Tips cari pekerjaan lewat Instagram, Facebook atau WhatsApp

Senin, 19 Oktober 2020
Cari kerja lewat Media Sosial Instagram, Facebook dan WhatsApp

Cari kerja jaman now: via jalur digital

LinkedIn memang masih jadi platform nomor 1 untuk mencari pekerjaan. Tapi, saat ini berbagai lowongan kerja juga tersedia lewat Instagram, Facebook dan WhatsApp. Kok bisa? Ya, karena kebanyakan para HRD / Human Research Development jaman now juga sama seperti kita, rajin dan aktif menggunakan media sosial. Apalagi, banyak pekerjaan sekarang menuntut kita harus bisa eksis di dunia digital, jadi wajar saja para manajer HRD sekarang semakin merambah ke media sosial untuk mencari kandidat terbaik bagi perusahaan.

Bagaimana cara menggunakan profil media sosial kita untuk mendapatkan pekerjaan impian? Yuk, baca artikel ini sampai tuntas karena Generali Indonesia punya tips dan trik jitunya untuk kalian semua yang ingin dapatkan job lewat jalur digital.

Cari kerja lewat Instagram

Ada kurang lebih 62 juta pengguna Instagram di Indonesia yang 80% aktif, berdasarkan data terbaru tahun 2020. 62 juta pengguna ini termasuk para perusahaan, brand terkenal, berikut staf HRD dan segenap karyawan yang bekerja di sana. Tilik kantor impianmu via Instagram dan perhatikan seperti apa profil karyawan yang mereka sukai. Bila ada lowongan kerja yang diunggah di Post atau Story, langsung saja kirim pesan pribadi ke akun kantor impianmu!

Tapi, sebelum mengirim pesan pribadi, pastikan dulu akun Instagram milikmu bersih dari hal-hal yang kurang pantas dilihat. Perusahaan manapun tidak suka melihat calon karyawan yang kurang punya etika, jadi pastikan semua postinganmu layak tampil dan dilengkapi dengan caption kata-kata yang sopan.

Tips penting: saat melamar pekerjaan lewat Instagram, selain postingan linimasa dan Story yang baik, akunmu juga sebaiknya tidak ditutup secara privat, sebab staf HRD biasanya malas untuk harus mem-follow kamu dulu sebelum dapat melihat isi linimasamu.

Cari kerja lewat Facebook

Sama halnya dengan Instagram, Facebook juga merupakan salah satu media sosial dengan jumlah pengguna terbesar di Indonesia. Tak kurang dari 152 juta penduduk Indonesia ternyata sudah punya akun Facebook! Fantastis, ya, itu berarti lebih dari setengah warga negara Nusantara ada di Facebook.

Cari akun resmi dari perusahaan / brand kantor impianmu, ikuti sebagai "Fan" dan perhatikan terus setiap update yang mereka tampilkan. Beranikan diri untuk mengontak mereka lewat pesan pribadi Messenger, dan karena fitur Messenger Facebook memungkinkan untuk mengirimkan dokumen, kamu bisa sekalian kirimkan CV dalam bentuk PDF atau gambar digital ke sana.

Tips penting: bila pesan yang kamu kirimkan via Messenger tak kunjung dibalas, coba cari tahu email resmi untuk melamar kerja atau nomor telpon kantor tersebut lewat Facebook Page-nya. Kamu mungkin bisa kirimkan CV ke email tersebut, kemudian menelpon kantor untuk berbicara dengan HRD supaya mereka tahu kamu mengirimkan lamaran.

Cari kerja lewat WhatsApp

Khusus untuk WhatsApp, lowongan kerja biasanya dikirimkan lewat pesan berantai WhatsApp Broadcast atau via grup-grup loker / lowongan kerja. Carilah grup WhatsApp yang terbuka bagi siapa saja untuk bergabung dan pastikan notifikasi dinyalakan. Jadi, ketika ada lowongan kerja maka kamu langsung menerima pemberitahuannya.

Tips penting: setelah mendapatkan broadcast pesan atau pesan terusan mengenai lowongan kerja, sapa dengan sopan nomor kontak pemberi kerja yang kamu dapat. Perkenalkan diri terlebih dulu dan infokan dari mana kamu mengetahui ada lowongan kerja. Sikap sopan penuh etika, tutur kata dan perkenalan diri yang elegan akan memberikan kesan pertama yang baik bagi sang calon pemberi kerja.

 

Untuk kamu yang berusia muda dan ingin punya masa depan gemilang, Cemerlang persembahan Generali Indonesia hadir untuk mendukungmu dalam setiap situasi. Cemerlang adalah solusi asuransi jiwa yang memberikan perlindungan diri dan keuangan apabila terjadi risiko dan menjamin 110% uang yang Anda bayarkan kembali pada akhir masa pertanggungan. Yuk, klik di tautan ini untuk mengontak agen asuransi Generali yang terdekat di kotamu untuk mulai selangkah lebih dekat menuju masa depan cemerlang bersama Generali Indonesia!

Jadikan tahun ini tahun yang sukses di karirmu dengan segala tips penting kami untuk berkembang di kantor dan di pekerjaan:

8 Cara Mengubah Pegawai Menjadi Duta Perusahaan

Apa itu gaya kepemimpinan "Micromanagement" dan cara menghindarinya

Video: Atasi kejenuhan di kantor dengan beberapa tips ampuh ini

Tata cara mengajukan cuti untuk mengurus keluarga yang sakit