Manfaat kesehatan utama yang bisa didapat dari Terapi Musik

Selasa, 23 Februari 2021
Manfaat kesehatan utama dari Terapi Musik

Musik sudah terbukti secara klinis, melalui ratusan penelitian, sebagai salah satu alat bantu mencegah depresi. Mau buktinya? Coba putarkan lagu kesukaanmu saat sedang sedih atau bad mood – begitu mendengar alunan musiknya, kamu biasanya akan langsung merasa lebih baik, kan?

Mendengarkan musik membantu orang untuk mengalihkan perhatian dan memberikan berbagai sensasi, mulai dari rasa tenang, tentram dan rileks, hingga rasa bahagia dan memacu semangat berapi-api.

Para ilmuwan saintifik sepakat bahwa musik sanggup memberikan dorongan stimulasi pada setiap area di otak manusia, sehingga musik pun dapat dijadikan sarana terapi pengobatan guna mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Ini beberapa manfaat kesehatan utama yang bisa didapatkan dari melakukan terapi musik, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Apa sebenarnya yang disebut dengan terapi musik?

Terapi musik menggunakan berbagai elemen audio, seperti suara, melodi, ritme, nyanyian atau alat instrumental yang bertujuan membantu proses penyembuhan.

Terapi musik membantu proses pembelajaran, meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan memudahkan interaksi antara manusia.

Teknik dari terapi musik sudah terbukti mampu memperbaiki kualitas hidup pasien. Lewat bantuan terapi musik, banyak penderita berbagai penyakit merasa ada kemajuan dari segi kondisi fisik maupun mental mereka.

Benefit dari terapi musik

Manfaat langsung secara fisik

Karena musik adalah salah satu cara untuk melakukan ekspresi diri dan berkomunikasi secara non-verbal tanpa kata-kata, efeknya secara emosional sangatlah positif.

Beberapa manfaat terapi musik yang didapat secara fisik termasuk mengurangi rasa nyeri, menurunkan tingkat stres dan kecemasan. Mendengarkan musik juga mampu membuat saraf-saraf otak yang tegang oleh stres menjadi lebih rileks, sehingga dapat membantu latihan pernafasan.

Banyak penderita stres maupun depresi kronis sudah merasakan sendiri manfaat dari terapi lewat musik.

Manfaat secara psikis dan mental

Terapi musik seringkali digunakan para ahli untuk memperbaiki mood pasien. Pada beberapa kasus dimana anak-anak atau orang berusia muda terkena penyakit berat yang mengharuskan mereka tinggal di rumah sakit dalam jangka waktu lama, terapi musik memberikan sarana bagi mereka untuk sekedar melupakan rasa sakit dan kebosanan saat pengobatan.

Pada tingkat kognitif, terapi musik dapat membantu melawan kesedihan, depresi dan bahkan membantu pasien yang sudah putus asa untuk kembali menemukan semangatnya.

 

Aktivitas pada praktek terapi musik

Terapi musik bekerja dengan tiga cara utama:

Improvisasi dengan menggunakan terapi musik

Pasien dapat menciptakan sendiri musik mereka dengan diberi kebebasan bersyarat. Ini akan mendorong perkembangan kreativitas dan keberanian mengekspresikan diri.

Aktivitas untuk anak-anak: Ajak anak untuk membuat aransemen lagu sederhana dengan nada-nada berbeda. Ajari mereka untuk menciptakan lagu mudah yang bisa mereka nyanyikan sendiri.

Aktivitas untuk orang dewasa: Ajak pasien dewasa untuk memainkan alat musik dengan berbagai ritme yang lembut, santai dan merelaksasi pikiran mereka. Ajak mereka untuk kreatif memodifikasi aransemen lagu yang mereka karang sendiri.

Rekreasi dan terapi musik

Menghafal lagu atau nada musik, kemudian mempraktekkannya dengan alat musik pengiring, membantu meningkatkan memori agar lebih aktif dan memperbaiki konsentrasi otak serta pikiran.

Aktivitas untuk anak-anak: Ajak anak-anak menghafal lagu daerah, lagu anak Indonesia ataupun lagu pop yang mereka sukai. Tentukan giliran masing-masing anak untuk menyanyi di depan semua orang.

Aktivitas untuk orang dewasa: Tanya lagu favorit dan grup band musik favorit pasien dewasa. Kemudian, minta mereka menyanyikan satu lagu yang paling disukai, lewat syair kata-kata dan irama yang mereka ingat sendiri.

Mendengarkan musik sebagai sarana terapi

Pada proses ini, para partisipan terapi diajak mendengarkan musik yang sudah direkam atau yang dimainkan secara langsung.

Aktivitas untuk anak-anak: Ajak anak bergerak dan berdansa seiring lagu pilihan mereka. Tujuannya adalah untuk melatih keharmonisan sinkronisasi gerakan antara ritme dan melodi lagu dengan latihan motorik untuk tubuh.

Aktivitas untuk orang dewasa: Cobalah bermain kuis musik dan lagu. Ajak masing-masing peserta untuk menyanyikan lagu favorit mereka, lalu minta peserta lainnya menebak judul lagu dan penyanyinya.

 

Perlindungan penting bagi kita semua

Persiapkan jaring proteksi yang akan memberikan perlindungan menyeluruh bagi kita dan keluarga, serta semua orang-orang tercinta.

Pilih iPlan, solusi komprehensif dari Generali Indonesia yang merupakan asuransi jiwa dengan benefit pertanggungan asuransi kesehatan sekaligus kecelakaan. Klik disini untuk tahu lebih lanjut mengenai iPlan.

Mulai dari saran mengenai cara makan sampai dengan resep camilan sehat, semua yang kamu butuhkan untuk memulai gaya hidup sehat ada disini:

Asuransi Kesehatan seperti apakah yang kita butuhkan?

Penting dibaca: Asuransi untuk kamu yang baru punya anak!

Penting diperhatikan: kesehatan seluruh keluarga

Butuh berobat ke rumah sakit saat sedang di luar negeri? Ini tips praktisnya