Ketakutan saat naik mobil? Apakah kamu terkena amaxophobia?

Jumat, 4 Juni 2021
Penjelasan lengkap mengenai amaxophobia, ketakutan saat naik mobil

Ada ribuan jenis phobia / fobia di dunia ini, dan amaxophobia adalah salah satu yang paling tidak terkenal. Meskipun fobia jenis yang satu ini kurang ngetop, bukan berarti tidak banyak penderitanya, lho!

Malahan, di seluruh dunia, banyak sekali orang yang menderita amaxophobia, tapi tidak menyadarinya sama sekali. Amaxophobia adalah rasa ketakutan saat naik atau mengendarai mobil. Bagaimana cara mengatasi gangguan amaxophobia? Baca selengkapnya di sini, ya! 

Amaxophobia itu apa sih?

Dari bahasa Yunani, amaxo berarti alat angkutan (zaman dahulu kala, diartikan sebagai kereta kuda, sedangkan zaman now diartikan mobil) dan fobia artinya rasa takut.

Jadi, secara harafiah amaxophobia memang dapat diartikan: merasa takut naik mobil. Orang yang menderita amaxophobia merasa takut saat naik mobil, baik itu sebagai penumpang, apalagi sebagai pengemudinya!

Ternyata, orang dengan amaxophobia, bukan takut pada mobil, tapi takut kehilangan kontrol saat menyetir maupun saat disetiri orang lain. Kebanyakan penderita amaxophobia juga menderita gangguan kecemasan lainnya atau tingkat kecemasan yang lebih tinggi dari rata-rata. 

Penyebab dan gejala-gejala penderita amaxophobia

Beberapa penyebab munculnya amaxophobia

Tak ada orang yang lahir dengan fobia bawaan. Berbagai pengalaman hidup, kenangan buruk, atau kecemasan akut, menjadi pencetus ketakutan bagi sebagian orang.

Amaxophobia sering dikaitkan dengan pengalaman trauma buruk yang melibatkan mobil – contohnya, umum sekali pada orang yang pernah mengalami kecelakaan lalu lintas untuk lantas menderita gejala amaxophobia. Ingatan akan kejadian buruk tersebut menjadi semakin meningkat ketika mereka naik ke dalam mobil dan terjadilah serangan panik akut tersebut.

Jangan kuatir, seperti kebanyakan fobia lainnya, ada banyak terapi yang dapat membebaskan kita dan mengajari untuk berdamai dengan diri kita sendiri, memaafkan hati kecil dan kemudian menyembuhkan trauma tersebut.

Gejala amaxophobia juga meningkat saat cuaca semakin buruk atau keadaan jalanan gelap. Penderita amaxophobia pun akan semakin dilanda kepanikan tingkat tinggi saat diharuskan menyetir atau berkendara di tempat asing yang belum pernah disinggahi sebelumnya, atau menempuh rute lewat jalan lain yang jarang dilewati.

Apa saja gejala-gejala amaxophobia?

Amaxophobia dapat menampilkan berbagai wajah tergantung situasi.

Beberapa tanda-tanda yang paling umum dirasakan penderitanya adalah jantung berdebar-debar karena detakan lebih cepat, sakit nyeri di dada, berkeringat berlebihan dan merasa pusing seperti ingin pingsan.

Bahkan, kadang-kadang gejala ini termanifestasi tak hanya saat berada dalam mobil saja, tapi juga saat membayangkan diri sedang berada dalam kendaraan!

Sering juga para penderita amaxophobia membayangkan kejadian terburuk. Khayalan-khayalan mengerikan yang berkisar seputar kecelakaan lalu lintas, seperti mobil terbalik, ditabrak truk dari belakang, kehilangan kendali kemudi lalu menabrak pohon, ataupun ban selip dan jatuh ke jurang.

Para penderita amaxophobia pun sangat umum membayangkan orang-orang terdekat dan keluarga tercinta mereka mengalami kecelakaan tersebut – dan berakhir kepanikan serta merasa depresi berkepanjangan. 

Bagaimana mengatasi rasa takut naik kendaraan?

Seperti halnya berbagai jenis fobia lainnya, dan rasa ketakutan yang bersifat psikologis dan mengganggu karena sudah terlalu akut, ada macam-macam teknik relaksasi yang bisa membantu mengatasi amaxophobia.

Latihan pernapasan dan melatih visualisasi positif

Saat serangan ketakutan melanda, cobalah untuk memejamkan mata sejenak, mengatur napas, tarik dan buang napas, menghitung angka dari satu hingga sepuluh dan sebaliknya, dan bayangkan bahwa kita sudah sampai di tempat tujuan dengan selamat sentosa tanpa kurang suatu apapun.

Visualisasi positif bahwa kita bisa naik mengendarai mobil dan tetap sampai dengan selamat di tempat tujuan ini akan membantu mempengaruhi pikiran alam bawah sadar kita untuk meyakinkan diri, “oh, saya baik-baik saja, jadi tidak perlu takut naik mobil lagi.”

Memang latihan pernapasan serta visualisasi positif ini tidak bisa langsung menyembuhkan ketakutanmu naik mobil, apalagi bila gangguan amaxophobia sudah berlangsung cukup lama sampai bertahun-tahun.

Tapi, dengan rajin latihan teratur, pelan-pelan kita akan mulai mengurangi rasa takut naik mobil sedikit demi sedikit.

Latihan yoga dan meditasi

Yoga dan meditasi dikenal dapat membantu merelaksasi tubuh dan pikiran, mengajarkan otak untuk fokus dan memusatkan diri mencapai tujuan yang diinginkan. Apalagi, tak hanya sekedar mengatasi fobia saja, keduanya baik untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Bila ingin mulai dari rumah sendiri, cobalah cari di internet – ada berbagai macam channel YouTube yang membantu kita memulai latihan yoga serta meditasi secara online dan tentunya mudah diikuti.

Rasa takut sudah terlalu mengakar? Minta bantuan nakes

Bila berbagai cara terapi mandiri sudah dilakukan, namun rasa takut sudah terlampau kuat mengakar dalam diri, maka sudah saatnya meminta bantuan tenaga kesehatan.

Berani mengakui bahwa membutuhkan bantuan terapi dengan tenaga medis profesional sudah membawa kita satu langkah lebih dekat ke arah penyembuhan, lho! Jadi, jangan malu atau segan mencari nakes yang tepat, lantas menjalankan terapi lewat diskusi dengan psikolog atau psikiater di rumah sakit terdekat. Nakes dapat membantu memberi perspektif serta sudut pandang lebih obyektif dan membantu mengobati rasa ketakutan tersebut setelah menemukan akarnya.

Apakah amaxophobia atau fobia lainnya dapat sembuh?

Tentu saja! Dengan bantuan terapi dan pembiasaan diri, lambat laun amaxophobia (dan berbagai jenis fobia lainnya) pun bisa diatasi. Tentunya, jangan memforsir diri untuk langsung bisa menghilangkan rasa ketakutan berlebihan ini, ya. Biarkan proses penyembuhan berjalan pelan-pelan dan seiring berlalunya waktu, mulai latih diri untuk berkendaraan sesekali sampai bisa mengendalikan fobia ini.

Keluarga, sahabat, pasangan atau orang terdekat sepertinya mengalami gejala amaxophobia? Jangan coba tangani sendiri, langsung ajak mereka meminta bantuan tenaga medis profesional, ya!

Perlindungan menyeluruh untuk masa kini dan masa depan

Persiapkan jaring proteksi yang akan memberikan perlindungan menyeluruh bagi kita dan keluarga, serta semua orang-orang tercinta.

Pilih iPlan, solusi komprehensif dari Generali Indonesia yang merupakan asuransi jiwa dengan benefit pertanggungan asuransi kesehatan sekaligus kecelakaan. Klik disini untuk tahu lebih lanjut mengenai iPlan.

 

Selalu PD menghadapi jalan raya dengan mengikuti artikel-artikel penting kami seputar keamanan berkendara:

Penting! Bagaimana menyimpan mobil dengan aman?

Amankan mobilmu dari pencurian dengan beberapa GPS harga terjangkau ini

Cara sederhana merawat ban mobil supaya aman dan awet selalu

Langkah mudah jaga kondisi mobil agar tetap prima

Cara sederhana merawat ban mobil supaya aman dan awet selalu