arrow   Kembali ke website Generali.co.id

5 Alasan Mengapa Asuransi Karyawan Itu Penting

Healthy Protection Selasa, 31 Mei 2022
5 Alasan Mengapa Asuransi Karyawan Itu Penting

Di masa pandemi seperti sekarang ini, kesehatan merupakan hal yang penting untuk selalu dijaga. Terlebih jika kamu merupakan seorang karyawan.

Saat ini sudah banyak perusahaan yang memberikan fasilitas berupa asuransi bagi para karyawannya. Ini merupakan kabar baik karena bisa dibilang sebagai salah satu cara untuk mengapresiasi para karyawan.

Karyawan yang diikutsertakan sebagai peserta asuransi oleh perusahaannya juga bisa lebih tenang dalam melaksanakan pekerjaannya, karena tidak perlu terlalu khawatir akan risiko pekerjaan yang dapat kapan saja terjadi.

Jenis Asuransi Karyawan

Terdapat beberapa jenis asuransi karyawan yang diberikan oleh perusahaan, antara lain:

Asuransi kecelakaan

Asuransi kecelakaan dapat melindungi karyawan dari risiko kecelakaan kerja yang bisa kapan saja terjadi. Biasanya, asuransi jenis ini diberikan kepada pekerja yang memiliki tingkat risiko kecelakaan kerja yang cukup tinggi, seperti pekerja tambang, kontraktor, dll.

Meski saat ini pemerintah sudah memberikan fasilitas kepada para pekerja berupa BPJS Ketenagakerjaan, namun tidak ada salahnya bagi perusahaan untuk memberikan proteksi ganda pada para karyawannya dengan cara mendaftarkannya pada asuransi swasta.

Asuransi jiwa

Asuransi jiwa merupakan salah satu jenis asuransi yang penting untuk karyawan, terutama bagi pekerja yang sekaligus berperan sebagai pencari nafkah tunggal di keluarga. Asuransi jiwa dapat memberikan proteksi berupa santunan kepada keluarga pekerja yang meninggal dunia, yang mana hal tersebut dapat membantu meringankan keluarga yang ditinggalkan.

Asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan memanglah diwajibkan untuk dimiliki karyawan, karena setidaknya para pekerja diwajibkan memiliki BPJS Kesehatan. Namun, tidak sedikit perusahaan yang memberikan perlindungan lebih untuk para karyawannya.

Biasanya, perusahaan mendaftarkan para karyawannya pada asuransi kesehatan swasta, yang biasanya seluruh biaya preminya dibayarkan oleh perusahaan.

Asuransi perjalanan

Asuransi jenis ini biasanya diberikan kepada pekerja yang memiliki tingkat mobilitas yang cukup tinggi. Asuransi perjalanan tidak hanya melindungi nasabahnya dari kecelakaan saja, namun juga dapat memberikan perlindungan berupa penggantian biaya ganti rugi jika ada keterlambatan pesawat, ganti rugi kehilangan bagasi, dan yang lainnya.

Asuransi pendidikan

Asuransi lainnya yang biasanya diberikan perusahaan kepada para karyawan adalah asuransi pendidikan. Asuransi jenis ini dapat memberikan perlindungan berupa bantuan dana pendidikan untuk anak.

Asuransi pendidikan bisa dibilang cukup penting, karena para karyawan tidak perlu khawatir akan jenjang pendidikan sang anak karena semuanya sudah terlindungi.

Asuransi pensiun

Asuransi terakhir yang biasanya diberikan kepada para karyawan adalah asuransi pensiun. Asuransi jenis ini dapat membantu pekerja pada saat masa pensiun dengan cara memberikan iuran yang bisa menambah pemasukan ketika sudah memasuki masa pensiun.Ahli waris juga bisa mendapatkan manfaat dari asuransi pensiun jika pekerja meninggal dunia sebelum memasuki masa pensiun.

Itulah beberapa jenis asuransi yang biasa diberikan oleh perusahaan kepada para pekerja. Tentunya masing-masing perusahaan memiliki jenis asuransi yang berbeda-beda untuk para karyawannya.

Seberapa pentingnya asuransi karyawan?

Tentu asuransi karyawan bukan hanya menguntungkan bagi para karyawan saja, namun juga perusahaan tempat ia bekerja. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa asuransi karyawan penting.

Meningkatkan produktivitas

Dengan adanya asuransi karyawan, tentu dapat membuat para karyawan jadi lebih tenang dalam melakukan pekerjaannya. Rasa tenang inilah yang dapat membantu meningkatkan produktivitas kerja karyawan.

Karyawan tidak perlu lagi memikirkan risiko yang dapat terjadi kapan saja, atau memikirkan biaya rumah sakit ketika ia atau keluarganya ada yang jatuh sakit. Semuanya sudah terlindungi oleh asuransi kesehatan yang diberikan perusahaan.

Meningkatkan kepuasan kerja

Memberikan para karyawan asuransi, dapat meningkatkan kepuasan kerja mereka. Para karyawan jadi merasa dipedulikan oleh perusahaan. Ini sangatlah penting, karena selain meningkatkan semangat kerja bagi para karyawan, kepuasan kerja yang tinggi juga dapat meningkatkan loyalitas kepada perusahaan.

Menguatkan hubungan antara karyawan dan perusahaan

Hubungan yang kuat antara karyawan dan perusahaan dapat menghasilkan hasil kerja yang positif. Selain itu, hubungan kuat antara karyawan dan perusahaan juga dapat membuahkan lingkungan yang sehat pada perusahaan, sehingga karyawan dapat memberikan hasil yang terbaik.

Dapat menambah nilai perusahaan

Perusahaan yang memberikan tunjangan berupa asuransi kepada para karyawannya dapat membuat calon pekerja jadi semakin tertarik untuk bekerja pada perusahaan tersebut. Dampaknya adalah, akan ada banyak SDM berkualitas yang melamar di perusahaan tersebut.

Selain itu, memberikan asuransi karyawan juga dapat menambah nilai dari perusahaan. Nilai ini dapat digunakan untuk branding yang positif.