Tingkatkan fokus dan konsentrasi dengan Musik

Healthy Wealth Senin, 9 November 2020
Manfaat Musik untuk tingkatkan Fokus dan Konsentrasi

Pernah nonton drama medis seperti ER atau Grey's Anatomy? Di serial TV maupun film-film lainnya, saat dokter bedah melakukan tindakan di kamar operasi biasanya ada musik yang dipasang - musik klasik ataupun lagu kesukaan sang dokter. Nah, ini ternyata bukan hanya sekedar drama lho, karena musik memang secara klinis terbukti mampu meningkatkan konsentrasi dan mempertajam fokus seseorang.

Demikian juga saat berolahraga ditemani musik, biasanya kita pun jadi jauh lebih bersemangat. Musik memang bisa memotivasi sekaligus membuat mood jadi lebih bagus - faktanya, musik adalah salah satu penemuan ajaib manusia yang punya begitu banyak fungsi dan kegunaan positif.

Nah, kunci dari memanfaatkan musik untuk fokus konsentrasi mengerjakan sesuatu adalah memilih musik yang cocok sesuai jenis aktivitas. Ini caranya.

Cocokkan musik dengan aktivitas

Musik yang berbeda cocok dengan kegiatan yang berbeda pula, jadi saat kamu mencari jenis musik yang akan didengarkan, pilih yang cocok sesuai dengan jenis aktivitas atau pekerjaan yang akan dilakukan.

Contohnya: saat mengerjakan tugas kantor atau membaca laporan yang penting, hindari musik yang terlalu keras dan berisik, atau musik yang terlalu banyak lirik - sebab, mendengarkan lirik lagu sekaligus membaca atau menulis bisa membuat perhatian malahan terpecah, karena otak harus memproses dua kegiatan sekaligus.

Sebaliknya, saat mengerjakan pekerjaan repetitif seperti menyetrika baju, beberes rumah atau saat sedang berolahraga, musik dengan lirik dan melodi riang bisa membuat kita semakin bersemangat dan cepat menyelesaikan kegiatan dengan efek positif nan maksimal.

Saat ingin menenangkan diri, butuh fokus dan konsentrasi, ataupun untuk bermeditasi sebelum tidur, suara musik dengan elemen bunyi-bunyi natural dari alam juga bisa membantu membuat pikiran lebih terpusat.

Jenis-jenis musik untuk berbagai kegiatan

Musik klasik

Baik untuk fokus dan konsentrasi. Faktanya, sebuah riset menunjukkan bahwa pelajar yang mendengarkan musik klasik saat berada di kelas, mencapai nilai tes lebih baik ketimbang yang tidak mendengarkan musik.

Banyak alasan yang mendasari hal ini: musik klasik membantu kita untuk relaksasi, menurunkan tingkat stres dan memperbaiki pola tidur. Banyak pula studi yang menghubungkan kecerdasan bayi dan perkembangan otak sedari dalam kandungan dengan kebiasaan sang ibu untuk mendengarkan musik klasik selagi sedang mengandung bayinya. Cek playlist ini untuk mulai dengarkan musik klasik hari ini juga.

Musik bernuansa alam

Berbagai penelitian membuktikan bahwa suara musik dengan elemen alam menenangkan pikiran, memperbaiki konsentrasi dan membawa kepositifan. Musik dengan melodi lembut yang diiringi gemericik air adalah salah satu contohnya.

Musik ini cocok untuk menemani kita bermeditasi sebelum tidur, untuk menurunkan emosi dan menghilangkan kemarahan, ataupun saat sedang butuh fokus mengerjakan sesuatu. Klik tautan ini untuk mendengarkan musik alam saat lakukan aktivitas yang butuh konsentrasi tinggi.

Musik Pop, Rock, Elektronik dan Rap

Di tempat-tempat fitness kenamaan, sering kita dengar musik yang beritme cukup kencang dipasang keras-keras untuk menemani para penggiat olahraga melakukan aktivitasnya. Memang, musik berenergi tinggi dengan ritme cepat cocok untuk berolahraga, baik itu saat lari di luar ruangan, ikut kelas Zumba maupun angkat beban latihan kekuatan di gym, serta untuk latihan kardio intensitas tinggi dengan bersepeda di studio mengikuti kelas RPM.

Tipe musik ini terbukti secara klinis mampu mendorong performa fisik jadi lebih baik, membuat pendengarnya merasa lebih kuat dan termotivasi. Cek playlist ini untuk menambah semangat olahraga.

Lagu dari grup band atau penyanyi favorit

Penelitian saintifik menunjukkan bahwa mendengarkan musik memacu pelepasan hormon dopamin alami di otak, yang membuat kita merasa bahagia. Mendengarkan musik juga punya peran menurunkan kortisol penyebab stres dan kecemasan. Gabungkan dua elemen ini, maka aktivitas sesederhana mendengarkan musik kesukaan bisa membuat semua orang jadi lebih bahagia dan mudah memecahkan masalah.

Lagu dari grup band atau penyanyi favorit bisa jadi pilihan untuk menemani kegiatan sehari-hari seperti saat terjebak macet dalam mobil atau saat bersantai di rumah. Unduh lagu-lagu kesukaanmu dan pasang di speaker setiap hari, supaya kamupun bisa mendapatkan manfaat positif dari mendengarkan musik.

Trend terbaru: "Binaural Beats"

"Binaural Beats" adalah metode terapi musik terbaru yang menggunakan selisih perbedaan frekuensi telinga kiri dan kanan. Selisih perbedaan frekuensi ini berfungsi untuk memaksimalkan gelombang otak - di metode ini, otak difungsikan sebagai media untuk mengatasi berbagai permasalahan.

Pertama kali ditemukan oleh ilmuwan Prusia Heinrich Wilhelm Dove pada tahun 1839, "Binaural Beats" atau "Bunyi Binaural" akan tercipta ketika 2 nada dari frekuensi yang spesifik diputar bersamaan dan diperdengarkan melalui headphone. Karena dua frekuensi ini berbeda, otak kita lantas akan dirangsang untuk membuat nada sesuai imajinasi sendiri, halusinasi audio 3 dimensi yang hanya terdengar di dalam kepala kita sendiri. Menarik, ya?

Tahun 1973, seorang ilmuwan Amerika bernama Gerald Oster menemukan manfaatnya untuk terapi, sebagai alat yang luar biasa guna melakukan riset kognitif dan neurologi, yang juga meneliti bagaimana satwa liar berkomunikasi satu sama lain atau bagaimana binatang bisa fokus mengenali dan membedakan bunyi-bunyi tertentu.

Efek "Binaural Beats" memang personal dan berbeda-beda pada tiap orang, tetapi beberapa riset telah menunjukkan bahwa jenis musik ini bisa membuat mood jadi bagus, meningkatkan konsentrasi, kreativitas dan daya ingat - sekaligus menurunkan stres dan kecemasan. Yuk, coba dengarkan "Binaural Beats" di tautan ini

Catatan penting: "Binaural Beats" tidak disarankan untuk penderita epilepsi dan orang dengan penyakit jantung sebaiknya berkonsultasi dengan dokter lebih dulu sebelum mulai mendengarkannya ya.

Sebetulnya tak perlu sains untuk mengetahui bahwa musik adalah salah satu terapi yang terbaik untuk tubuh dan pikiran. Manfaatkan musik yang tepat untuk kegiatan yang tepat, supaya kinerja pun lebih produktif dan kamu juga lebih happy sepanjang hari!

 

Bantu pasangan, anak dan orang-orang tercinta untuk selalu bahagia, sehat dan bebas stres dengan berbagai tips praktis dari Generali Indonesia:

Atasi Stres dengan cara-cara ampuh ini!

Menu Brunch sehat dan lezat di rumah sendiri

Sarapan sehat ala Generali

Penting diperhatikan: kesehatan seluruh keluarga

Asuransi Kesehatan seperti apakah yang kita butuhkan?