8 Alasan Pentingnya Ikut Asuransi Umum Terbaik di Indonesia

Kamis, 7 Januari 2021
8 alasan pentingnya ikut asuransi umum.PNG

8  Alasan Pentingnya Ikut Asuransi Umum Terbaik di Indonesia

Literasi tentang asuransi perlu terus diperdalam. Baik itu tentang asuransi umum terbaik di Indonesia, ataupun asuransi jiwa. Para pakar perencana keuangan pada umumnya sepakat, bahwa keputusan untuk rutin mengalokasikan sebagian dari penghasilan bulanan ke dalam investasi dan asuransi merupakan langkah perencanaan pengelolaan keuangan yang benar. Apalagi  bila hal itu dilakukan sejak muda. 

Dengan demikian, sudah semestinya kamu bisa membedakan antara asuransi umum dengan asuransi jiwa, dan mengapa penting untuk ikut menjadi peserta asuransi jiwa dan asuransi umum terbaik di Indonesia. 

Perbedaan asuransi umum dan asuransi jiwa 

Secara umum, asuransi terbagi dua kelompok. Yaitu asuransi jiwa dan asuransi umum. Asuransi jiwa pada umumnya memberikan proteksi terhadap risiko finansial akibat terjadinya kematian, dan manfaatnya dirasakan oleh ahli waris. Sedangkan asuransi umum adalah asuransi yang memberikan proteksi risiko finansial, tetapi manfaatnya diberikan kepada si tertanggung sendiri. Misalnya ketika terjadi kebakaran, kerusakan, kecelakaan,  pencurian, kehilangan, dan lain sebagainya.   

Contoh asuransi umum terbaik di Indonesia pada saat ini antara lain: asuransi kendaraan mobil dan motor, asuransi kesehatan, asuransi perjalanan, asuransi rumah, asuransi pengangkutan, asuransi komersial, asuransi kecelakaan diri, asuransi kebakaran, asuransi rekayasa, asuransi aneka, asuransi minyak dan gas bumi, asuransi penerbangan, asuransi rangka kapal,  dan  asuransi tanggung gugat. 

 

Alasan ikut asuransi umum terbaik di Indonesia

Ada sejumlah alasan penting mengapa setiap orang membutuhkan proteksi asuransi umum.  

1. Tinggal di wilayah yang rawan banjir 

Tinggal di daerah rawan banjir memiliki risiko finansial. Contohnya, pada masa pergantian tahun 2020 lalu. Risiko finansial itu mengancam penduduk saat hujan deras dengan intensitas tinggi terjadi di wilayah Jabodetabek. Hujan tak henti-henti itu menyebabkan banjir dan  berdampak pada rusaknya sejumlah  kendaraan, rumah tinggal, dan berbagai properti. Waktu itu Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) melaporkan bahwa sampai dengan Rabu 15 Januari 2020 terdapat 40 perusahaan asuransi umum yang melaporkan nilai estimasi kerugian asuransi harta benda dan asuransi kendaraan bermotor di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). 

Dikabarkan ada 2.799 polis asuransi harta benda yang terdampak banjir dengan 4 objek pertanggungan. Yakni rumah tinggal, properti komersial, properti industrial, dan lainnya. Total nilai perkiraan klaim sebesar Rp. 1,08 Triliun, terbagi Rp406 miliar  untuk wilayah Jakarta,  dan Rp602  miliar untuk Bogor,  Depok, Tangerang, dan Bekasi. Jumlah itu belum termasuk dengan asuransi kendaraan bermotor yang tercatat 3.335 polis terkena dampak banjir. Yakni pertanggungan untuk mobil penumpang, sepeda motor, dan truck atau pickup atau mobil box. Total nilai perkiraan klaim saat itu sebesar Rp. 147 Miliar untuk daerah Jabodetabek. 

Jadi, bila daerah tempat tinggal atau kantormu berrisiko terkena banjir, maka itu adalah  alasan pertama mengapa kamu perlu asuransi umum. 

2. Bencana alam 

Wilayah Indonesia dan sejumlah negara ASEAN serta Jepang berada di dalam kawasan Cincin Api Pasifik. Di kawasan ini terdapat 450 rangkaian gunung berapi aktif dan tidak aktif yang berbentuk setengah lingkaran atau tapal kuda, mulai dari  sekitar Lempeng Laut Filipina, Lempeng Pasifik, Juan de Fuca dan Lempeng Cocos, serta Lempeng Nazca. 

Gempa bumi dan meletusnya gunung berapi rentan terjadi di kawasan Cincin Api Pasifik. Oleh karenanya, melindungi harta benda dari resiko bencana gempa bumi dan gunung meletus merupakan alasan berikutnya mengapa asuransi umum terbaik di Indonesia kamu butuhkan.

Perlindungan dari perusahaan asuransi umum terkadang tak hanya untuk bencana gempa bumi saja. Tetapi juga meliputi letusan gunung berapi, tsunami, ledakan ataupun kebakaran akibat dampak dari gempa bumi atau erupsi gunung berapi, risiko banjir dan tanah longsor. Apabila sudah memiliki perlindungan asuransi gempa bumi, maka aset yang dimiliki seperti rumah dan semua isinya akan diproteksi oleh perusahaan asuransi. 

3. Kerusakan kendaraan akibat kecelakaan lalu lintas

Meskipun kita sudah berhati-hati di jalan, namun selalu saja terbuka risiko terjadinya kecelakaan yang disebabkan oleh pengguna jalan yang lain. Bila hal tersebut terjadi dan membuat kendaraan kamu rusak, maka memiliki asuransi umum untuk proteksi kerusakan kendaraan merupakan solusinuya.  Asuransi kendaraan biasanya terdiri dari  asuransi kendaraan Total Loss Only dan asuransi kendaraan All Risk. Silahkan kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan amu. 

4. Kehilangan kendaraan karena masalah keamanan 

Alasan berikutnya mengapa perlu memiliki asuransi umum terbaik di Indonesia, adalah karena rawannya pencurian kendaraan bermotor. Dengan mengasuransikan kendaraanmu, maka resiko finansial yang diakibatkan dari kehilangan kendaraan akan menjadi tanggungan pihak asuransi. Besaran uang pertanggungan beragam, tergantung produk asuransi kendaraan yang kamu ikuti. Ada yang mengganti 100%, namun ada pula yang tidak 100% dari harga beli kendaraan. Hal itu dikarenakan adanya penyusutan nilai mobil yang besarannya sekitar 10-25% per tahun.  

5. Perubahan cuaca dan kesuburan tanah 

Selain karena kesalahan pengelolaan lahan, perubahan cuaca yang berlangsung sangat ekstrim memengaruhi pola tanam dan hasil pertanian. Namun saat ini risiko kegagalan panen akibat perubahan jadwal musim hujan dan musim panas dapat diproteksi oleh asuransi pertanian. Asuransi pertanian juga dapat memberikan proteksi terhadap ternak. Bila kamu berusaha atau berinvestasi di bidang pertanian, jangan ragu untuk selalu mengansuransikan tanamanmu dari risiko gagal panen akibat perubahan cuaca dan sebagainya. 

6. Sering traveling keluar kota atau luar negeri 

Alasan berikutnya kenapa kamu perlu asuransi umum adalah karena seringnya berpergian keluar kota atau luar negeri pakai pesawat terbang, kereta api, bus dan sebagainya. Asuransi umum untuk proteksi perjalanan ini disebut asuransi perjalanan. Manfaat yang bisa kamu peroleh dari asuransi ini adalah untuk melindungi perjalanan dari berbagai kejadian yang tidak menyenangkan. Misalnya karena perubahan jadwal pesawat, bagasi hilang, kecopetan, atau bila sampai harus dirawat di rumah sakit. 

7. Saat  mengirim barang 

Pengiriman barang melalui jalur laut, darat, dan udara pada umumnnya selalu disertai risiko kehilangan dan kerusakan. Hal itu bisa disebabkan oleh pencurian, kesalahan teknis, kecelakaan, atau bencana yang tak terduga datangnya dan lain sebagainya. Oleh karena itu, mengansuransikan barang atau harta benda pada saat pengangkutan atau dikirim dari satu tempat ke tempat tujuan, merupakan tindakan penting agar risiko finansial nya terlindungi oleh asuransi.    

Asuransi pengangkutan pada dasarnya memberikan proteksi terhadap risiko yang terjadi terhadap barang-barang yang dikirimkan melalui jalur laut, darat, dan udara.

Proteksi yang diberikan untuk mengantisipasi kerugian karena barang rusak, hilang, atau nilai ekonominya berkurang karena suatu peristiwa tertentu yang tidak dapat diprediksi.

8. Melakukan pekerjaan dengan risiko keselamatan kerja tinggi

Di berbagai industri, selalu ada pekerjaan yang memiliki tingkat risiko keselamatan kerja yang tinggi  dan akan berpengaruh besar pada kerugian finansial. Misalnya pada pekerjaan pengeboran minyak lepas pantai, pengoperasian kendaraan alat berat di lokasi pertambangan, pekerjaan rekayasa konstruksi, dan lain sebagainya. Untuk melindungi properti dan pekerjanya, pada umumnya perusahaan akan mengasuransikan pekerjaan berisiko tersebut.