Hidup di Era New Normal: aman menggunakan transportasi umum

Rabu, 18 Mei 2022
New Normal COVID-19

Di tahun 2022 ini, dunia sudah mulai "sembuh" dari pandemi COVID-19. Indonesia pun mulai membuka perbatasan untuk kembali membangkitkan sektor pariwisata, dan masyarakat pelan-pelan mulai belajar hidup di era baru yang disebut sebagai "New Normal".

Kantor kembali WFO / “Work From Office”

WFH masih tetap berlaku di sebagian sektor, tapi tidak seratus persen seperti saat pandemi masih berlangsung. Sekarang ini, kebanyakan kantor di seluruh negeri memberlakukan hibrid WFO dan WFH, baik pada instansi pemerintahan maupun perusahaan-perusahaan swasta.

Sekolah serta perguruan tinggi juga sudah kembali adakan tatap muka

Kegiatan belajar mengajar di sekolah dan perguruan tinggi juga sudah kembali adakan tatap muka, meski tidak dengan jadwal seketat sebelum pandemi dulu.

Mal, tempat hiburan, pusat perbelanjaan dan rekreasi sudah kembali dibuka

Mal, tempat hiburan, pusat perbelanjaan dan rekreasi sudah kembali dibuka, dengan protokol kesehatan tentunya. Semua sarana serta tempat kunjungan umum kini menerapkan sistem lacak lewat aplikasi PeduliLindungi, yang mewajibkan pengunjung sudah memiliki vaksin yang terdaftar di aplikasi tersebut serta dapat di-scan dengan kode QR khusus.

Penggunaan transportasi umum kembali jadi keharusan

Bagi para komuter, ini artinya penggunaan transportasi umum kembali jadi keharusan. Bukan hanya bus biasa maupun bus trans kota, kereta api, MRT, angkot hingga ojol motor dan taksi online pun kembali marak menerima penumpang.

Nah, transportasi umum yang merupakan tempat lalu lalang begitu banyak orang, tentunya masih tetap merupakan salah satu sumber penyebaran virus. Meskipun kita sudah mendapat vaksin booster dan pandemi sudah mulai berlalu, tetap saja, kebiasaan baik untuk waspada jaga kebersihan tetap harus dilakukan. Inilah mengapa sangat penting untuk mengambil langkah-langkah keamanan saat menggunakan jenis transportasi umum apapun.

Beberapa langkah agar tetap aman saat menggunakan transportasi umum

Ada banyak hal yang dapat kita lakukan agar tetap aman saat bepergian menggunakan transportasi umum, sekaligus meminimalisir risiko terinfeksi virus, baik itu Coronavirus COVID-19 maupun berbagai virus flu lainnya.

Apa saja yang bisa dilakukan untuk gunakan transportasi umum dengan aman?

  1. Gunakan masker tiga lapis. Dua masker bedah sebagai dua lapisan pertama, lalu masker kain di atasnya. Masker bedah dan dua masker duck bill juga bisa jadi alternatif.

  2. Hindari bepergian di jam sibuk, bila memungkinkan, berangkatlah lebih pagi atau lebih siang sekalian, supaya terhindar dari kerumunan terlalu besar.

  3. Bawa hand sanitizer dan tisu basah yang mengandung disinfektan. Sebelum duduk atau menyentuh permukaan apapun di transportasi umum, bersihkan dulu dengan tisu basah disinfektan tersebut.

  4. Jaga jarak. Sedapat mungkin, jaga jarak dengan orang di sekitarmu.

  5. Cuci tangan saat tiba di kantor / tempat tujuan.

  6. Saat tiba kembali di rumah, usahakan untuk membersihkan badan dan tangan, atau mandi dan keramas sekalian, sebelum berganti baju.

Antisipasi dalam segala keadaan, pakai BeSMART supaya selalu terlindungi!

Dalam kondisi apapun, sangatlah penting untuk selalu melindungi dirimu sendiri dengan jaring proteksi terbaik yang akan menjagamu dalam setiap keadaan.

BeSMART Link adalah Produk Proteksi dengan manfaat investasi yang memberikan perlindungan meninggal dunia hingga usia 99 tahun. BeSMART Link memberikan fleksibilitas bagi kamu semua untuk memiliki berbagai jenis Asuransi Tambahan dan instrumen investasi dengan risiko yang terukur dan terjaga, sesuai dengan pilihan dan kebutuhan masing-masing individu.

Mau tahu lebih lanjut tentang BeSMART? Kamu bisa baca informasi lengkapnya di tautan ini.