Tips Ramadhan: masak praktis dan hemat untuk kamu yang sibuk!

Safety 16 Februari 2018

Marhaban Ya Ramadhan! Ramadhan merupakan momen dimana silaturahmi keluarga lebih erat dengan hadirnya acara bukber alias buka bersama, yang lebih sering mempertemukan kamu dan keluarga untuk kumpul-kumpul makan bersama.

Nah, untuk kamu-kamu yang sibuk tapi tetap ingin mengadakan acara buka puasa bersama, kami punya tips yang penting dibaca supaya kamu bisa menyiapkan berbagai jenis masakan sehat, lezat dan bergizi, dengan mudah, praktis dan hemat waktu serta biaya!

Ssst, tips ini bisa kamu terapkan setiap hari, tidak hanya berlaku untuk acara bukber saja lho!

 

Selalu sedia stok bahan pangan

Lauk seperti daging dan ikan bisa kamu bekukan, demikian pula dengan sayur-mayur. Jadwal belanja cukup sekali seminggu, karena survey membuktikan, semakin sering kita pergi ke supermarket atau pasar tradisional, semakin bengkak pula anggaran belanja!

Sayur-mayur juga bisa kamu simpan lebih lama dengan bantuan freezer: cuci bersih sayur, potong-potong dan masukkan ke dalam wadah supaya lebih awet dan mudah dikeluarkan kembali dari penyimpanan saat dibutuhkan.

 

Pilih resep yang mudah

Saat mempersiapkan masakan, carilah resep yang mudah dibuat tanpa memakan waktu lama, anti-gagal dan disukai semua orang, misalnya nasi atau mie goreng, soto ayam, tumis daging dengan sayuran, ayam cah jamur atau fuyunghai.

 

Gunakan slow cooker

Kini, alat memasak yang namanya slow cooker sedang nge-trend. Perangkat yang awalnya hanya untuk membuat makanan bayi ini juga dapat difungsikan sebagai alat memasak yang praktis dan mudah - apalagi, daging atau ayam yang dimasak dengan slow cooker dalam waktu lama, akan terasa empuk meleleh di mulut, termasuk membuat rendang daging misalnya.

Masukkan semua bahan ke dalam slow cooker sebelum pergi ke kantor di pagi hari, program slow cooker yang bekerja dalam waktu hingga delapan jam, siap menyambutmu dengan hidangan lezat dan sehat saat pulang kantor nanti - kamu tinggal iris sayuran atau menanak nasi saja, yang mudah dan cepat untuk dilakukan. Beberapa resep menggunakan slow cooker yang mudah, untuk orang dewasa maupun untuk anak, bisa kamu lihat disini.

 

Gunakan akhir pekan untuk mempersiapkan makanan

Bila kamu tahu bahwa minggu depan akan menjadi minggu yang supersibuk di kantor tapi acara memasak harus jalan terus, kamu bisa gunakan akhir pekan untuk memasak dalam jumlah banyak. Masakan matang ini bisa kamu simpan di kulkas, dan saat buka puasa tiba, tinggal dipanaskan saja.

Berbagai macam sop serta hidangan dengan kuah dan saus, biasanya bisa jadi pilihan tepat - contohnya: sop buntut, lasagna, sop ayam dengan berbagai variasi sayuran atau sop sosis makaroni.

 

Bala bantuan di saat kepepet

Untungnya, hidup di Indonesia memang memungkinkan kita untuk selalu punya alternatif saat kepepet waktu atau kehabisan stok makanan: kamu bisa manfaatkan servis katering harian seperti BerryKitchen dan Kulina - atau, sebagai bala bantuan terakhir, delivery makanan sehat yang bisa dipesan dari Go-Food.

 

Bahagiakan keluargamu, jaga agar orang-orang tersayang selalu dalam keadaan sehat dengan mengikuti saran-saran expert kami seputar gaya hidup sehat. Mulai dari resep-resep sarapan sehat

Lupakan minuman manis penuh gula! 9 trik agar anak banyak minum air putih