Jaga sistem imun tetap aktif lewat opsi sehat saat Idul Adha

Jumat, 16 Juli 2021
Jaga sistem imun tetap aktif lewat opsi sehat saat Idul Adha.jpg

Idul Adha identik dengan makanan bertema daging, baik itu kambing maupun sapi hasil kurban. Saat Lebaran Haji yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah setiap tahunnya, umat Islam yang masuk dalam kategori mampu akan memberikan hewan kurban untuk disembelih, sebagai peringatan dari semangat pengorbanan Nabi Ibrahim.

Hari Raya Idul Adha di tengah pandemi

Tahun 2021 ini merupakan tahun kedua kita merayakan Hari Raya Idul Adha di tengah pandemi. Bila kamu beragama Islam dan akan merayakan Lebaran Haji, jangan lupa untuk tetap selalu menjaga sistem imun supaya tetap aktif. Caranya mudah saja kok, yaitu dengan memilih opsi-opsi yang lebih sehat saat perayaan ini tiba.

Rayakan dengan hidangan yang lebih sehat

Hidangan berbahan dasar daging kambing dan sapi sering dikaitkan dengan kolesterol serta darah tinggi yang disebabkan oleh lemak. Tapi sebetulnya ini bisa disiasati. Ini beberapa pilihan bijaksana yang lebih sehat dan mudah diterapkan saat Idul Adha kali ini.

1. Hindari konsumsi jeroan berlebihan

Jeroan seringkali masuk dalam daftar larangan makanan yang boleh sering dikonsumsi, karena mengandung kolesterol dan purin di dalamnya. Hindari menyantap jeroan, seperti babat, usus dan hati terlalu banyak supaya kadar kolesterol tidak melonjak naik setelah selesai perayaan Lebaran Haji.

2. Pilih bagian daging yang tidak terlalu berlemak

Pilih bagian daging hewan kurban yang paling rendah lemak. Dari tubuh kambing, pilih bagian yang mengandung paling sedikit lemak, misalnya bagian paha atas maupun has dalam. Demikian pula dengan daging sapi, pilih bagian leher, sirloin atau tenderloinnya. Kalau pun mengolah daging berlemak, sedapat mungkin buang bagian lemak saat membersihkan daging.

3. Hindari hidangan bersantan

Mayoritas orang Indonesia pasti setuju bahwa gulai daging sapi maupun kari kambing rasanya sangat enak. Tapi, santan yang biasa digunakan untuk membuat hidangan ini dapat meningkatkan LDL, yang kerap kali disebut "kolesterol jahat" dalam darah. Tingkat LDL yang tinggi dapat menaikkan risiko penyakit jantung dan kardiovaskuler, serangan stroke, memicu kenaikan berat badan, alergi dan berbagai masalah pencernaan.

Alih-alih membuat makanan "berat" dengan kuah santan kental, sajikan daging dalam bentuk hidangan lebih rendah lemak seperti sate, sop dengan tambahan sayuran, atau dibuat roast alias daging panggang oven dengan bumbu barbekyu. Jauh lebih sedikit kalorinya dan sekaligus bebas santan.

4. Ganti karbohidrat dengan sayuran

Alih-alih makan nasi kebuli, gantilah asupan karbohidrat dengan sayuran segar. Lalapan kol dan kemangi, acar timun, tumis buncis ataupun sayur selada serta tomat, jauh lebih sehat untuk menemani hidangan daging-dagingan ketimbang makanan pokok berkarbohidrat seperti nasi dan mie.

5. Minum minuman bebas gula dan soda

Untuk menemani hidangan berbahan dasar daging yang disajikan, minumlah minuman bebas gula dan soda. Teh panas atau es teh dengan lemon, infused water dengan irisan timun dan apel, atau air putih saja sudah cukup.

Sebaiknya kamu pun hindari minuman penuh gula dan soda. Sebab, soda ternyata mengandung kafein dalam jumlah yang sangat tinggi, apalagi bila ditambah gula di dalamnya.

Manfaatkan waktu WFH dan hari libur untuk berolahraga

Berolahraga dapat membuat sistem kekebalan tubuh bekerja lebih baik. Meski sedang periode hari raya, tetaplah rajin gerak badan. Manfaatkan waktu WFH dan hari libur justru untuk berolahraga dan beristirahat cukup.

Gym tutup? Tidak masalah, kamu bisa lakukan lompat tali / skip rope, lari keliling kompleks dengan tetap pakai masker serta jaga jarak, atau lakukan latihan olahraga di rumah sendiri dengan bantuan coach dari YouTube.

Lalu, ajak seluruh keluarga untuk ikut olahraga bersama, supaya kegiatannya semakin fun. Untuk kamu yang suka main video game, kamu bisa mainkan 7 Minute Superhero, game ponsel yang menggabungkan permainan sekaligus fitness berbasis Android, atau Zombies, Run! yang bisa diunduh di ponsel berbasis iOS maupun Android. Untuk yang menggemari Nintendo Switch, Ring Fit Adventure cocok untuk gerak badan yang dinamis sekaligus melatih berbagai bagian otot tubuh dengan intens lewat berbagai cara, mulai dari lari-lari kecil, pose yoga sampai core bodyweight training.

Kemudian, jangan lupa tidur yang cukup setelah selesai berolahraga, karena salah satu faktor penting penunjang kesehatan serta penambah kekebalan tubuh adalah istirahat dengan kualitas yang baik.

Dibawa senang dan santai saja

Yang terakhir, karena bagaimanapun juga periode hari raya memang waktu untuk bersantai, tidak perlu terlalu ngoyo, ya. Cukup dibawa senang dan santai-santai saja, nikmati waktu bersama keluarga. Dan sedikit-sedikit melakukan cheat meal tidak apa-apa, asalkan tidak kelewat berlebihan tentunya!

Perlindungan tak ternilai untuk kesehatanmu

Kesehatan adalah salah satu hal yang begitu berharga dalam hidup. Memiliki kesehatan yang prima tak ternilai harganya.

Inilah alasan mengapa kamu harus menciptakan jaring proteksi milikmu sendiri untuk menjaga agar kesehatanmu selalu terlindungi. Yuk, mulai proteksi diri dan kesehatanmu lewat dukungan iPlan dari Generali Indonesia.

iPlan adalah solusi asuransi jiwa yang komprehensif, dengan benefit tambahan perlindungan kesehatan yang bisa kamu mulai segera, hari ini juga. Ambil keputusan bijak untuk lindungi dirimu bersama iPlan sehingga masa depan pun selalu aman dan cemerlang.

Bila kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai iPlan, klik di sini.

Lindungi orang-orang yang paling kamu cintai dalam setiap langkah hidup dengan tips penting kami seputar keamanan dalam rumah tangga:

Cara Menjaga Kesehatan Saat Berpuasa, Apa Saja?

7 Menu Jajanan Sehat untuk Berbuka Puasa

Tips agar anak tak rewel di perjalanan saat mudik Lebaran

 

Facebook Copy: Bila kamu beragama Islam dan akan merayakan Lebaran Haji, jangan lupa untuk tetap selalu menjaga sistem imun supaya tetap aktif dengan membuat pilihan yang lebih sehat. Bagaimana caranya? Ikuti selengkapnya di artikel berikut ini [insert url here]

Twitter Copy: Hari Raya Idul Adha identik dengan makanan kalori tinggi dan penuh lemak. Untuk selalu jaga sistem imun tubuh tetap aktif, pilih opsi-opsi yang lebih sehat. Yuk, baca selengkapnya di artikel berikut ini [insert url here]

Agent Copy: Jaga agar tubuh tetap fit dan sistem kekebalan tubuh tetap aktif saat Idul Adha di tengah masa penebalan PPKM dengan berbagai opsi sehat yang bisa kamu pilih. Ikuti selengkapnya di artikel berikut ini [insert url here]

LinkedIn Copy: Idul Adha di tengah penebalan PPKM, tetap jaga sistem imun selalu aktif dengan opsi yang lebih sehat, baik dalam beraktivitas maupun dalam memilih hidangan [insert url here]