4 Tips Cermat Memilih Perusahaan Asuransi yang Tepat

Healthy Protection Selasa, 31 Mei 2022
4 Tips Cermat Memilih Perusahaan Asuransi yang Tepat

Seiring berkembangnya zaman, banyak hal yang telah kita jumpai setiap tahunnya dan hal yang paling fenomenal akhir-akhir ini ialah menyebarnya virus covid-19 yang sangat pesat. Virus ini telah menginfeksi negara-negara yang ada di dunia hingga pada akhirnya virus covid-19 dijadikan sebagai pandemi global. Ketidakpastian selalu menghantui diri kita beserta keluarga terlebih dengan kondisi dunia seperti sekarang ini, seperti pepatah yang berbunyi “sedia payung sebelum hujan”, pepatah tersebut cukup menggambarkan kondisi kehidupan kita sekarang, pentingnya mengambil langkah antisipasi sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi merupakan hal penting, dengan mengambil langkah antisipasi, kita dapat meminimalisir dampak yang ditimbulkan.

Memiliki sebuah asuransi merupakan langkah yang bijak, dengan adanya asuransi kita dapat mengantisipasi hal-hal yang mungkin akan terjadi dikemudian hari. Dengan demikian, memiliki asuransi kita mendapatkan manfaat perlindungan dari produk asuransi yang kita pilih, bukan hanya diri kita sendiri yang akan mendapatkan perlindungan namun keluarga kita juga akan merasakan manfaatnya. Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti kematian, kecelakaan, cacat atau terserang penyakit, kita dapat menggunakan asuransi untuk membantu meringankan beban yang sedang dihadapi oleh keluarga kita.

Setelah kita mengetahui bagaimana manfaat yang diperoleh dari asuransi, memiliki asuransi merupakan hal penting. Dalam memilih suatu produk asuransi, pastinya kita mempunyai berbagai macam pertimbangan untuk mencari jenis asuransi yang cocok untuk diri kita, baik dalam manfaat maupun biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan produk asuransi.

Namun, sebelum kita memilih jenis produk mana yang akan dipakai, tentunya kita harus terlebih dahulu memilih perusahaan asuransi mana yang akan kita gunakan. Di era seperti sekarang ini, banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk dengan beragam manfaat yang didapatkan.  Oleh karena itu pemilihan perusahaan yang tepat sangat dibutuhkan agar nantinya kita tidak salah dalam menginvestasikan uang kita. Jangan asal pilih perusahaan asuransi, begini tips memilih perusahaan asuransi yang legit.

1. Terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

Hal pertama yang kamu harus lakukan sebelum memutuskan menggunakan perusahaan asuransi adalah kamu harus memastikan bahwa perusahaan tersebut sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Untuk memastikan perusahaan asuransi sudah terdaftar atau belum, kamu dapat memeriksanya melalui website OJK atau menggunakan layanan konsumen OJK

2. Riwayat dan Citra Perusahaan Asuransi

Langkah selanjutnya ialah kita harus memastikan riwayat perusahaan, dalam hal ini kita harus mengetahui rekam jejak perusahaan, seperti sejak kapan perusahaan berdiri, bagaimana kinerja mereka serta bagaimana mereka menjaga kepercayaan para nasabahnya.

Setelah kita mengetahui rekam jejak perusahaan, langkah selanjutnya ialah kita harus memeriksa reputasinya. Sebagai nasabah yang bijak sudah seharusnya kita mempertanyakan reputasi perusahaan, apabila perusahaan memiliki kinerja yang baik pastinya akan memiliki reputasi yang baik juga.

Oleh karena itu dengan mengetahui reputasi, kita nantinya akan merasa aman untuk menitipkan resiko hidup kita kepada perusahaan tersebut tanpa khawatir uang yang kita investasikan nantinya akan disalahgunakan oleh pihak perusahaan, untuk mengetahui reputasi perusahaan tersebut kita dapat membaca ulasan-ulasan yang telah diberikan oleh orang-orang yang telah menggunakan perusahaan terlebih dahulu, dengan membaca ulasan yang dijelaskan oleh orang yang pernah menggunakan perusahaan tersebut, kita akan mendapatkan informasi tambahan seperti kelebihan ataupun kekurangan mengenai perusahaan tersebut.

3. Kondisi Keuangan Perusahaan

Langkah lainnya, kita harus mengetahui kondisi keuangan perusahaan, hal tersebut dapat dilihat dari RBC (Risk Based Capital) sebuah perusahaan, karena dalam hal ini RBC berguna untuk menunjukkan tingkat kecukupan modal sebuah perusahaan, semakin tinggi tingkat RBC semakin baik juga perusahaan dan dapat dianggap mampu untuk membayar uang pertanggungan kepada nasabah di kemudian hari. Sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh OJK, dimana RBC suatu perusahaan asuransi setidaknya harus diatas 120% serta kita harus mengetahui laporan neraca keuangan perusahaan terkait kondisi aset serta kewajiban.

4. Pilihlah Perusahaan Yang Multinasional

Hal terakhir yang perlu kamu pertimbangkan yaitu pilihlah perusahaan yang memiliki cabang yang banyak di berbagai daerah maupun negara. Hal ini disebabkan bahwa sebuah perusahaan yang sudah memiliki banyak cabang yang tersebar menandakan bahwa perusahaan tersebut memiliki kinerja maupun kondisi finansial yang baik, karena produk asuransi memiliki jangka waktu yang lama jangan sampai ditengah jalan perusahaan yang kamu pilih ternyata bangkrut, biasanya perusahaan multinasional lebih kuat.

Salah satu perusahaan asuransi yang ada di Indonesia adalah Generali group, Generali merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang asuransi, awalnya perusahaan ini berdiri di Italia kemudian sukses dan banyak mendirikan cabang perusahaan di berbagai negara termasuk Indonesia. perusahaan ini mungkin menjadi salah satu opsi kamu yang sedang  memilih perusahaan asuransi. Hal ini dikarenakan bukan hanya memiliki cabang yang tersebar di berbagai negara, perusahaan ini memiliki riwayat yang baik khususnya yang ada di Indonesia, dalam beberapa tahun terakhir generali yang ada di Indonesia mendapatkan beberapa prestasi seperti:

  • Masuk ke dalam Top 5 Best Consumer Choice Insurance Company dalam kategori Life Insurance dalam kegiatan Indonesia Insurance Consumer Choice Award 2018 yang diselenggarakan Warta Ekonomi
  • Meraih penghargaan Asuransi Jiwa Terbaik 2018 dalam kategori Aset di atas 1T-10T dalam kegiatan Investor Award oleh Majalah Investor
  • Meraih penghargaan Innovation Award 2018 dalam kategori Produk & Teknologi (Produk iPLAN) dalam kegiatan Sindo Apresiasi Inovasi 2018 yang diselenggarakan Koran Sindo
  • Meraih penghargaan Unit Link Award 2018 dalam kategori Fixed Income untuk periode 5 tahun yang diselenggarakan oleh Majalah Investor