Cara inovatif mendekorasi rumah yang ramah hewan peliharaan

Minggu, 21 Februari 2021
shutterstock_1822582148.jpg

Kamu punya hewan peliharaan, kucing atau anjing? Sebagai paw-rents, kita tentunya tahu bahwa punya kawan berkaki empat (atau kerap disebut “anabul”, singkatan “anak berbulu”) membuat suasana rumah makin terasa semarak dan tak pernah sepi.

Kehadiran si anabul alias kawan berkaki empat juga terbukti secara klinis menangkal depresi, meningkatkan rasa bahagia dan mencegah stres.

Nah, punya hewan peliharaan di rumah, artinya kita sudah siap merawat dan memperlakukan binatang tersebut dengan baik. Hewan peliharaan kita, baik itu kucing maupun anjing, suka bermain dan eksplorasi rumah. Ini beberapa cara inovatif mendekor rumah agar ramah hewan peliharaan.

Lantai rumah dan dekorasinya

Untuk mencegah bekas-bekas cakaran kuku kucing dan anjing, hindari penggunaan parket atau lantai kayu. Bila tetap ingin memiliki parket di rumah, batasi di tempat-tempat yang tidak sering didatangi hewan peliharaan – kamar tidur misalnya atau di lantai bagian atas rumah. Alih-alih parket, pasang lantai dari beton / konkrit atau ubin yang tak dapat tergores kuku binatang dan mudah dibersihkan.

Kemudian, karena Indonesia beriklim tropis, hindari menggunakan karpet bulu yang terlalu tebal, ini berpotensi menyebabkan alergi karena gabungan rontoknya bulu si kawan berkaki empat dan debu menumpuk di sana.

Alih-alih karpet bulu tebal, cari alas lantai berbahan tipis dan ringan yang mudah dicuci agar kebersihannya selalu terjaga dan tidak ada potensi tumpukan debu serta bulu hewan di sana.

Sebaiknya pula, pilih alas lantai yang berwarna gelap sehingga tidak mudah kotor.

Amankan mebel berbahan kayu

Umumnya, kucing dan anjing sangat tidak suka bau jeruk dan lemon yang kuat. Untuk menghindari si kawan berkaki empat menjadikan mebel kita sebagai sasaran gores-menggores dengan cakar, oles selalu parfum berbau jeruk dan lemon di bagian berbahan kayu dari mebel tersebut.

Hindari alas dudukan yang mudah robek

Dudukan sofa atau kursi berbahan kulit mudah robek oleh cakaran si binatang peliharaan. Lengkapi rumah dengan sofa atau kursi dengan bahan dudukan dari katun tebal yang tak mudah robek atau dari bahan parasut supaya selalu aman dan mudah untuk dibersihkan.

Membersihkan bau yang menempel

Campur sesendok makan baking soda dengan setengah liter air panas dan dua sendok makan cuka untuk membersihkan bau yang menempel pada semua barang di rumah.

Sediakan toilet khusus si anabul

Sediakan kotak litter yang diisi pasir anti bau untuk si kucing kesayangan. Bersihkan secara berkala, supaya si kucing selalu betah hanya membuang hajat di kotak tersebut.

Untuk anjing, biarkan si doggie keluar rumah ke halaman untuk menuntaskan buang air besar maupun kecil. Melatih anjing untuk disiplin dan bersih seperti ini dimulai sejak ia kecil, dan sebaiknya sebagai tuan, kita pun juga disiplin mengajari si doggie untuk melakukan hal ini.

Barang pecah belah

Amankan pajangan keramik, porselen, kristal dan segala yang bersifat pecah belah dari jangkauan si hewan peliharaan. Letakkan di tempat yang relatif tinggi atau sekalian saja masukkan ke dalam lemari berpintu sehingga aman.

Zona bermain khusus untuk si anabul

Siapkan zona bermain khusus untuk si anak berbulu alias hewan peliharaan kesayangan. Rumah khusus kucing yang dilengkapi batang kayu khusus untuk mengasah cakar, mainan gigitan khusus untuk si doggie, sampai area di pekarangan rumah yang dikhususkan untuk si kawan berkaki empat.

Dengan menyediakan zone bermain khusus, peliharaan kesayangan pun akan lebih terlatih menghindari tempat-tempat yang terlarang baginya di dalam rumah.

Mengertilah bahwa mereka adalah hewan peliharaan

Yang terakhir, selalu diingat bahwa mereka adalah hewan peliharaan, yang tidak punya intelegensia seperti kita manusia. Maka, kadang-kadang “kecelakaan” maupun hal-hal yang tak diinginkan, seperti kerusakan barang di rumah oleh si hewan peliharaan maupun ia buang air tak pada tempatnya, bisa saja kejadian.

Semua ini adalah risiko bagi pemilik hewan peliharaan, jadi stay calm & keep loving your pets ya, paw-rents

Siap untuk masa depan artinya mempertimbangkan memiliki asuransi - ini yang perlu kamu ketahui.

Mulai dari kerajinan tangan sampai dengan resep-resep masakan yang mudah dan lezat, temukan segala hal penting untuk hidup kreatif dan bahagia disini:

Langkah penanggulangan saat badai besar terjadi

10 hal pertama yang harus dilakukan saat kemalingan

Video: Awas copet! Cara jitu menghindari pencopetan

Apa yang harus dilakukan saat kamu jadi korban penipuan?