Sejak munculnya virus COVID-19 di Indonesia, keadaan ekonomi semakin menurun hingga menyebabkan beberapa perusahaan terpaksa untuk merumahkan para karyawannya. Meskipun tidak semua perusahaan membuka lowongan, kesempatan untuk cari pekerjaan baru masih terbuka untuk kamu.

Jika kamu sedang mencari pekerjaan baru di tengah pandemi saat ini, kamu perlu secara aktif mendapatkan informasi lowongan pekerjaan. Berikut ini beberapa tips untuk mendapatkan pekerjaan dengan mudah yang perlu kamu ketahui:

1. Manfaatkan jaringan yang kamu miliki

Tidak sedikit masyarakat yang sadar pentingnya saling tolong menolong dalam hidup bersosial. Oleh karena itu, biarkan kerabat atau teman kamu mengetahui bahwa kamu sedang berusaha mencari pekerjaan.

Dengan demikian, bila mereka memiliki informasi mengenai lowongan pekerjaan, mereka tidak akan segan untuk memberitahukan kepada kamu.

Kamu juga bisa menghubungi mantan kerabat atau kolega di perusahaan lama barangkali tersedia lowongan pekerjaan yang bisa kamu isi. Jaringan sosial yang kamu miliki dapat membantu kamu untuk memperoleh pekerjaan yang sedang kamu butuhkan.

2. Melatih diri dalam wawancara pekerjaan baik via telepon maupun video

Di tengah pandemi saat ini, menjaga jarak merupakan salah satu cara mencegah penularan virus Covid19, sehingga wawancara kerja dilakukan secara online atau jarak jauh. Kamu perlu melatih diri untuk mengikuti wawancara baik melalui telepon maupun via panggilan video.

Tips mencari pekerjaan ini sangat penting, sebab tidak sedikit orang yang akan merasa canggung saat melakukan wawancara panggilan video dibandingkan dengan wawancara secara langsung.

3. Tunjukkan keterampilan yang kamu miliki

Saat melamar pekerjaan di suatu perusahaan tentu kamu akan bertemu dengan banyak kompetitor atau pesaing kamu, sehingga kamu perlu menunjukkan keterampilan yang kamu miliki saat melamar pekerjaan.

Tunjukkan bahwa keterampilan atau bakat yang kamu miliki sangat dibutuhkan oleh perusahaan yang sedang kamu lamar.

4. Kumpulkan Informasi

Lowongan pekerjaan di tengah pandemi tidaklah sedikit, oleh karena itu penting untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya saat kamu sedang mencari pekerjaan. Kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk mendapatkan informasi seputar lowongan pekerjaan.

Tips Sukses Dalam Wawancara Kerja

Salah satu faktor kegagalan dalam mendapatkan pekerjaan adalah wawancara atau presentasi yang tidak menarik. Jika kamu ingin berhasil dalam cari pekerjaan baru di tengah pandemi, maka kamu perlu mengetahui beberapa tips agar sukses mengikuti wawancara kerja seperti berikut ini:

1. Lakukan riset tentang perusahaan yang kamu lamar

Riset atau mengumpulkan informasi tentang perusahaan yang kamu lamar adalah salah satu tips sukses untuk berhasil dalam wawancara pekerjaan. Kamu perlu melakukan riset seputar posisi yang kamu inginkan dan sejarah perusahaan yang kamu lamar.

Biasanya HRD akan menanyakan sejauh mana kamu mengerti dan mengenal posisi yang ingin kamu isi dalam sebuah perusahaan. Jika kamu berhasil menjawab dengan baik, hal tersebut dapat menjadi nilai tambah dan meyakinkan HRD bahwa kamu sangat antusias dan tertarik bekerja di perusahaan tersebut.

2. Berpakaian rapih dan formal

Meskipun kamu hanya mengikuti wawancara jarak jauh atau wawancara online, kamu tetap harus menjaga penampilanmu. Gunakan pakaian yang rapi dan formal, bila perlu gunakan riasan wajah agar wajah terlihat segar.

Namun, jika kamu mengikuti wawancara tatap muka secara langsung, pastikan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan menjaga jarak.

3. Jawablah Pertanyaan dengan Runut

Jawablah semua pertanyaan yang diajukan oleh HRD secara runut, berikan pula poin tambahan yang kamu miliki seperti  kemampuan atau skill khusus yang kamu miliki.

Tunjukan kemampuan yang kamu kuasai dengan tidak bersikap sombong, dan tidak menjelaskan hal-hal di luar pertanyaan yang diajukan oleh pihak HRD.

4. Ajukan pertanyaan

Kamu bisa mengajukan beberapa pertanyaan kepada HRD, dengan mengajukan pertanyaan menunjukkan bahwa kamu sangat antusias dalam mengikuti proses penerimaan atau lowongan pekerjaan di perusahaan tersebut.

Ajukan pertanyaan di luar besaran gaji yang akan kamu terima misalnya bagaimana kondisi atau lingkungan kerja di perusahaan, atau bagaimana sistem kerja yang diterapkan oleh perusahaan dan lain sebagainya.

5. Bangun kesan positif di lima menit pertama

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan, perusahaan atau pihak HRD biasanya akan menentukan keputusan pada 5 (lima) menit pertama. Oleh karena itu, berusahalah untuk membangun kesan yang positif di 5 menit pertama kamu saat wawancara.

Pancarkan energi positif sehingga pihak perusahaan dan HRD dapat menerima kamu untuk bekerja sama dan tentunya tidak meninggalkan kesan yang terlalu percaya diri.

6. Usahakan untuk tidak gugup saat wawancara

Perasaan gugup adalah perasaan yang normal ketika kita terlalu bersemangat atau takut dalam mencoba hal baru. Namun perasaan gugup dapat diredakan dengan fokus pada tujuan dan melatih diri.

Usahakan untuk tidak gugup ketika sedang wawancara sehingga pihak HRD menjadi lebih yakin untuk menerima kamu.

Demikianlah beberapa tips mencari pekerjaan di tengah pandemi Covid-19 yang kamu terapkan jika ingin mendapatkan pekerjaan. Pastikan kamu selalu mencari informasi pekerjaan terbaru dengan cepat dan lengkap sehingga peluang keberhasilan yang kamu miliki dapat meningkat.

Tracking Yuk, Ketahui Tips Mudah Cari Kerja Di Tengah Pandemi
Bagikan
suka artikel ini :