Hari Persahabatan Internasional: jaga komunikasi era pandemi

Senin, 16 Agustus 2021
Eine Mutter macht gemeinsam mit ihrem Baby einen Videoanruf

Sejak wabah pandemi Coronavirus COVID-19 melanda, lebih dari satu tahun sudah kita dipaksa hidup dalam kungkungan pembatasan sosial. Ya, meski tujuan pembatasan sosial sebetulnya baik, yaitu untuk menekan penyebaran virus sementara proses vaksinasi masih berjalan di seluruh negeri, sebagai makhluk sosial wajar tentunya kita terkadang merasa sedih dan kesepian karena jauh dari orang-orang tersayang.

Di kesempatan Hari Persahabatan Internasional yang jatuh pada 30 Juli, Generali Indonesia ingin mengajak kamu semua untuk selalu jaga komunikasi dengan orang-orang tersayang di era pandemi ini.

Pandemi membuat semakin banyak orang merasa kesepian

Snap Inc, perusahaan induk aplikasi SnapChat, melakukan survei di tahun 2020 terhadap lebih dari 2.500 responden Indonesia. Hasilnya, rata-rata orang Indonesia ternyata mempunyai satu sampai tiga sahabat terdekat.

Mayoritas orang Indonesia pun menyatakan bahwa mereka rajin memelihara komunikasi dengan teman-teman terdekat, dengan minimal beberapa kali telepon atau panggilan video dalam seminggu.

Meski begitu, Covid-19 dianggap telah mengakibatkan timbulnya rasa kesepian. 42% responden Indonesia menyatakan mereka merasa kesepian dengan diberlakukannya PSBB lalu PPKM, dibanding hanya 18% yang merasa kesepian sebelum pandemi. 51% dari responden Indonesia menyatakan alasan terbesar mereka merasa kesepian adalah fakta bahwa mereka tidak bisa ngumpul-ngumpul bersama teman terdekat.

Namun, mayoritas orang Indonesia yang mewakili 57% responden survei Snap Inc tersebut berpendapat bahwa COVID-19 tidak membawa pengaruh apapun pada persahabatan mereka, dan bahwa mereka tetap akrab, tak ada yang berubah dalam hubungan antar sahabat yang terpisah jarak. Hanya 29% dari responden yang menyatakan bahwa jarak secara fisik telah membuat hubungan persahabatan jadi renggang, karena tak dapat menghabiskan waktu bersama-sama sesering dulu sebelum pandemi.

Keep in touch dengan orang-orang tersayang itu penting

Berbagai ahli, psikolog, riset dan penelitian menegaskan pentingnya hubungan sosial, apalagi di masa pandemi saat ini. Apalagi dengan budaya Indonesia, yang sering bergurau mengatakan "mangan ora mangan sing penting ngumpul" (makan ataupun tidak, yang penting berkumpul), bicara lewat telepon, video call atau sekedar bertukar pesan instan menjadi sangat penting dalam menjaga tali persahabatan.

Satu hal yang dapat kita syukuri, pandemi Coronavirus COVID-19 ini terjadi di abad ke-21, dimana teknologi sudah luar biasa maju. Kita bisa dengan mudah menghubungi siapapun di belahan dunia manapun, hanya lewat ponsel pintar dalam genggaman tangan, tab pad ataupun komputer. Tidak seperti di tahun 90an bahkan awal tahun 2000, dimana teknologi internet masih terbatas.

Terutama, untuk kamu-kamu yang punya orangtua dan kerabat yang berusia lanjut, sangat penting bagi kita yang muda untuk selalu keep in touch dengan mereka. Selain untuk pastikan mereka sehat-sehat saja, juga agar mereka tak merasa kesepian.

Ini beberapa alat komunikasi terpenting untuk digunakan komunikasi dengan orang-orang tersayang di masa pandemi.

Video Call

Skype

Skype ini sudah ada dari awal tahun 2000an. Skype adalah salah satu pelopor teknologi video call dengan komputer. Saat ini, Skype sudah tersedia di perangkat ponsel pintar juga. Skype bisa digunakan untuk menelepon secara gratis ke sesama pengguna Skype. Selain itu, dengan tambahan fitur berbayar yang harganya cukup terjangkau, Skype juga bisa digunakan untuk menelepon nomor rumah atau ponsel internasional.

FaceTime

Khusus untuk sesama pengguna ponsel Apple, iPad dan komputer berbasis teknologi Mac, FaceTime gratis dan dapat digunakan untuk panggilan ke mana saja, internasional sekalipun. FaceTime juga mudah digunakan. Kekurangannya hanya satu, yaitu bahwa aplikasi ini hanya dapat digunakan sesama pengguna teknologi iOS saja.

Video Call dengan banyak orang sekaligus

Google Hangouts

Google Hangouts ini teknologi besutan Google. Gratis tanpa berbayar, Google Hangouts memungkinkan untuk kita melakukan video call dengan banyak orang sekaligus.

Sering digunakan untuk meeting antara kolega ataupun dengan klien, Google Hangouts memang terkesan lebih profesional – tapi, ternyata siapapun bisa menggunakannya, kok. Kamu hanya membutuhkan sebuah akun Google / Gmail, dan tidak harus menggunakan aplikasi – kamu bisa lakukan panggilan Google Hangouts lewat browser Chrome (yang juga milik Google).

Zoom

Zoom memberikan batas waktu 40 menit untuk panggilan video gratis – yang bisa digunakan dengan siapapun, termasuk orang-orang tersayang. Lebih dari 40 menit, kamu harus menggunakan fitur yang berbayar. Tapi, dengan Zoom kamu bisa melakukan video call dengan banyak orang sekaligus.

Kamu bisa unduh aplikasinya untuk ponsel, komputer atau tablet genggam untuk melakukan panggilan video via Zoom.

Voice Call dan Video Call dengan beberapa orang terdekat

WhatsApp

Selain merupakan aplikasi instan pengirim pesan, foto, video dan suara, WhatsApp juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan panggilan suara dan video. Pengguna WhatsApp bisa melakukan panggilan kepada satu pengguna lain maupun ke beberapa pengguna sekaligus.

WhatsApp merupakan aplikasi ideal untuk menelepon secara internasional, karena sambungannya menggunakan kuota koneksi internet dan tidak memakan pulsa bertarif internasional yang tentu jauh lebih mahal.

Facebook Messenger

Bagi pengguna Facebook, ada Facebook Messenger, aplikasi pengirim pesan instan gratis yang juga bisa digunakan untuk chatting, voice call maupun video call dengan satu atau banyak teman di Facebook.

Selain itu, Facebook Messenger punya fitur filter-filter lucu yang bisa memeriahkan acara ngobrol-ngobrolmu bersama sahabat terdekat!

Instagram

Sejak beberapa waktu lalu, Instagram DM / Direct Message juga punya fitur video call. Sesama pengguna Instagram yang sudah saling mengikuti satu sama lain, dapat menggunakan fitur video call ini untuk berkomunikasi bersama.

Jauh di mata, dekat di hati

Teknologi maju masa kini telah memberi kita begitu banyak cara mudah untuk menjalin komunikasi dengan orang-orang yang kita sayangi. Ajari orangtua dan keluarga yang sudah berusia lanjut untuk menggunakan teknologi supaya mereka tetap tersambung dengan kita lewat jalur digital, supaya keakraban terus terjalin.

Rahasia penting jaga kesehatan di masa pandemi: komunikasi dengan Doctor Leo

Di masa pandemi ini, jaga kesehatan jadi semakin penting. Untuk kamu yang tak ingin keluar rumah, Generali Indonesia sendiri punya fitur di dalam aplikasi ponsel Gen iClick khusus nasabahnya, yaitu fitur Doctor Leo. Fitur ekstra ini memungkinkan nasabah pemegang polis asuransi Generali Indonesia untuk dapat berkonsultasi secara gratis dengan Doctor Leo, via video call, voice call, atau live chat.

Doctor Leo dapat diakses melalui aplikasi Gen iClick (tersedia untuk ponsel berbasis Apple iOS dan Google Android Playstore).