Dilarang Mudik? Tenang! Baca 5 Tips Mengisi Liburan Di Rumah

Healthy Lifestyle Senin, 27 September 2021
Dilarang Mudik? Tenang! Baca 5 Tips Mengisi Liburan Di Rumah.png

Lebaran tahun ini tentunya memang terasa jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Adanya pandemi COVID-19 ini membuat kita untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan yang kita lakukan. Salah satu prokes tersebut adalah untuk selalu menjaga jarak agar menghindari terbentuknya kerumunan.

Kegiatan mudik atau pulang kampung merupakan kegiatan yang identik dilakukan ketika hari lebaran tiba. Sayangnya pada lebaran kali ini, pemerintah Indonesia memutuskan untuk mengeluarkan larangan mudik demi menekan angka penyebaran virus COVID-19 yang kian hari kian meningkat.

Lalu apa saja sih kegiatan-kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk merayakan lebaran di rumah? Tenang saja, kami akan memberikan tips liburan di rumah untuk kamu dalam artikel ini!

1. Bercocok Tanam

Kegiatan pertama yang dapat kamu lakukan untuk mengisi liburan di rumah ini yaitu kamu bisa melakukan kegiatan bercocok tanam. Kegiatan bercocok tanam ini merupakan salah satu kegiatan yang cukup banyak diminati semenjak terjadinya pandemi COVID-19. Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang memilih untuk menghabiskan waktunya di rumah untuk menanam tumbuh-tumbuhan selama melakukan karantina mandiri di masa pandemi ini. Kamu bisa memanfaatkan halaman kecil atau teras di dalam rumah kamu untuk memulai bercocok tanam.

Alat dan bahan yang kamu perlukan untuk memulai bercocok tanam pun cukup simpel. Pertama, tentunya kamu harus memiliki wadah atau pot yang akan digunakan sebagai tempat untuk tanamanmu tumbuh. Kemudian, kamu juga memerlukan media tanam yang dapat berupa campuran sekam, kompos, pupuk kandang, atau tanah. Terakhir dan yang paling penting, yaitu kamu harus menyiapkan bibit atau benih tanaman yang akan kamu tanam.

Bibit ini, selain kamu bisa beli di luar, kamu juga bisa menemukannya di rumah, seperti biji cabe, jahe, dan lain-lain. Setelah berhasil, rawat lah tanaman kamu dengan baik dan pastikan agar tanaman selalu menerima paparan sinar matahari yang cukup dan menerima asupan air dengan cara disiram sebanyak dua kali sehari.

2. Silaturahmi Online

Kamu tidak perlu khawatir tentang adanya larangan pulang kampung atau mudik yang dikeluarkan pemerintah tahun ini. Kamu tetap dapat menjaga tali silaturahmi dengan menggunakan aplikasi video call. Di zaman yang sudah serba modern ini tentunya mempermudah kamu dalam mendekatkan yang sanak saudara yang jauh.

Kamu bisa melakukan video call dengan keluarga kamu dimanapun mereka berada selama kalian tersambung dengan koneksi internet. Jadi, tradisi maaf-maafan di hari raya Idul Fitri ini dapat tetap terlaksanakan.

3. Kirim Hampers

Tradisi kirim-kiriman barang semakin memuncak semenjak terjadinya pandemi COVID-19. Pandemi ini membuat kita untuk tidak bisa sesering dulu bertemu tatap muka dengan kerabat. Hal ini pun kerap memunculkan alternatif untuk terus menjaga dan menyambung tali silaturahmi. Salah satunya yaitu dengan kirim mengirim bingkisan atau hampers. Hampers yang dikirimkan ini biasanya berupa makanan.

Dalam rangka menyambut dan merayakan Idul Fitri tahun ini, kamu pun juga dapat mengirimkan hampers kepada kerabat-kerabat terdekat kamu. Hampers ini dapat berisi makanan seperti kue-kue kering, minuman sirup, alat-alat sholat seperti sajadah, dan lain-lain. Kamu dapat dengan bebas memilih isi dari hampers yang mau kamu berikan itu.

Jika ingin yang simpel, saat ini banyak sekali merchant-merchant yang menyediakan bingkisan atau hampers ini yang bisa kamu beli dan langsung dikirimkan untuk orang-orang tersayang.

4. Membuat Kue Kering

Kaastengels, putri salju, nastar, sagu keju, dan masih banyak lagi jenisnya. Kue kering ini memang hal yang identik untuk disediakan pada saat hari raya, khususnya lebaran. Nah, dengan keadaan yang tidak memungkinkan untuk mudik ini, kamu dan keluarga kamu dapat melakukan kegiatan membuat kue kering bersama-sama.

Kamu dapat membuat kue-kue kering dengan resep yang bisa kamu dapatkan dari internet. Kemudian, kue kering yang telah kamu buat ini dapat kamu sajikan untuk tamu-tamu dalam kegiatan halal bi halal di rumah kamu, atau kamu dapat mengirimkannya ke keluarga atau teman-teman kamu sebagai bingkisan atau hampers spesial hari raya.

5. Berzakat dan Memberikan THR

Hari Raya Idul Fitri ini merupakan hari kebahagiaan yang dirasakan seluruh umat muslim. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk berbagi berkah di momen lebaran ini yaitu dengan berbagi THR atau tunjangan hari raya. Tunjangan yang berupa uang ini dapat kamu bagikan kepada sanak saudara kamu.

Jika pada lebaran kali ini kamu tidak dapat bertemu langsung dengan keluarga di kampung halaman, kamu tetap dapat memberikan THR dengan transfer melalui bank. Selain berbagi THR, kamu juga dapat menyalurkan kebahagiaan kamu dengan melakukan zakat di hari lebaran.

Salah satu zakat yang dapat kamu bayarkan di hari lebaran yaitu zakat fitrah. Zakat fitrah ini pun wajib hukumnya untuk kamu bayarkan pada akhir bulan Ramadhan. Nah, dengan membayarkan zakat fitrah ini, kamu telah mensucikan diri serta telah menyempurnakan ibadahmu selama bulan Ramadhan.

Itulah tips-tips yang dapat kamu lakukan untuk mengisi waktu liburan kamu dan merayakan lebaran di rumah. Pastikan agar kamu dapat merasakan penuh momen lebaran ini dengan melupakan sejenak beban-beban yang kamu rasakan dan rayakan Idul Fitri dengan santai dan bersenang-senang!