Rahasia sehat dan awet muda ada di tulang kita!

Healthy Lifestyle 13 Maret 2018
healthy living thumb

Salah satu rahasia terbesar tentang selalu sehat dan awet muda, ada di tulang kita - dan bagaimana kita merawatnya.

Tulang menyimpan kalsium, yang amat dibutuhkan tubuh - selain itu, tulang merupakan jangkar yang mengikat otot dan membuat kita terus aktif. Nah, sayangnya, makin kita bertambah usia, semakin rapuh pula tulang-tulang di dalam tubuh - risiko osteoporosis dan patah tulang semakin meningkat. Maka, amatlah penting merawat tulang dengan makan sehat, berolahraga dan minum vitamin yang tepat.

Inilah bagaimana caranya merawat tulang agar tetap kuat lebih lama.

Terpenting: kalsium

Untuk asupan kalsium harian, pastikan bahwa susu, keju dan makanan yang berasal dari susu sapi lainnya masuk di dalam konsumsi menu makan setiap hari. Bila tak suka atau punya alergi terhadap susu sapi, susu kedelai (atau minuman sari kedelai dengan tambahan kalsium) bisa jadi alternatif pilihan lain. Selain itu, perbanyak konsumsi kacang-kacangan, sayuran hijau yang berdaun seperti bayam, sawi atau bokchoy, juga brokoli, kol dan okra. Untuk makanan laut, pilihlah jenis ikan yang bertulang, seperti sarden, ikan teri dan tuna, yang mengandung kalsium terbanyak.

Jangan kesampingkan vitamin

Selanjutnya, cek apakah asupan vitamin harian sudah cukup. Vitamin D merupakan vitamin terbaik untuk kesehatan tulang, karena Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium lebih baik. Saat cuaca sedang cerah, asupan Vitamin D kita dapatkan dari cahaya matahari, tapi, saat musim penghujan tiba, asupan Vitamin D otomatis berkurang. Inilah saatnya kita harus tingkatkan konsumsi makanan yang kandungan Vitamin D-nya tinggi, seperti ikan salmon, daging sapi dan kuning telur. Sayur-mayur berdaun hijau juga banyak mengandung Vitamin A dan Vitamin K yang baik untuk tulang. Perhatikan agar tak mengonsumsi suplemen Vitamin A terlalu banyak ya, karena ternyata overdosis Vitamin A malah bisa meningkatkan risiko osteoporosis! Asupan harian maksimal yang disarankan untuk Vitamin A adalah 3000 mikrogram untuk orang dewasa baik itu pria maupun wanita - cek dulu berapa banyak kadar Vitamin A di dalam makanan atau suplemen pada kemasan. 

Empat Sehat Lima Sempurna

Pernah ingat ketika kecil dulu, kita diajari soal "Empat Sehat Lima Sempurna" di sekolah? Anjuran ini ternyata benar, lho. Terapkan menu makan seimbang dengan "Empat Sehat Lima Sempurna" - konsumsi makanan seimbang setiap hari, yaitu makanan pokok seperti nasi, roti dan pasta, lauk-pauk, sayur-sayuran, buah-buahan dan makanan yang berasal dari susu sapi - dapat membantu menjaga seimbangnya asupan mineral, serat dan vitamin yang bermanfaat bagi tulang.

Utamakan makanan yang rendah kalori dan rendah lemak, contohnya, susu skim, yoghurt bebas gula, dan gandum utuh. Juga, utamakan hidangan yang dimasak sendiri di rumah dan dibuat dari bahan-bahan segar - sebaliknya, kurangilah konsumsi daging yang sudah diproses (misalnya kornet, nugget dan sosis), berbagai makanan yang mengandung lemak jenuh dan berkadar gula tinggi (minuman kemasan yang manis, berbagai kue dan permen), serta yang mengandung banyak garam dan zat aditif (berbagai keripik atau snack dalam kemasan).

Perkuat dengan olahraga

Tak perlu harus sampai angkat beban berat di gym untuk memperkuat tulang. Segala sesuatu yang berkaitan dengan berdiri, merupakan olahraga bagi tulang. Berjalan, berlari atau berdansa juga memberikan waktu olahraga bagi tulang kita. Pun, tak perlu ekstrim juga - jalan sehat atau lari pagi selama 20 menit, tiga kali seminggu sudah cukup untuk memperkuat tulang.

Hindari merokok dan minum alkohol

Semua usaha baik untuk memperkuat tulang di atas, dapat dengan mudah dirusak oleh merokok, konsumsi alkohol atau terlalu banyak kafein. Jadi, bila kita benar-benar ingin memiliki tulang yang sehat, cobalah untuk mengurangi minum kopi dan alkohol sampai ke batas minimum!

Cari tahu lebih banyak cara untuk selalu sehat dan awet muda dengan membaca tips mengenai cara melatih otak seiring bertambahnya usia dan tips selalu fit di atas umur 50 tahun

 

Cara terbaik untuk menjaga diri dan kesehatanmu adalah dengan memastikan kamu terlindungi dalam setiap situasi. Cari tahu bagaimana solusi asuransi kesehatan Generali dapat menjaga agar kamu dan keluarga selalu sehat dan bahagia, saat ini dan di masa depan nanti.

 

Bercita-cita untuk terus awet muda? Pelajari segalanya tentang bagaimana tetap sehat di usia lanjut dan tips untuk selalu awet muda disini

Tetap sehat, eksis dan hits di usia tua

Life begins at 50: 4 cara tetap fit di usia tua

Cara-cara melindungi kesehatan otak setiap hari

Ingin sehat di usia lanjut? Rawat pencernaanmu!