6 Tips Memakai Uang THR Supaya Berfaedah

Healthy Lifestyle Sabtu, 3 Juli 2021
6 Tips Memakai Uang THR Supaya Berfaedah.png

Hari Raya Idul Fitri merupakan hari besar yang ditunggu dan siap disambut oleh umat Islam. Menjelang hari raya, perusahaan atau tempat kita bekerja akan mencairkan Tunjangan Hari Raya atau yang biasa disebut dengan THR.

Biasanya, kebanyakan orang akan menggunakan THR ini untuk berbelanja kebutuhan untuk dirinya atau untuk keluarganya menjelang hari raya. Namun, tidak sedikit juga orang yang menggunakannya untuk berinvestasi atau menabung.

Pilihan setiap orang untuk menggunakan THR-nya dapat berbeda-beda. Jika tidak dikelola dengan baik, THR yang diterima akan habis begitu saja tanpa kamu rasakan manfaatnya. Lalu, bagaimana caranya menghabiskan uang THR dengan tepat? Bagaimana cara mengatur dan menghemat uang THR? Simak ulasan berikut.

Menghabiskan uang dengan bijak dan tepat pada dasarnya berarti memaksimalkan uang yang kamu miliki sesuai dengan kebutuhanmu. Menjalani gaya hidup hemat dengan menerapkan berbagai cara-cara cerdas untuk menghemat uang THR adalah contoh penggunaan uang dengan bijak. Beberapa tips menghabiskan uang THR secara bijak yaitu:

1. Kenali Keadaan Keuangan Sendiri

Sebelum kamu mencari tahu cara menggunakan uang dengan lebih bijak, kamu harus memahami terlebih dahulu kemana saja kamu mengeluarkan uang tersebut. Buatlah anggaran dan lacak pendapatan serta pengeluaranmu.

Setelah kamu mengetahui kemana perginya uangmu, kamu dapat mulai mencari peluang untuk menggunakan uangmu dengan lebih baik. Pemantauan pengeluaran yang kamu lakukan sebaiknya menyeluruh, baik pengeluaranmu melalui transaksi online maupun offline.

2. Pertimbangkan Untung dan Rugi Sebelum Belanja

Mengeluarkan terlalu banyak uang untuk berbelanja sesuatu yang tidak diperlukan merupakan suatu bentuk keputusan yang impulsif. Sebelum kamu membeli sesuatu, pikirkan terlebih dahulu pengaruhnya terhadap dampaknya di masa depan.

Tanyakan hal ini pada dirimu. Apakah barang ini diperlukan? Apakah hal ini akan membuat kamu memiliki hutang? Apakah nilai atau manfaat yang kamu peroleh sepadan dengan biaya yang kamu keluarkan?

3. Bayar Kewajiban Dulu!

Ketika kamu mendapatkan dana tambahan seperti THR, sebaiknya kamu mengalokasikan dana tersebut untuk membayar kewajiban yang kamu miliki terlebih dahulu.

Kewajiban ini misalnya adalah membayar hutang serta cicilan yang kamu miliki. Dengan membayar kewajiban terlebih dahulu, kamu dapat membantu sedikit meringankan beban finansial yang harus kamu tanggung.

4. Jangan Kalap Belanja Sebelum THR di Tangan

Oleh karena kita sadar akan mendapatkan THR menjelang hari raya Idul Fitri, secara sadar atau tidak, kita cenderung akan melakukan pengeluaran lebih dari anggaran kita sebelum menerima THR. Hal ini terjadi karena kita berpikir pengeluaran tersebut akan tertutup dengan THR yang kita terima.

Sebaiknya, dengan adanya dana tambahan seperti THR ini, kamu bisa menambah jumlah investasi dan dana darurat. Menerima THR bukan berarti kamu juga menambah pengeluaranmu.

Memberikan hadiah kepada diri sendiri memang tidak ada salahnya, namun pengeluaranmu tetap harus terkontrol. Hal ini merupakan salah satu tips mengatur uang THR. 

5. Buat Skala Prioritas

Jika kamu akan berbelanja, sebaiknya buatlah terlebih dahulu daftar kebutuhan yang perlu kamu beli. Tentukan juga anggaran yang kamu bisa keluarkan untuk setiap barang yang akan kamu beli. Tujuan melakukan hal ini adalah untuk menghindarkan kamu dari membeli barang-barang yang bukan merupakan prioritas.

Saat berbelanja, usahakan untuk membeli barang yang sesuai dengan daftar yang kamu buat. Perencanaan kebutuhan belanja ini dapat membantu kamu untuk mengurangi pengeluaran yang kurang perlu.

6. Tabung Dulu Dibanding Belanja

Sebagian orang memiliki kesenangan untuk menabung atau mengatur alokasi keuangannya. Namun, sebagian yang lain memiliki kesulitan untuk menabung atau lebih senang menggunakan uangnya untuk berbelanja.

Jika kamu termasuk kelompok yang kedua, mungkin kamu perlu mencoba untuk mulai menabung atau mengatur alokasi keuangan terutama pendapatan ekstra seperti THR.

Usahakan untuk tidak membeli hal-hal yang tidak bermanfaat bagi kamu. Pendapatan ekstra tersebut dapat disiapkan untuk dana darurat, tabungan, hingga investasi. Pada akhirnya, dana yang kamu alokasikan untuk investasi atau dana yang kamu hemat hampir selalu dapat bermanfaat bagi hidupmu di kemudian hari. 

Nah, setelah membaca ulasannya, bagaimana pendapatmu? Apakah kamu dapat menghabiskan uang THR secara bijak? Setiap orang memiliki prioritas dan caranya sendiri untuk mengatur keuangan mereka. Pilihlah cara yang paling sesuai dengan kebutuhanmu untuk mengatur keuangan kamu. Gunakanlah uangmu secara bijak, agar kamu dapat merasakan manfaatnya di masa depan.