Air putih saat puasa banyak manfaatnya, juga untuk si kecil!

Healthy Lifestyle Selasa, 26 April 2022
Ajari anak untuk minum lebih banyak air putih

Hi Moms and Dads! Bagaimana puasa Ramadhannya kali ini, semoga selalu lancar, ya. Nah, bagaimana dengan si kecil? Apakah ia sudah mulai ikut belajar berpuasa?

Pentingnya mengganti cairan yang hilang saat berpuasa sehari penuh

Saat puasa, umat Islam di seluruh dunia menahan lapar dan haus selama sehari penuh. Di Indonesia yang punya iklim tropis, cuaca yang lebih sering cerah dan udara lembab yang cukup panas, berpuasa menahan dahaga terutama punya kesulitan tersendiri. Apalagi, bagi kita yang sudah kembali beraktivitas seharian penuh.

Karenanya, penting sekali untuk mengganti cairan yang hilang saat berpuasa – caranya, tentu saja, dengan meminum cukup air putih saat setelah berbuka hingga sahur sebelum imsak.

Air putih penting bagi semua orang – apalagi bagi anak dalam masa pertumbuhan

Air putih membantu tubuh mencerna makanan dan melancarkan sistem pembuangan di badan. Semakin banyak air putih yang diminum seorang anak di masa pertumbuhan, maka semakin lancar buang air kecil serta buang air besarnya. Pencernaan pun semakin baik, anak terhindar dari konstipasi.

Selain itu, kurang minum air juga dapat menyebabkan dehidrasi, kelelahan dan bisa berujung menghambat perkembangan otak anak.

Minum air putih semakin penting saat anak belajar berpuasa Ramadhan

Berbukalah dengan yang manis-manis, begitu anggapan orang. Tapi, jangan lupakan minum air putih. Saat berbuka, hidangkan segelas besar air putih dingin untuk seluruh keluarga, dan ajak si kecil yang sedang belajar berpuasa untuk meminum air putih sesuai takaran umur mereka.

Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air. Seluruh sel dalam tubuh butuh air untuk berfungsi. Inilah alasan utama mengapa minum air putih semakin penting saat berpuasa.

Air putih = 0 kalori

Saat berbuka, banyak orang cenderung menyajikan makanan yang manis-manis. Ya, sesekali tentunya tidak apa-apa. Tapi, bila makanan sudah cukup manis dan “berat”, imbangi dengan minum air putih, sebab, air putih kalorinya 0 – sehingga, tidak ada kalori ekstra lagi yang masuk selain dari makanan. Bandingkan dengan minum minuman yang manis, seperti boba dan kopi susu kekinian – segelas ukuran sedang saja sudah berkisar di antara 500 hingga 800 kalori, lho!

Padahal, kebutuhan kalori seorang anak dalam masa pertumbuhan, di rentang usia 7-12 tahun, hanyalah 1850 hingga 2100 kalori per hari saja. Jadi, kalau sudah minum segelas minuman kekinian yang manis dengan kalori 600, misalnya, artinya hampir sepertiga kalori harian sudah habis oleh minuman ini saja. Padahal, namanya minuman manis, ya hanya sebagai selingan saja, sudah pasti tidak mengenyangkan.

Manfaat minum air putih vs minum minuman manis

Selain tidak mengenyangkan (makanya, minuman manis penuh gula sering disebut dengan “empty calories” – istilah yang umum digunakan untuk menyebut makanan atau minuman yang tinggi kalori tapi rendah kandungan nutrisinya, jadi tidak bermanfaat sama sekali bagi tubuh), kebanyakan minum manis-manis saat kecil bisa menyebabkan seseorang terkena diabetes saat dewasa nanti.

Minum air putih menghindarkan kita dari empty calories – faktanya juga, semakin banyak minum minuman manis, semakin haus pula kita. Rasa haus yang muncul setelah mengonsumsi makanan manis berkaitan dengan lonjakan glukosa (gula) dalam darah. Saat mengonsumsi makanan manis, gula dalam makanan akan masuk ke lambung dan berlanjut ke aliran darah seluruh tubuh. Artinya, kadar glukosa darah menjadi meningkat. Inilah yang menyebabkan kita malah makin haus setelah minum kopi susu kekinian.

Tips supaya anak mau minum lebih banyak air putih saat berpuasa

Moms and Dads, yuk, coba terapkan beberapa tips berikut ini dari Generali Indonesia, untuk membantu supaya anak mau minum lebih banyak air putih saat berpuasa.

Saat berbuka dan sepanjang waktu malam hari:

  1. Hidangkan segelas besar air putih dingin di meja saat berbuka puasa, dan hindari menyajikan minuman lain yang manis.
  2. Anak belajar dengan mencontoh orangtuanya. Karena itu, biasakan supaya seluruh anggota keluarga juga ikut minum air putih segelas penuh saat berbuka.
  3. Sediakan botol minum berisi air putih, letakkan di sebelah tempat tidur anak, supaya mereka mudah mencari air minum di malam hari.
  4. Invest di botol minum dalam kategori termos yang bisa menjaga suhu air agar tetap dingin selama beberapa jam.
  5. Hindari godaan dengan tidak membeli dan menyimpan jenis minuman lain yang manis-manis di kulkas.
  6. Buat alternatif lebih sehat: bila anak suka jus buah, buat jus sendiri di rumah yang tidak ditambahi gula dan bebas pengawet – gunakan buah segar yang punya kandungan nutrisi lebih baik.

Saat sahur sampai sebelum imsak:

  1. Ajak anak untuk meminum segelas besar air putih dingin saat bangun, sebelum mulai menyantap hidangan sahur.
  2. Moms and Dads juga bisa membuat infused water yang segar untuk si kecil saat sahur, misalnya dengan memasukkan potongan buah segar – irisan apel, lemon atau jeruk nipis – ke dalam air putih, lalu disimpan semalam penuh dalam kulkas. Saat sahur, infused water ini sudah siap diminum dengan tambahan citarasa lebih segar di mulut. Manfaat infused water antara lain mendukung proses detoksifikasi dalam tubuh dan melancarkan pencernaan.
  3. Ajak anak untuk menggosok gigi setelah selesai sahur, kemudian beri minum segelas air putih dingin lagi sebelum imsak.

Oh, ya, Moms and Dads, bila anak ternyata masih belum kuat berpuasa sampai bedug maghrib, maklumi saja ya. Tapi, tetap ajak mereka untuk kembali mencoba berpuasa sekuat mereka esok harinya, dan tetap memberikan asupan minum air putih yang cukup agar tidak kekurangan cairan dan selalu semangat setiap harinya.

 

Bulan puasa, tetap jaga kesehatan

Menjaga kesehatan saat puasa Ramadhan sangat penting. Siapapun tentunya mau tetap sehat dan bugar selama menunaikan ibadah suci di bulan Ramadhan, sebelum bersiap-siap merayakan Idul Fitri bersama keluarga dan orang-orang tersayang.

Di bulan suci ini, jangan lupakan perlindungan setiap saat, yang tetap harus jadi perhatian utama. Perlindungan sepanjang waktu ini akan selalu ada untuk kamu di situasi seperti apapun, memberi dukungan dan memproteksi kamu beserta orang-orang yang terpenting dalam hidupmu. Kamu tertarik untuk tahu lebih lanjut bagaimana kamu bisa menciptakan perlindungan sepanjang waktu bagimu dan keluarga tersayang? GMS solusinya!

Kini, Generali Indonesia menghadirkan Asuransi Tambahan Generali Medical Solution yang dapat dipilih oleh nasabah dalam merencanakan perlindungan kesehatan untuk diri sendiri dan keluarga tercinta. Asuransi Tambahan Generali Medical Solution memberikan perlindungan kesehatan menyeluruh untuk Nasabah yang memerlukan perlindungan kelas satu.

Dilengkapi dengan fasilitas pembayaran biaya perawatan sesuai tagihan dengan fasilitas cashless di jaringan rumah sakit rekanan, hingga wilayah pertanggungan sampai dengan seluruh dunia, GMS juga meng-cover perawatan berbagai penyakit kritis.

Ingin mulai menambahkan GMS ke program asuransimu? Kamu bisa berkonsultasi dengan Agen Generali yang terdekat di kotamu, lewat tautan berikut ini.

The Power of Curhat: inilah pentingnya punya catatan harian