Langkah mudah jaga kondisi mobil agar tetap prima

Healthy Protection 27 Maret 2018

Rawat mobil baru sehingga saat jual mobil kembali, harganya tidak jatuh!

Semua pengemudi yang baik sudah semestinya tahu bahwa menjaga kondisi mobil selalu dalam kondisi prima sangatlah penting. Untuk hindari masalah saat bepergian dengan mobilmu, ikuti beberapa langkah mudah untuk menjaga si roda empat agar tetap dalam keadaan baik (ssst, tidak harus ke bengkel saja lhoooo!). Hal ini penting terutama bila kamu berniat untuk mengganti mobilmu dalam beberapa tahun lagi, supaya saat jual beli mobil terjadi, harga jual mobil kamu tidak jatuh-jatuh amat.

Checklist yang harus diperiksa

Cara yang pertama dan termudah adalah dengan membuat daftar checklist dari hal-hal yang harus kamu periksa setiap bulan, atau paling tidak, sebelum bepergian jauh dengan mobil. Untuk mulai mengecek, pastikan mesin mobil sedang tak dinyalakan dan sudah dingin.

FLOWER dalam otomotif, yang artinya bukanlah "bunga"

Ada satu singkatan otomotif yang mudah untuk ini, yaitu FLOWER, yang artinya adalah: fuel (persediaan bensin dalam tangki), lights (lampu-lampu mobil yang harus dicek satu-persatu), oil & water (kondisi oli mobil dan air di radiator), electrics (kondisi sambungan-sambungan elektrik dalam mobil seperti apakah mobil bisa distarter dengan baik), dan rubber (cek karet ban, adakah yang bocor atau perlu tambah angin?). Selain itu, manfaatkan buku manual mobil (yang biasanya bisa kamu temukan di situs resmi sesuai merk dan jenis mobilmu) yang punya penjelasan lengkap mengenai kondisi standar seputar si mobil.

Minta bantuan orang lain

Bila memungkinkan, mintalah teman atau keluarga untuk bantu cek hal-hal yang tak sengaja sering terlewati. Contohnya: mengecek apakah semua lampu mobil berjalan dengan baik saat dinyalakan dan dimatikan, lalu, apakah ada cairan yang merembes bocor saat mobil berjalan. Mengapa hal ini penting? Karena, mungkin ketika dimatikan, si mobil terlihat baik-baik saja, tetapi saat kamu sedang mengendarainya, ada masalah yang hanya bisa dilihat oleh mata orang lain yang berada di luar mobil.

Perhitungkan faktor eksternal

Yang terakhir, sangatlah penting untuk memperhitungkan faktor eksternal ketika sedang bepergian. Dua hal yang harus selalu dicek adalah wiper dan sistem ventilasi udara - saat cuaca buruk, hujan deras, sudah pasti kamu butuh menggunakan dua alat ini. Ban kempes atau bocor juga salah satu masalah yang umumnya sering terjadi - selalu siap siaga dengan ban cadangan yang harus dalam kondisi baik dan segala peralatan yang diperlukan untuk mengganti ban mobil - sekaligus juga, tak ada salahnya mulai belajar ganti ban mobil sendiri, tanpa harus selalu mengandalkan kang bengkel!

Enam langkah mudah ini sebaiknya diikuti secara teratur untuk memastikan bahwa mobil selalu dalam keadaan baik, apakah itu untuk perjalanan jauh maupun hanya dalam kota saja

 

Flower v6-01.jpg

 

Sedang berencana membeli mobil? Ukuran besar atau kecil? Model seperti apa yang pas untukmu? Cari tahu lebih banyak mengenai hal-hal penting seputar keamanan berkendara di jalan serta jenis-jenis mobil yang bisa kamu pilih, lewat berbagai tips di artikel-artikel kami.

Teknologi terkini agar selalu aman berkendara

Aman dan nyaman berkendara saat musim hujan melanda

Tips aman berkendara untuk pengemudi di atas 60 tahun