Jaga Diri Tetap Negatif Meski Kasus COVID-19 Positif Meningkat Dengan 3 Cara Ini!

Healthy Lifestyle Senin, 20 September 2021
Jaga Diri Tetap Negatif Meski Kasus COVID-19 Positif Meningkat Dengan 3 Cara Ini.png

Jumlah kasus orang yang terinfeksi COVID-19 terus meningkat dari hari ke hari. Per tanggal 25 Juni kemarin, World Health Organization (WHO) menuliskan bahwa pemerintah Indonesia telah melaporkan lebih dari 2 juta orang di Indonesia telah terkonfirmasi terinfeksi COVID-19. Disertai dengan 56 ribu kasus kematian yang berhubungan dengan infeksi COVID-19.

Virus ini ditularkan melalui kontak langsung dengan tetesan droplets pernapasan orang yang \terinfeksi (dihasilkan melalui batuk dan bersin), serta ketika menyentuh permukaan yang telah terkontaminasi virus.

Virus dapat bertahan di permukaan selama beberapa jam, tetapi desinfektan sederhana dapat membunuhnya. Hingga saat ini, WHO telah bekerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk terus memantau situasi dan mencegah penyebaran infeksi ini lebih lanjut.

Penyebaran infeksi COVID-19 yang terus meningkat ini tentu mengkhawatirkan bagi semua pihak. Berbagai cara dapat dilakukan untuk melindungi diri kamu. Apa saja yang bisa kamu lakukan? Simak ulasan berikut.

1. Patuhi protokol kesehatan

Salah satu hal utama yang menjadi kunci untuk menghambat penyebaran virus ini adalah dengan terus melakukan protokol kesehatan. Dengan menjalankan protokol kesehatan dengan benar dan ketat, kamu dapat melindungi diri kamu sendiri dan orang lain. Protokol kesehatan yang sebaiknya kamu lakukan adalah:

  • Memakai masker hingga menutupi mulut dan hidung
  • Rajin mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer
  • Menjaga jarak minimal 2 meter dari orang lain

Selain itu, jika dirasa perlu, kamu dapat menyemprotkan antiseptik pada permukaan benda-benda yang sering kamu pegang ketika berada di luar rumah. Lalu, jangan lupa untuk selalu mengganti baju dan mandi ketika sampai di rumah setelah berpergian.

Ketika berpergian, hindari berada di dalam kerumunan serta hindari tempat yang memiliki ventilasi udara yang buruk. Namun, sebisa mungkin tetaplah tinggal di dalam rumah dan mengurangi kegiatan di luar rumah yang dirasa kurang penting.

Jika ada orang yang tinggal di satu tempat dengan kamu dan menderita COVID-19, berikan orang tersebut 1 ruangan tersendiri untuk melakukan isolasi mandiri. Pastikan ruangan memiliki ventilasi udara yang baik.

Pastikan juga kebutuhan untuk orang yang diisolasi tersebut tercukupi, misalnya makanan, minuman, pakaian, serta obat-obatan. Jangan lupa untuk selalu memastikan kondisi orang tersebut. Jika orang yang diisolasi mengeluhkan gejala yang memberat, segera hubungi dokter atau fasilitas kesehatan terdekat.

2. Menjaga daya tahan tubuh

Selain menjaga tubuh dari luar dengan melakukan protokol kesehatan, kamu juga perlu makan makanan bergizi dan olahraga dengan teratur untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu. Olahraga yang direkomendasikan adalah melakukan aktivitas fisik dengan intensitas sedang selama 20-30 menit setiap hari.

Dengan berolahraga, tubuh akan merangsang sel-sel kekebalan tubuh. Kamu juga sebaiknya memiliki waktu istirahat yang cukup sekitar 7 hingga 9 jam setiap hari. Selain waktu istirahat yang cukup, kualitas tidur yang baik sangat diperlukan oleh tubuh.

3. Vaksin COVID-19

Untuk membantu tubuh memiliki kekebalan terhadap virus penyebab COVID-19, saat ini telah tersedia vaksin yang telah beredar luas di masyarakat. Pemerintah Indonesia sendiri telah memiliki program vaksinasi dengan tujuan untuk memperbanyak jumlah orang yang sudah divaksin.

Semakin banyak orang yang telah menerima vaksinasi, semakin cepat pula tercapai keadaan herd immunity (kekebalan kelompok) pada masyarakat. Oleh karena itu, pastikan diri kamu menerima vaksinasi ya! Apa pun jenis vaksinnya, mereka sama-sama bertujuan untuk membentuk kekebalan tubuh terhadap virus penyebab COVID-19.

4. Memiliki Asuransi Kesehatan

Sudah memiliki proteksi untuk perlindungan di kala sakit? Proteksi lain yang dapat kamu miliki adalah dengan asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan terbaik dapat memberikan manfaat perlindungan yang dapat membantu kamu mengurangi beban finansial yang dapat terjadi ketika kamu sakit.

Jadi, ketika kamu sakit, kamu dapat menjalani masa perawatan dengan tenang dan nyaman tanpa perlu memikirkan beban finansial.

Apakah kamu sudah melakukan hal-hal di atas selama pandemi COVID-19 ini? Jika belum, sebaiknya kamu mulai melakukan hal-hal tersebut untuk meningkatkan daya tahan tubuh kamu agar kamu selalu terlindungi. Virus terus bermutasi untuk membentuk varian baru yang lebih mudah menyebar. Jadi, kamu juga harus terus berusaha untuk mempertahankan daya tahan tubuh kamu.