan manfaat Mindfulness? Apakah kamu sebagai pebisnis lantas tertarik untuk mempraktekkan Mindfulness di lingkungan kantormu? Selamat mencoba!

Jadikan tahun ini tahun yang sukses di karirmu dengan segala tips penting kami untuk berkembang di kantor dan di pekerjaan:

8 Cara Mengubah Pegawai Menjadi Duta Perusahaan

Temukan Mentor yang tepat untuk kelancaran karir dan bisnismu!

Optimalkan potensi bisnismu lewat Instagram

Memulai usaha sendiri: susah nggak sih? Simak tips Anti-Gagal berikut ini!

10 Sifat Pemimpin Bisnis yang Hebat