Tips Parenting: menabung untuk pendidikan anak di masa depan

Rabu, 26 Mei 2021
Langkah mudah menabung untuk masa depan anak

Sebagai orangtua, kita tentunya selalu menginginkan yang terbaik untuk si buah hati. Mempersiapkan masa depan anak, termasuk biaya kuliahnya kelak, bukan hal yang dapat disepelekan. Dengan selalu meningkatnya inflasi, biaya pendidikan anak di masa depan ini butuh perencanaan yang matang.

Selain uang pendaftaran hingga biaya kuliah di universitas, biaya-biaya hidup lainnya pun juga akan dibutuhkan oleh anak saat menempuh pendidikan lanjut. Bagaimana melakukan semua ini dengan mudah? Ikuti langkah-langkah yang tepat untuk menabung biaya kuliah anak mulai dari sekarang.

Mulai tabungan investasi sedini mungkin

Menabunglah sedini mungkin. Sejak masih muda dan dalam usia produktif. Saran ini pun dapat diterapkan untuk para orangtua, meski anak masih kecil, mulai tabungan pendidikan dari sekarang. Tidak ada kata terlalu cepat untuk mulai.

Sedikit demi sedikit akhirnya menjadi bukit. Orangtua dianjurkan untuk memulai tabungan saat anak lahir, dalam rentang waktu delapan belas tahun hingga anak akan kuliah nanti, supaya jumlah tabungan juga cukup signifikan.

Mulailah dengan membuka rekening tabungan khusus si anak yang baru lahir. Rutin setorkan sejumlah uang ke dalam tabungan tersebut setiap bulannya, langsung dari pendapatan moms and dads sendiri.

Tabungan adalah salah satu strategi investasi berisiko terendah. Meski bunga kecil, tapi pokok tabungan tetap aman. Sisi negatifnya adalah bahwa tabungan berbentuk uang dapat tergerus inflasi. Bila tetap ingin menyimpan uang dalam tabungan tapi tetap mendapat hasil cukup baik untuk melawan inflasi, moms and dads bisa cek beberapa opsi investasi pendidikan untuk anak di tautan Generali berikut ini.

Hadiah ulang tahun berupa uang ketimbang mainan

Alih-alih memberikan hadiah ulang tahun berupa mainan – yang hanya akan berakhir memenuhi rumah saja – berikan hadiah ulang tahun berupa uang untuk anak.

Masukkan hadiah ulang tahun ini langsung ke tabungan mereka. Hadiah praktis berupa uang yang dapat mereka gunakan kelak, juga dapat diterapkan ke berbagai kesempatan spesial lainnya, seperti hadiah naik kelas, hadiah Lebaran ataupun Natal.

Untuk tabungannya sendiri, bukakan rekening di bank terpercaya yang menyediakan rekening khusus anak-anak. Ajak anak untuk turut serta saat pembukaan rekening dan perlihatkan jumlah uang di tabungan kepada mereka secara berkala.

Moms and dads juga dapat menginfokan rekening tabungan anak kepada kakek-nenek dan saudara-saudara semua, supaya mereka juga dapat turut berpartisipasi mengisi tabungan anak dengan hadiah berupa uang tabungan.

Beri anak uang saku untuk setiap tugas di rumah

Saat anak sudah cukup umur untuk menerima uang saku, ajak mereka untuk juga turut serta mengerjakan berbagai pekerjaan rumahan, seperti menyapu, mencuci piring atau memandikan binatang peliharaan. Beri mereka upah untuk setiap tugas di rumah.

Kemudian, ajak anak untuk membagi upah yang mereka terima menjadi dua bagian: separuh untuk dimasukkan ke tabungan, separuhnya lagi yang dapat digunakan untuk jajan.

Memberikan uang saku setelah anak mengerjakan tugas rumahan adalah langkah baik untuk mengajari mereka sejak dini tentang nilai-nilai uang. Juga mengajari mereka bahwa uang tidak jatuh begitu saja dari langit, apa yang mereka dapatkan adalah hasil pekerjaan yang tidak didapat secara cuma-cuma.

Moms and dads juga bisa mengajak anak untuk melakukan garage sale, dimana mereka akan menjual barang-barang bekas seperti mainan, buku dan pakaian mereka yang sudah tak digunakan lagi.

Beri mereka kebebasan menggunakan uang di saat yang tepat

Saat anak sudah mencapai usia tujuh belas tahun, anak sudah dikategorikan “penduduk dewasa” dengan diterbitkannya Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi mereka. Nah, ini saatnya untuk memberikan mereka kebebasan menggunakan uang yang sudah tersedia di tabungan mereka.

Tentu saja, penggunaan uang ini harus diawasi dengan seksama oleh kita selaku orangtua mereka. Dan sudah menjadi tugas orangtua untuk mengajari tanggungjawab atas uang kepada anak – kebebasan menggunakan uang di tabungan bukan berarti menghambur-hamburkannya dengan sia-sia.

Beri perlindungan terbaik untuk anak, sekarang dan di masa depan nanti

Berikan jaring perlindungan terbaik untuk anak kita, sekarang dan di masa depan nanti, dengan iPlan, solusi komprehensif dari Generali Indonesia.

Mau tahu lebih lanjut tentang iPlan? Kamu bisa klik link tautannya disini, atau kontak agen Generali terdekat untuk konsultasi sebelum menentukan pilihan opsi asuransi yang terbaik untukmu dan keluarga.

Tuntun anak-anak ke jalan hidup yang sukses dan bahagia lewat tips dan trik penting kami untuk semua umur:

Lupakan minuman manis penuh gula! 9 trik agar anak banyak minum air putih

Yuk, ajak anak untuk olahraga lari supaya lebih sehat dan aktif

Tips agar anak tak rewel di perjalanan saat mudik Lebaran

Cara mudah membantu anak sukses ulangan di sekolah

Tabungan Terbaik untuk Anak: Kenali Fitur-fiturnya

 

Twitter Copy: Bagaimana mempersiapkan yang terbaik untuk anak, termasuk biaya kuliahnya? Ini langkah-langkah tepat bagaimana kita menabung untuk biaya kuliah anak [insert url here]

Facebook Copy Mempersiapkan masa depan termasuk biaya kuliah anak butuh perencanaan yang baik. Ini langkah-langkah tepat bagaimana kita menabung untuk biaya kuliah anak [insert url here]

Agent Copy: Sebagai orang tua, tentu kita ingin memberi yang terbaik untuk anak. Mempersiapkan masa depan termasuk biaya kuliah anak butuh perencanaan yang baik. Ini langkah-langkah tepat bagaimana kita menabung untuk biaya kuliah anak [insert url here]

LinkedIn Copy: Preparing for the future is key when it comes to helping children cover their tuition fees and the associated costs of university. This is how to do it [insert url here]