arrow   Kembali ke website Generali.co.id

Inilah Alasan Kenapa Kamu Perlu Ganti Suasana WFH atau SFH di Rumah!

Healthy Lifestyle Rabu, 1 Juni 2022
Inilah Alasan Kenapa Kamu Perlu Ganti Suasana WFH atau SFH di Rumah.png

Selama pandemi Covid-19, banyak kegiatan menjadi lebih terbatas, sebagai contoh seperti bersekolah dan bekerja yang lebih banyak dilakukan secara online dari rumah. Tentunya, terlalu lama menjalankan Work From Home (WFH) dan sekolah secara daring secara kontinyu akan menimbulkan kebosanan dan stress.

Faktor Penyebab Rasa Bosan

Ada berbagai macam hal yang bisa membuat seorang karyawan maupun siswa menjadi stres dan bosan ketika beraktivitas secara terus menerus di dalam rumah. Entah itu faktor internal maupun eksternal. Adapun beberapa faktor yang dimaksud di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Faktor internal dari pekerjaan itu sendiri

Sering terjadi, banyak orang merasa bosan dan stres karena pekerjaan yang dilakukan terbatas hanya pada kegiatan itu-itu saja. Tidak ada interaksi secara langsung kepada teman-teman atau rekan kerja layaknya jika bekerja atau bersekolah secara tatap muka.

Terlebih jika orang dengan tipe kepribadian yang menyukai pekerjaan di situasi formal bersama rekan kerja, tentu berdiam diri bekerja di dalam rumah secara terus menerus akan menimbulkan kebosanan tersendiri. Hal ini juga akan menimbulkan stres tersendiri karena suasana yang terbilang monoton.

2. Suasana rumah yang kurang mendukung

Bekerja atau belajar dari rumah tentunya tidak serta merta didukung oleh situasi lingkungan rumah yang mendukung. Entah itu gangguan dari suara penghuni rumah, suara hewan di sekeliling rumah, dan sebagainya. Tidak jarang hal ini memberikan efek stres tersendiri bagi para pekerja maupun pelajar yang menjalankan aktivitasnya secara daring.

3. Variasi aktivitas yang terbatas

Kegiatan belajar dan bekerja dari rumah memang cenderung membuat segala aktivitas menjadi terbatas. Hal ini menimbulkan suatu kebosanan karena tidak adanya variasi setiap harinya. Dari pagi hingga sore atau malam hari, seseorang dihadapkan pada pekerjaan tanpa adanya interaksi sosial dengan orang lain selain dari orang rumah.

Jika bekerja atau belajar secara tatap muka, tentu ada kegiatan lain yang lebih variatif bersama teman-teman kerja atau sekolah, entah itu makan bersama, jalan-jalan, ngobrol, atau santai bersama. Namun karena situasi pandemi dan banyak pekerjaan dilakukan di dalam rumah, tentunya semua itu hanya dapat dilakukan sendiri saja.

Ganti Suasana Kerja Bisa Jadi Solusi

Mengganti suasana kerja supaya tidak monoton ternyata bisa menjadi salah satu solusi untuk menghindari rasa bosan akibat WFH yang sudah terlalu lama dijalankan. Kamu bisa mengganti beberapa hal di dalam rumah atau situasi kerja supaya tidak mudah mengalami kebosanan dan stres. Berikut beberapa contohnya.

1. Menjadikan suasana ruang kerja lebih estetik

Ada beberapa hal yang tentunya bisa menjadikanmu semakin produktif meskipun harus bekerja di dalam rumah dalam waktu yang lama. Salah satunya menjadikan kamar dan ruang kerja menjadi lebih nyaman dan estetik tanpa meninggalkan fungsi dari kamar dan ruang kerja itu sendiri.

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mendekor ulang kamar dan menata barang-barang supaya lebih rapi dan lebih lega untuk bekerja. Tempatkan meja dan kursi dalam posisi yang bisa membuatmu merasa lebih nyaman.

Bila perlu, gunakan beberapa furniture kekinian supaya kamar terlihat lebih fresh dan tidak membuatmu bosan bekerja. Kamu juga bisa menambahkan pewangi ruangan dengan aroma yang segar dan menenangkan.

2. Berpindah-pindah tempat kerja

Meskipun di rumah, tidak jarang kamu akan bosan jika bekerja atau menjalankan sekolah online di dalam kamar terus menerus. Ada kalanya kalau kamu menggunakan laptop sehingga dapat bekerja dari ruang tamu, teras, dan tempat lain yang membuatmu nyaman.

Meskipun saat ini sudah terdapat beberapa pelonggaran untuk tempat-tempat umum seperti cafe atau working space, tidak jarang tempat-tempat tersebut malah ramai sehingga membuat kinerja menjadi kurang efektif. Supaya merasa nyaman, kamu bisa memanfaatkan beberapa ruang di rumahmu untuk tempat bekerja.

3. Buat event online dengan teman

Suasana kerja yang membosankan tentunya akan berpengaruh pada produktivitas seorang pekerja. Hal ini juga dapat diatasi dengan bekerja sama dengan guru atau HRD tempatmu bekerja untuk membuat waktu khusus di luar pekerjaan untuk membuat suasana menjadi lebih segar.

Bisa dengan menggunakan game-game online yang saat ini sedang tren atau dengan kegiatan lain seperti karaoke online atau makan bersama secara virtual. Dengan kegiatan semacam ini, secara tidak langsung kamu akan merasa lebih nyaman bekerja dan terhindar dari efek burnout akibat terlalu lama bekerja dan sekolah dari rumah.

4. Jangan lupa olahraga

Tentunya, dari segala hal di atas, kamu juga tidak boleh melewatkan olahraga. Dengan gerakan yang simpel dan tidak perlu sampai berjam-jam, tentu akan membuat pikiran menjadi lebih segar dan suasana kerja menjadi lebih nyaman.

Sebagai contoh jika sedang merasa terlalu lama mengerjakan tugas atau pekerjaan, berhentilah sejenak selama beberapa menit untuk ganti suasana kerja dengan melakukan aktivitas fisik yang ringan, seperti senam, work out, atau sekadar jalan-jalan di sekitar rumah.

Dengan begitu, suasana kerja yang sekiranya menjadikanmu bosan, lama-lama akan menjadikanmu terbiasa dan dapat menyesuaikan dengan pekerjaan atau tugas sekolah tersebut. Selamat mencoba!