Studi ke luar negeri, sebaiknya kemana?

Healthy Wealth 22 Oktober 2018

Kuliah ke luar negeri adalah pengalaman yang takkan terlupakan seumur hidup, yang sekaligus juga membuka kesempatan mengeksplorasi pengalaman baru di negara asing, belajar mengenal budaya baru dan menjalin persahabatan dengan teman-teman kampus dari berbagai negara berbeda. Artikel ini akan membantu kamu-kamu yang berniat melanjutkan pendidikan ke luar negeri untuk memilih negara dan kota tujuan yang tepat.

Sebelum mulai membayangkan petualangan baru saat mulai kuliah ke luar negeri dan pamer foto keren di medsos, hal pertama yang harus kamu pikirkan adalah: sebenarnya pilihan karirmu ke arah mana, sih? Selami minat dan bakatmu, lalu riset terlebih dulu mengenai pilihan kampus dan mata kuliah yang cocok dengan bidang profesi yang sesuai dengan tujuan serta cita-citamu kelak. Rata-rata universitas di Eropa, Amerika dan Australia memiliki situs resmi yang cukup lengkap sehingga kamu bisa cari tahu lebih banyak mengenai program-program studi dan diploma yang mereka tawarkan.

Biaya kuliah di luar negeri, dengan mata uang dolar atau euro, tentunya berkonsekuensi biaya kuliah yang cukup mahal. Nah, saat riset mengenai jurusan kuliah, sekalian saja kamu kumpulkan informasi mengenai beasiswa. Beberapa negara Eropa seperti Jerman dan Perancis tak memungut biaya kuliah - semua gratis, dibiayai oleh negara, kamu tinggal menyiapkan uang untuk membeli buku serta peralatan kuliah. Lalu, hal yang juga perlu dipikirkan adalah: biaya hidup (yang tentunya jauh lebih tinggi di negara-negara maju seperti Amerika dan Inggris Raya, ketimbang di negara tetangga Asia seperti Malaysia dan Singapura). Cari tahu dulu apakah di negara tujuan yang kamu inginkan, ada kesempatan untuk bekerja paruh waktu untuk sekedar menambah biaya hidup dan belajar mencari pengalaman bekerja.

Kemudian, pikirkan masak-masak, motivasi terbesar kamu mau keluar negeri itu apa sih? Ingin menguasai bahasa baru, meningkatkan kemampuan tertentu, atau ingin mandiri dengan merasakan hidup jauh dari orangtua? Ada mahasiswa Indonesia yang memilih kuliah di Los Angeles karena ingin menikmati gaya hidup orang California yang lebih santai, tapi ada juga mahasiswa Indonesia yang menjatuhkan pilihan untuk menempuh pendidikan di Tokyo karena suka dengan kedisiplinan sekaligus kehidupan di ibukota Jepang yang selalu bergerak begitu cepat. Banyak juga mahasiswa Indonesia yang memilih kuliah di Kuala Lumpur atau Perth, karena pertimbangan jarak tempuh yang cukup dekat dari rumah dan perbedaan waktu yang tak terlalu jauh dari negara kita. Semua ini adalah hal-hal penting yang harus kamu pikirkan baik-baik bersama keluarga sebelum memilih negara dan kota tujuanmu.

Nah, saat sudah memilih kampus dan negara tujuan, jangan lupa untuk mempersiapkan dokumen-dokumen penting - seperti memperbarui KTP dan paspor, menjalani cek medis dan mencatat histori kesehatan, dan tentunya menyiapkan iPlan, sebagai bentuk perlindungan untuk diri sendiri yang akan menjagamu dalam setiap langkah dan memastikan masa depan selalu cerah saat menempuh pendidikan di luar negeri.

Sudah siap menentukan pilihan, mau kuliah di negara mana saat tahun ajaran baru nanti?

Sedang merencanakan petualangan luar biasa, atau pengalaman kuliah di luar negeri? Baca tips brilian kami untuk setiap rencana bepergian ke luar negeri

Tips rencanakan solo trip sekali seumur hidup yang paling berkesan