Ingin sehat di usia lanjut? Rawat pencernaanmu!

Healthy Lifestyle 14 Februari 2018
healthy living thumb

Banyak dari kita tak terlalu memperhatikan kesehatan perut. Padahal, ternyata, merawat sistem pencernaan merupakan salah satu rahasia agar kita lebih sehat dan bahagia, sekarang maupun nanti saat sudah berusia lanjut. 

Pencernaan adalah kunci kesehatan

Bakteri, virus dan mikroba lainnya sering terkesan negatif. Faktanya, bila kita merawat milyaran mikroba yang hidup dalam lambung dan usus, maka sistem kekebalan tubuh pun akan bekerja lebih baik dan kita tak mudah jatuh sakit. Penelitian juga membuktikan bahwa sistem pencernaan yang terawat dengan baik adalah salah satu cara untuk tetap sehat, bahkan di usia lanjut - beberapa bakteri pencernaan bahkan dapat membantu memperpanjang umur. 

Nah, berita baiknya, sebetulnya merawat "bakteri baik" dalam tubuh kita itu tak sulit, meski butuh usaha. Inilah beberapa cara bagaimana menjaga agar sistem pencernaan kita selalu dalam kondisi prima.

Konsumsi makanan yang baik untuk pencernaan

Serat adalah sahabat terbaik pencernaan, jadi pastikan kamu mengonsumsi cukup makanan berserat. Sayuran berdaun hijau merupakan makanan detox terbaik, sedangkan berbagai buah-buahan, sayur-mayur, kacang-kacangan dan makanan dari gandum utuh memberikan nutrisi bagus bagi "bakteri baik". Biasakan memasak dengan minyak zaitun ekstra murni, yang juga merupakan "makanan" ideal bagi "bakteri baik".

Makanan "nakal" yang harus dihindari

Memang, makanan "jadi" yang sudah melewati banyak pengolahan kimiawi biasanya enak dan praktis. Sayangnya, makanan seperti ini juga banyak mengandung zat yang dapat mengganggu siklus hidup bakteri baik dalam pencernaan. Apa cara terbaik untuk mengembalikan kesehatan pencernaan? Mudah saja, kuatkan niat dan hati, lalu stop konsumsi semua makanan yang mengandung: gula, pemanis buatan, alkohol dan kafein selama sementara waktu, agar pencernaan kembali sehat. Pelan-pelan, mulai hentikan minum minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh dan minuman berenergi - ganti semua ini dengan teh herbal untuk boost energi secara alami. 

Jangan salah pilih

Makanan probiotik seperti yoghurt atau keju yang diolah secara organik adalah beberapa jenis makanan yang ramah bagi pencernaan - tapi, hati-hati ya, jangan sampai salah pilih. Pertama-tama, perhatikan kandungan gula dalam yoghurt tersebut - hindari minuman yoghurt cair yang kadar gulanya tinggi dan bisa kembali membuat sistem pencernaan terganggu. Suplemen probiotik juga hanya memiliki manfaat terbatas, selain itu, juga bukan merupakan pengganti menu makanan sehat - jadi jangan terlalu bergantung pada suplemen saja, ya.

Juga penting, jangan berdiet secara drastis - lakukanlah diet secara bertahap untuk menghindari masuk angin dan kembung. Minum banyak air putih untuk membantu badan beradaptasi.

Untuk mulai memelihara sistem pencernaanmu dengan cara makan yang baik, silakan baca tips sehat dengan nutrisi super setiap hari disini.

 

Cara terbaik untuk menjaga diri dan kesehatanmu adalah dengan memastikan kamu terlindungi dalam setiap situasi. Cari tahu bagaimana solusi asuransi kesehatan kami dapat menjaga agar kamu dan keluarga selalu sehat dan bahagia, saat ini dan di masa depan nanti.

 

Bercita-cita untuk terus awet muda? Pelajari segalanya tentang bagaimana tetap sehat di usia lanjut dan tips untuk selalu awet muda disini

Tetap sehat, eksis dan hits di usia tua

Life begins at 50: 4 cara tetap fit di usia tua

Cara-cara melindungi kesehatan otak setiap hari

Rahasia sehat dan awet muda ada di tulang kita!