Cari kerja tanpa pengalaman - mungkinkah?

Selasa, 18 Februari 2020
Cara mencari kerja tanpa pengalaman

Mencari pekerjaan tanpa pengalaman sebelumnya itu memungkinkan nggak sih?

Sebetulnya mungkin-mungkin saja, tapi memang saat kamu yang fresh grad alias baru saja lulus kuliah ini mencoba mengadu peruntungan dengan melamar pekerjaan, terkadang ada rasa minder dan kurang percaya diri karena bersaing dengan pelamar kerja yang sudah berpengalaman. Memang, punya pengalaman biasanya merupakan satu aspek keunggulan yang banyak dipertimbangkan calon pemberi kerja.

Tapi, dari segi HRD yang akan menentukan pilihan calon karyawan, ada kok, hal yang lebih penting dari sekedar pengalaman: yaitu bagaimana cara kamu meyakinkan sang pewawancara kerja. Bila kamu sukses meyakinkan pewawancara bahwa kita adalah orang yang tepat untuk pekerjaan ini, maka kita sudah selangkah lebih dekat meraih pekerjaan idaman.

Ini beberapa tips untuk kamu-kamu yang ingin tahu bagaimana caranya mencari pekerjaan tanpa punya pengalaman sebelumnya.

1. Pengalaman lain di luar pekerjaan

Memang kamu belum punya pengalaman bekerja. Tapi, kamu pastinya sudah pernah punya pengalaman lainnya yang dinilai berharga oleh calon pemberi kerja, kan? Misalnya, pengalaman berorganisasi dan pengalaman mengadakan event atau acara di lingkungan sekitarmu termasuk di kampus atau di rumah - ataupun menulis blog sendiri, belajar fotografi, ataupun segala sesuatu yang sejalan dengan jurusan kuliahmu. Tambahkan ini semua sebagai pengalaman, saat menulis CV.

2. Kerja sukarela atau cari pengalaman magang terbaik

Bila kamu punya waktu luang, ini adalah cara yang bagus untuk mendapat perhatian lebih dari calon pemberi kerja. Apakah itu bekerja sukarela di kegiatan sosial, ikut dalam program pembinaan ataupun mencari pengalaman magang yang terbaik, ini semua bisa membantu menambah kesan baik dalam CV-mu.

Generali Indonesia sendiri setiap tahun membuka lowongan bagi para fresh grad untuk bekerja magang di kantor Generali. Para intern alias anak magang di kantor Generali Indonesia semuanya dibayar dengan upah harian, sekaligus bisa mendapatkan pengalaman bekerja di bidang industri perasuransian. Dan yang paling menarik dari program internship Generali Indonesia adalah bahwa menjadi intern di Generali berarti mendapat kesempatan emas untuk menjadi karyawan tetap di Generali Indonesia!

Selain itu, Generali juga sering sekali mengadakan acara talkshow yang mengundang pembicara handal untuk semakin menambah wawasan para intern di kantor kami. Dan saat ada program penerimaan karyawan baru, sebagai anak magang, kamu bakal punya kesempatan mendapatkan prioritas menjadi karyawan tetap di kantor Generali Indonesia, lho! Menarik, kan? Untuk tahu lebih lanjut mengenai penerimaan karyawan baru dan intern di Generali Indonesia, silakan klik tautan ini.

3. Tonjolkan nilai plusmu

Mungkin pengalaman kerja belum ada, tapi kamu pasti punya nilai plus, kan? Ada tiga jenis nilai plus yang akan dinilai baik oleh perusahaan:

  • Sifat yang baik, seperti selalu ramah, supel / mudah bergaul, pandai menempatkan diri, komunikatif dan jujur
  • Kemampuan, seperti berbahasa asing atau pandai menggunakan komputer
  • Pengetahuan, seperti wawasan luas atau memahami ilmu pemrograman, misalnya

Kumpulkan nilai-nilai plus yang kamu miliki dan saat melamar sebuah pekerjaan, pikirkan nilai plus mana yang bisa kamu masukkan ke dalam CV dan disebutkan secara langsung saat interview kerja nanti.

4. Tunjukkan niat dan kesungguhan

Bagi perusahaan, niat dan kesungguhan dari calon karyawan adalah salah satu faktor penentu. Rajin-rajinlah berselancar di LinkedIn, ikuti forum dan percakapan, serta perluas jaringan kenalanmu di bidang industri dimana kamu ingin bekerja. Kemudian, saat melamar pekerjaan, lakukanlah riset terlebih dulu tentang perusahaan yang dituju dan peran yang akan dijalankan saat menjadi karyawan disana. Jangan lupa, tunjukkan ini semua saat sedang di-interview kerja oleh perusahaan tujuanmu.

5. Proaktif dan terbuka mengenai lamaran kerja

Salah satu cara terbaik untuk mengekspresikan ketertarikanmu kepada perusahaan dan industri yang kamu minati, adalah dengan bersikap proaktif. Jangan segan untuk mendekati perusahaan lewat LinkedIn untuk mencari tahu mengenai perusahaan tersebut dan karakter kriteria karyawan yang mereka sukai. Lalu, cari kontak yang bertanggungjawab merekrut karyawan baru, kemudian kirimkan pesan atau email sopan ke mereka, tanyakan apakah ada lowongan kerja dimana kamu bisa melamar. Ini akan membuat kamu menonjol di antara para pelamar kerja lainnya.

6. Jujur bahwa kamu belum punya pengalaman

Yang namanya perusahaan, pasti tetap akan menyelidiki historimu - jadi, tak ada gunanya untuk berbohong. Selalu tanamkan kebiasaan bersikap jujur, termasuk mengakui bahwa kamu memang belum berpengalaman apapun. Tapi, selalu tekankan bahwa kamu siap bekerja keras dan memberikan yang terbaik bagi perusahaan.

 

Jadikan tahun ini tahun yang sukses di karirmu dengan segala tips penting kami untuk berkembang di kantor dan di pekerjaan:

Cara menulis CV lamaran kerja yang menarik dan kreatif

Tips penampilan untuk sukses interview kerja

Sukses dapatkan job idaman dengan tips-tips interview jitu ini

Tips tetap produktif saat bekerja dari luar kantor