Tips Memilih Pelayanan Asuransi Terbaik di Indonesia

Rabu, 6 Januari 2021
tips memilih pelayanan asuransi.PNG

Tips Memilih Pelayanan Asuransi Terbaik di Indonesia

Memilih asuransi sama juga memilih pasangan hidup. Kita harus selektif dalam menentukan perusahaan asuransi dengan pelayanan terbaik untuk mengelola keuangan kita. Bisa jadi tawaran asuransi menarik dengan nilai premi kecil tapi nilai tanggungannya besar. Namun, jika pelayanannya tidak baik buat apa? 

Bayangkan jika kamu memiliki asuransi kesehatan, saat kamu membutuhkan asuransi tersebut namun prosesnya rumit dan berbelit. Dalam kondisi sakit, kamu pasti tak ingin mengurus proses klaim yang rumit dan berbelit. Stress mengurus asuransi bisa membuatmu tambah sakit.

Begitu pula jika kamu memilih asuransi jiwa, kamu tentu tak ingin ahli waris kewalahan dalam mengurus proses klaim asuransi. Pelayanan asuransi terbaik akan aktif memberikan dukungan pada nasabah yang sedang ditimpa masalah. 

Pentingnya Asuransi

Di tengah pandemi seperti ini, hampir semua risiko finansial meningkat tajam. Mulai dari risiko finansial akibat ancaman penyakit yang makin banyak, hingga risiko finansial karena kondisi perekonomian yang terus terpuruk karena pandemi. 

Karena situasi pandemi ini meningkatkan ketidakpastian, sebaiknya kecukupan dana darurat harus diperbesar. Jadi, saat kondisi normal, memiliki dana darurat sebesar 6x pengeluaran bulanan mungkin sudah cukup. Tapi, karena pandemi, ada baiknya meningkatkan hingga jumlahnya mencapai 12x pengeluaran bulanan. 

Cara mengumpulkan dana darurat memang tidak serta merta. Cicil saja dengan cara menabung rutin tiap bulan, sebanyak 10%-30% pendapatan rutin tempatkan di produk keuangan yang likuid tersebut sebagai emergency fund.

Bila dana darurat keluarga telah mencukupi, selanjutnya adalah periksa kecukupan asuransi jiwa. Sudahkah pencari nafkah keluarga memiliki asuransi jiwa? Asuransi jiwa bukan untuk mencegah kematian. Asuransi jiwa berguna untuk melindungi nilai ekonomi si pencari nafkah. Sehingga bila suatu saat pencari nafkah keluarga tutup usia, keluarga tidak serta merta oleng kondisi finansialnya. Ada dana dari asuransi jiwa yang bisa digunakan keluarga yang ditinggalkan untuk melanjutkan hidup.

Memilih Asuransi Jiwa

Bagi kamu yang sudah tahu pentingnya asuransi, asuransi jiwa adalah sebuah kewajiban. Meskipun asuransi jiwa tidak perlu menjadi bagian dari pilihan rencana keuangan bagi setiap orang, asuransi bisa menjadi hal yang sangat bermanfaat, terutama bagi orang tua, anak-anak muda dan mereka yang mendukung pasangan atau orang dewasa atau anak cacat. 

Selain membantu mendukung tanggungan, asuransi jiwa dapat membantu menyediakan uang tunai segera saat kematian. Hasil asuransi adalah sumber uang tunai yang berguna untuk membayar utang, biaya pemakaman, dan pendapatan atau pajak warisan. Yang paling penting adalah keluarga yang ditinggalkan tidak kolaps secara finansial.

Asuransi jiwa menawarkan beberapa keuntungan yang tidak tersedia dari instrumen keuangan lainnya. Asuransi jiwa menyediakan infus uang tunai untuk menangani konsekuensi keuangan yang merugikan dari kematian tertanggung.

Asuransi jiwa menikmati perlakuan pajak yang menguntungkan tidak seperti instrumen keuangan lainnya. Penarikan nilai tunai diperlakukan atas dasar first-in-first-out (FIFO), oleh karena itu penarikan nilai tunai hingga total premi yang dibayar umumnya bebas pajak penghasilan.

Banyak polis asuransi jiwa sangat fleksibel dalam hal menyesuaikan dengan kebutuhan pemegang polis. Manfaat kematian dapat menurun setiap saat dan premi dapat dengan mudah dikurangi, dilewati atau ditingkatkan.

Yang harus kamu sadari manfaat asuransi jiwa bukan untuk diri sendiri, namun untuk ahli waris yang diasuransikan. Karena itu pemegang polis akan merasa  mengorbankan beberapa pengeluaran saat ini untuk membayar premi polis. Selain itu, asuransi jiwa biasanya dibeli untuk kepentingan orang lain dan biasanya hanya secara tidak langsung untuk orang lain yang diasuransikan.

Proses perolehan asuransi jiwa dapat mengganggu dan membingungkan untuk ahli waris. Karena itu penting untuk memilih asuransi dengan pelayanan terbaik di Indonesia. Pelayanan yang baik itu dapat diketahui dengan memilih agen asuransi jiwa dapat dipercaya. Produk dan operator asuransi terjamin. Proses klaim mudah dan tidak berbelit. 

Daftar Asuransi dengan Pelayanan Terbaik di Indonesia

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK),  perusahaan asuransi di bawah ini sudah terdaftar sehingga menjadi perusahaan asuransi yang tercatat dalam negara dan dilindungi oleh undang-undang, sehingga kamu bisa memilih salah satu untuk mendapatkan pelayanan terbaik. 

  1. AIA Financial

AIA Financial merupakan anak perusahaan dari AIA Group. AIA menawarkan berbagai produk asuransi, termasuk asuransi dengan prinsip syariah, yang meliputi asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan diri, asuransi yang dikaitkan dengan investasi, program kesejahteraan karyawan, program pesangon, dan program Dana Pensiun (DPLK).

Produk-produk tersebut dipasarkan oleh lebih dari 10.000 tenaga penjual berpengalaman dan professional melalui beragam jalur distribusi seperti Agency, Bancassurance dan Corporate Solutions (Pension & Employee Benefits).

Keunggulan dan kinerja AIA juga dibuktikan dengan banyaknya penghargaan yang diterima di bidang industri asuransi jiwa di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini.

 

2. Allianz

Allianz (Allianz Life; NYSE: AZ) merupakan perusahaan jasa keuangan multinasional yang berkantor pusat di Munich, Jerman. Bisnis utamanya adalah asuransi. Pada 2013, Allianz merupakan perusahaan terbesar ke-25 dunia menurut ukuran gabungan oleh majalah Forbes. Allianz pertama kali berdiri tahun 1890.

Allianz memulai bisnisnya di Indonesia dengan membuka kantor perwakilan di tahun 1981. Pada tahun 1989, Allianz mendirikan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia, perusahaan asuransi umum. Kemudian, Allianz memasuki bisnis asuransi jiwa, kesehatan dan dana pensiun dengan mendirikan PT Asuransi Allianz Life Indonesia di tahun 1996. Di tahun 2006, Allianz Utama dan Allianz Life memulai bisnis asuransi syariah.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20.000 tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.

3.Prudential

Didirikan pada tahun 1995, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) merupakan bagian dari Prudential plc, sebuah grup perusahaan jasa keuangan terkemuka di Inggris. Sebagai bagian dari Grup yang berpengalaman lebih dari 168 tahun di industri asuransi jiwa, Prudential Indonesia memiliki komitmen untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia.

Prudential Indonesia memiliki izin usaha di bidang asuransi jiwa patungan. Sejak peluncuran produk asuransi terkait investasi (unit link) pertamanya di tahun 1999, Prudential Indonesia telah menjadi pemimpin pasar untuk kategori produk tersebut di Indonesia. Prudential Indonesia menyediakan berbagai produk dan layanan yang dirancang untuk memenuhi dan melengkapi setiap kebutuhan keuangan para nasabahnya di Indonesia. Prudential Indonesia juga telah mendirikan unit bisnis Syariah sejak tahun 2007 dan dipercaya sebagai pemimpin pasar asuransi jiwa syariah di Indonesia sejak pendiriannya.

4. AXA Mandiri

AXA Mandiri dalah salah satu perusahaan Asuransi Jiwa yang berdiri sejak 1991, dan berkantor pusat di Jakarta. Berawal dari bisnis asuransi jiwa pada tahun 2004, kesuksesan AXA Mandiri berlanjut dengan pembangunan bisnis asuransi umum pada tahun 2011. AXA Mandiri sekarang semakin lengkap dan kuat dan terus fokus pada penyediaan berbagai solusi untuk kebutuhan pelanggan, baik finansial maupun investasi layanan, dan solusi perlindungan jiwa dan aset.

AXA Mandiri terdiri dari bisnis asuransi jiwa, yaitu PT AXA Mandiri Financial Services dan bisnis asuransi umum, yaitu PT Mandiri AXA General Insurance, yang keduanya merupakan perusahaan patungan antara PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan AXA Group. AXA beroperasi dengan fokus pada asuransi jiwa, asuransi umum dan manajemen aset melalui berbagai saluran distribusi di bawah PT AXA Financial Indonesia, PT Asuransi AXA Indonesia, dan PT AXA Asset Management Indonesia.

5. Cigna

PT Asuransi Cigna (Cigna Indonesia) merupakan perusahaan asuransi jiwa yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Didirikan pada tahun 1990, Cigna Indonesia merupakan anak perusahaan Cigna Corporation, salah satu perusahaan pelayanan kesehatan terbesar di pasar Amerika Serikat, berkantor pusat di Bloomfield, Connecticut, juga beroperasi secara internasional di 30 negara, dan memiliki sekitar 95 juta nasabah di seluruh dunia yang dilayani oleh kurang lebih 41.000 karyawan.

Cigna Indonesia kini telah tumbuh dan berkembang menjadi salah satu perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia dengan keunggulan dalam menyediakan produk dan layanan yang menjangkau konsumen dan rekan bisnis secara langsung. Pada akhir tahun 2016, Cigna Indonesia membukukan pencapaian rasio tingkat solvabilitas, atau disebut RBC (Risk Based Capital) sebesar 637% jauh di atas peraturan pemerintah sebesar 120%.

Masih ada banyak asuransi dengan pelayanan terbaik di Indonesia. Kamu bisa membandingkan layanan asuransi satu dengan yang lainnya sebelum memutuskan untuk membeli premi di salah satu asuransi. Tidak masalah jika kamu bertanya pada banyak agen sebelum benar-benar menjatuhkan pilihan. Karena memilih asuransi seperti memilih pasangan hidup, carilah yang membuatmu nyaman.