Staycation sambil tetap perhatikan prokes: yes please!

Senin, 19 Juli 2021
Staycation during pandemic.png

Sudah lebih dari setahun dunia dilanda pandemi. Sebagai manusia biasa, ada kalanya kita merasa jenuh, dan ini tentunya normal. Sebagai manusia biasa, kita perlu hiburan.

Nah, bagaimana dengan kamu? Apakah rasa-rasa ingin liburan sedang melanda pikiranmu? Nah, staycation mungkin bisa jadi jawabannya. Selain ramah di kantong, staycation juga memungkinkan kamu untuk tetap lakukan WFH (Work from home), dengan tempat dan suasana baru yang justru menyegarkan pikiran dan bisa memacu kreativitas serta produktivitas dalam bekerja.

Saat keluar negeri tak lagi memungkinkan, tengoklah tujuan-tujuan staycation di sekitarmu. Selain mudah dicapai, kamu pun bisa manfaatkan kesempatan ini untuk lebih bersantai.

Ini beberapa tipsnya, yang tentunya menganjurkan kamu-kamu semua untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan dan melakukan pembatasan sosial, ya.

Persiapan protokol kesehatan sebelum berangkat

Sebelumnya, cek dulu mau staycation dimana. Cari penginapan yang memungkinkan kamu tidak terlalu banyak berinteraksi dengan orang lain di luar teman seperjalanan, atau bila memungkinkan, homestay sewa villa dengan pekarangan luas yang letaknya cukup jauh dari keramaian.

Setelah itu, pilih jenis transportasi yang akan digunakan: mobil pribadi, bus travel, kereta api, atau pesawat terbang? Pastikan kamu sudah memahami ketentuan tes kesehatan yang diperlukan untuk menggunakan transportasi tersebut. Minimalisir penggunaan transportasi publik, gunakan kendaraan pribadi jika memungkinkan, apalagi kapal terbang, hanya gunakan penerbangan bila benar-benar perlu saja.

Nah, bila sanitasi cukup dilakukan dengan menggunakan dua lapis masker, cuci tangan dengan alkohol serta menjaga jarak bila menggunakan bus atau kereta api, naik pesawat akan mengharuskan kamu melakukan tes antigen maupun PCR, dan di saat penebalan PPKM Mikro darurat 3-20 Juli 2021, sertifikat vaksinasi harus pula menyertai perjalananmu.

Ini semua penting dilakukan, supaya risiko penularan Covid-19 tetap dapat diminimalisir.

Cari daerah dengan alam yang asri di pegunungan atau pedesaan

Nah, ini rasanya pas untuk mengganti suasana dari perkotaan, ya. Bila kamu termasuk warga Jakarta, staycation di lokasi terdekat seperti Puncak, Bogor dan sekitarnya bisa jadi pilihan pas untuk menjernihkan pikiran sekaligus semi berlibur.

Hindari kawasan perkotaan yang ramai dan padat penduduk. Cari tahu apakah di sekitar penginapanmu ada obyek wisata alam yang menarik. Danau, pantai, gunung, air terjun, perkebunan teh? Idealnya, kamu bisa mengunjungi obyek wisata alam ini saat sedang staycation.

Aktivitas seru di alam bebas

Bosan ke mall? Ya, staycation kali ini, cobalah untuk mencari aktivitas seru di alam bebas. Hiking ringan, naik sepeda, kemping di hutan, memetik teh, atau sekedar jalan-jalan di antara sawah?

Prioritaskan aktivitas di luar ruangan yang tak banyak pengunjungnya. Sehingga jarak tetap terjaga dan udara terbuka pun meminimalisir risiko penularan Covid-19. Lagipula, penelitian membuktikan bahwa beraktivitas di luar ruangan di daerah yang minimal polusi, akan membantu menaikkan imunitas tubuh lewat pancaran matahari dengan kandungan Vitamin D-nya.

Bawa bekal sendiri: lebih seru dan higienis

Siapkan bekal makanan dan minuman sendiri. Acara jalan-jalan akan lebih seru, dan hidangan yang disantap juga tentu lebih higienis. Selain itu, membawa bekal masakan sendiri membantu meminimalisir sampah plastik kemasan makanan siap saji.

Ajak keluarga atau teman terdekat

Menikmati liburan tentu lebih menyenangkan bersama keluarga atau teman terdekat. Pastikan semua peserta liburan sudah lakukan tes antigen sehingga jelas akan aman.

Mau challenge lebih lanjut? Coba tinggalkan ponsel pintar di penginapan dan tukar dengan kamera digital yang hanya punya fungsi mengambil gambar saja. Foto-foto yang banyak, tanpa harus dipamerkan di media sosial setiap saat. Nikmati momen-momen jalan-jalan staycation yang sesungguhnya tanpa harus terganggu segala macam bentuk distraksi dunia maya.

Jangan lupa bekali diri dengan perlindungan terbaik

Tentu saja, kemana pun tujuanmu untuk staycation kali ini, jangan pernah lupa untuk membekali diri dengan perlindungan yang terbaik. Generali siap membentengi kamu dengan perisai tangguh perlindungan asuransi kesehatan yang terbaik, sehingga kamu tetap merasa aman dan nyaman, dan bisa nikmati staycation dengan maksimal.

Mau tahu lebih lanjut mengenai berbagai opsi perlindungan kesehatan dari Generali Indonesia? Klik di tautan ini.

 

Jangan pernah lupakan hal-hal penting saat liburan dan temukan bagaimana menyiasati biaya berlibur agar optimal dengan tips-tips pintar kami untuk segala macam perjalanan:

Cara Menjaga Kesehatan Saat Berpuasa, Apa Saja?

7 Menu Jajanan Sehat untuk Berbuka Puasa

Daftar Packing Praktis untuk Travel Sekeluarga

Yang harus dilakukan saat maskapai menghilangkan koper kita

Liburan sekeluarga yang penuh kesan dan ramah bagi anggaran

Tips liburan lancar akhir tahun

Cara klaim asuransi ketika sakit atau kecelakaan saat sedang liburan di luar negeri