Ketika kamu menjadi orang tua, memenuhi seluruh kebutuhan anak menjadi kewajiban kamu. Kebutuhan anak pun sangat beragam seiring tumbuh dan berkembangnya mereka. Salah satu kebutuhan anak yang wajib terpenuhi adalah untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

Menyiapkan biaya pendidikan anak harus menjadi prioritas kamu. Biaya pendidikan yang kerap meningkat tiap tahunnya membuat kamu harus mulai menyiapkan dana pendidikan untuk anak kamu sedini mungkin.

Kira-kira, berapa sih estimasi dana pendidikan yang harus kamu siapkan untuk anak kamu menempuh jenjang pendidikan hingga akhir? Baca selengkapnya disini. 

Estimasi Biaya Pendidikan SD

Sekolah dasar atau SD menjadi jenjang pendidikan wajib pertama yang anak kamu harus tempuh. Hal pertama yang kamu lakukan untuk menyiapkan dana pendidikan adalah untuk mengetahui estimasi biaya pendidikan. Di Indonesia, terdapat sekolah dasar dengan kurikulum dan sistem yang berbeda. Ada SD negeri, swasta, dan sekolah internasional.

Pada bagian ini, kami akan memberikan perkiraan biaya yang kamu perlu siapkan untuk menyekolahkan anakmu pada jenjang SD.

● Sekolah dasar negeri

Pilihan pertama adalah SD negeri. SD negeri menjadi pilihan yang cukup banyak diminati masyarakat karena sekolah ini dikelola pemerintah sehingga biaya pendidikannya terbilang jauh lebih terjangkau dibanding SD lainnya. Bahkan, ada beberapa pemerintah daerah yang telah membebaskan siswanya dari biaya-biaya apapun. Jadi, bisa dikatakan sekolah negeri gratis.

Tetapi berdasarkan perkiraan, biaya masuk SD negeri berkisar mulai dari 500 ribu hingga 3 juta rupiah, dan biaya bulanan atau SPP mulai dari 100 ribu hingga 300 ribu rupiah. Biaya-biaya ini tergantung kepada kebijakan sekolah masing-masing.

Jika dilihat dari perkiraan, biaya masuk SD negeri berkisar antara Rp500.000 hingga Rp3 juta, dengan biaya SPP mulai dari Rp100.000-Rp300.000. Namun, hal tersebut tergantung kebijakan sekolah masing-masing.

Karena dimiliki pemerintah, SD negeri menerapkan kurikulum standar nasional pendidikan (SNP).

●  Sekolah dasar swasta

Berbeda dengan SD negeri, sekolah swasta dikenal dengan biaya yang relatif mahal. Tetapi, dengan biaya yang mahal ini terbayarkan dengan fasilitas yang juga berkualitas.

Untuk perkiraan biaya SD swasta berkisar di angka 20 hingga 50 juta rupiah. Biaya ini juga mencakup tenaga pengajar yang mumpuni dan cara ajar yang mendukung siswanya untuk lebih aktif.

● Sekolah dasar internasional

Hampir mirip dengan sekolah swasta, sekolah bertaraf internasional juga termasuk ke sekolah yang memiliki biaya masuk yang cukup mahal. Biaya masuk sekolah saat ini internasional menyentuh angka ratus juta rupiah.

Metode ajar yang digunakan sekolah internasional yaitu kurikulum international Baccalaureate, Cambridge, dan lainnya. Bahasa pengantarnya pun juga menggunakan bahasa asing.

Estimasi Biaya Pendidikan SMP

Jenjang pendidikan selanjutnya yang dapat ditempuh anak kamu yaitu sekolah menengah pertama atau SMP. Secara garis besar, perkiraan biaya masuk SMP hampir mirip dengan sekolah dasar, tentunya dengan nominal yang berbeda. Kami akan memberikan perkiraan harga yang dapat menjadi patokan untuk menyiapkan berapa biaya sekolah yang diperlukan pada jenjang SMP saat ini.

Faktanya, setiap sekolah sudah pasti memiliki pengaturan biaya yang berbeda-beda, jadi biaya yang harus kamu keluarkan di SMP A dan B sudah pasti tidak sama.

Saat ini, rata-rata biaya yang dikeluarkan untuk masuk SMP bisa berkisar antara 3 sampai 10 juta, dan biaya SPP yang berkisar antara 150 ribu hingga 1 juta per bulannya.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, biaya pendidikan ini bisa sangat bervariasi tergantung sekolah yang kamu pilih.

Estimasi Biaya Pendidikan SMA

Terakhir, jika ingin memenuhi anjuran pemerintah untuk melakukan wajib belajar 12 tahun, maka anak kamu harus menempuh pendidikan terakhir pada jenjang sekolah menengah atas atau SMA.

Dengan acuan perhitungan yang sama dengan jengan SD dan SMP, biaya pendidikan saat SMA juga mengacu pada jenis sekolahnya sendiri. SMA negeri umumnya lebih murah bahkan cenderung gratis, dengan menerapkan kurikulum berdasarkan sistem pendidikan nasional.

Kemudian, SMA swasta cenderung lebih mahal dibandingkan sekolah negeri. Biaya masuknya berkisaran pada angka 10 sampai 100 juta rupiah. Tetapi fasilitas yang tersedia di SMA swasta umumnya sangat berkualitas yang dapat mendukung perkembangan siswanya.

Jenis SMA terakhir yaitu SMA bertaraf internasional. Biaya masuk SMA internasiona dipatok pada angka ratusan juta, dan umumnya menerapkan kurikulum internasional dan menggunakan bahasa asing.

Itulah estimasi biaya yang diperlukan untuk menyekolahkan anak. Jika ingin mengetahui lebih pasti, kamu dapat menghubungi langsung pihak sekolah untuk mendapatkan informasi terkait biaya sekolah.

Setelah mengetahui perkiraan biaya yang kamu perlukan untuk memberikan anak kamu pendidikan, maka ada baiknya untuk menyiapkan biaya tersebut sedini mungkin. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk menyiapkan dana pendidikan adalah dengan membeli asuransi pendidikan.

Dengan adanya asuransi pendidikan anak, maka kamu akan sangat terbantu secara finansial untuk mewujudkan keinginanmu memberikan pendidikan terbaik untuk anak.

Bagikan
suka artikel ini :