Teknologi terkini agar selalu aman berkendara

Healthy Protection 24 Februari 2018

Sesuai pepatah, mencegah itu selalu lebih baik daripada mengobati. Dengan semakin banyaknya jumlah kendaraan, jumlah kecelakaan juga semakin meningkat. Lindungi dirimu sendiri dan orang lain dengan mengambil langkah pencegahan agar kamu tetap selamat sentosa dan mobil tetap dalam kondisi baik. Berikut ini beberapa aplikasi ponsel untuk membantumu selalu aman berkendara.

Tetap update mobilmu dengan teknologi terkini yang dapat mengecek apakah semua fungsi tetap berjalan baik, dan bisa memberikan peringatan bila ada masalah di mesin. Bahkan ada juga aplikasi yang bisa mengingatkan dimana kamu parkir tadi - cocok untuk parkiran multi-lantai yang sering membuat bingung.

Salah satu contoh teknologi pintar ini adalah Vinli, adaptor kecil khusus untuk mobil yang dapat diletakkan di dasbor - Vinli menghubungkan ponselmu dengan mobil, gunanya untuk selalu mengecek kondisi mesin dan mengingatkan kapan harus ganti oli. Vinli bisa dibeli di bengkel atau toko elektronik yang menjual asesoris mobil.

Ada juga aplikasi bernama EverDrive, yang dapat didownload secara gratis dan saat ini sedang populer di Jakarta. Fungsinya untuk memonitor kebiasaan menyetirmu, dengan mendata kecepatan rata-rata, saat-saat kita akselerasi, mengerem dan membelok. Aplikasi ini kemudian akan membuat skoring yang bisa kamu gunakan untuk memperbaiki kemampuan menyetirmu. Dengan aplikasi ini, kamu juga bisa ajak teman-teman dan keluarga untuk sama-sama join dan saling berkompetisi untuk menyetir dengan aman.

Ponsel merupakan salah satu benda yang bisa mengalihkan fokus saat menyetir - sulit memang untuk tak memperdulikan pesan-pesan yang masuk ataupun notifikasi medsos. Untuk mengatasinya, gunakan aplikasi gratis seperti TextNinja untuk mencegah perhatianmu teralihkan saat menyetir, dengan membuat ponselmu berpindah ke mode silent dan secara otomatis mengirim balasan pesan yang bisa kamu atur sendiri.

Salah jalan atau terjebak kemacetan? Hindari dengan aplikasi yang bisa membantu memilihkan rute perjalanan terbaik, contohnya Waze, yang akan secara otomatis mengkalkulasi waktu dan jarak tempuh terbaik untuk menghindari kemacetan. Aplikasi ini juga bisa memberikan informasi mengenai batas kecepatan dan menunjukkan dimana pom bensin terdekat.

Yang terakhir, tingkah laku pengemudi lain merupakan elemen eksternal yang tak dapat kamu kendalikan, maka, sangatlah penting untuk memiliki asuransi yang akan memberimu ketenangan kapanpun kamu bepergian dengan mengendarai mobil. 

 

Sedang berencana membeli mobil? Ukuran besar atau kecil? Model seperti apa yang pas untukmu? Cari tahu lebih banyak mengenai hal-hal penting seputar keamanan berkendara di jalan serta jenis-jenis mobil yang bisa kamu pilih, lewat berbagai tips di artikel-artikel kami

Langkah mudah jaga kondisi mobil agar tetap prima

Aman dan nyaman berkendara saat musim hujan melanda