arrow   Kembali ke website Generali.co.id

Mengenal Varian COVID-19 yang Semakin Mengganas di Setiap Variannya

Healthy Protection Minggu, 12 Juni 2022
Mengenal Varian COVID-19 yang Semakin Mengganas di Setiap Variannya.png

Pandemi belum usai dan kita masih harus selalu waspada dimana saja dan kapan saja. Bahkan saat ini telah ditemukan varian baru virus COVID-19 yang dianggap lebih ganas dan berbahaya. Kali ini kita akan coba mengenal varian COVID-19 yang semakin mengganas di setiap variannya dan wajib untuk diwaspadai. Informasi ini diharapkan bisa membuat kamu jadi lebih waspada dan semakin ketat dalam menerapkan protokol kesehatan.

Varian COVID-19

Tentu saja tidak pernah ada yang menyangka bahwa pandemi COVID-19 akan berlangsung sampai sejauh ini. Banyak pula yang pasti sudah merasa bosan dan lelah menghadapi situasi pandemi. Apalagi virus Corona yang menyerang terus mengalami mutasi dan menghasilkan berbagai varian. Jadi bisa dikatakan bahwa saat ini kita tak hanya berhadapan dengan satu jenis virus melainkan banyak virus.

Sejak pandemi merebak sampai sekarang telah ada banyak varian COVID-19 yang menghantui. Kamu harus bisa mengenali setiap jenis varian yang muncul agar bisa melindungi diri sendiri secara optimal. Berikut ini adalah beberapa varian COVID-19 yang diketahui muncul sampai sekarang:

1. Alpha

Pertama ada varian Alpha yang pertama kali ditemukan di UK pada bulan September 2020. Varian ini sebenarnya tidak menunjukkan gejala yang berbeda. Gejalanya sama seperti infeksi COVID-19 pada umumnya hanya saja disertai juga dengan mual dan nyeri otot.

2. Beta

Selanjutnya ada infeksi COVID-19 varian Beta yang pertama kali terdeteksi di wilayah Afrika Selatan pada bulan Mei 2020. Gejalanya juga hampir sama saja seperti gejala yang ditunjukkan infeksi virus COVID-19 pada umumnya. Namun ada juga gejala khusus yang ditunjukkan individu terinfeksi varian Beta ini yaitu sakit perut.

3. Kappa

Lalu pada bulan Oktober 2020 muncul varian Kappa untuk pertama kalinya di India. Beberapa orang terinfeksi virus Corona varian ini menunjukkan gejala yang menyerupai penyakit campak. Muncul ruam di sekujur tubuh disertai demam dan mata merah.

4. Gamma

Pada bulan November 2020 juga ditemukan varian baru yang dinamai Gamma. Varian COVID-19 yang satu ini ditemukan pertama kali di Brasil. Gejalanya juga sama dengan varian lain serta penderita biasanya akan mengalami kelelahan ekstrem.

5. Delta

Kemudian ada varian Delta yang sempat membuat panik masyarakat. Varian ini pertama kali ditemukan di India di bulan Oktober 2021. Varian ini disebut lebih cepat menular sehingga memicu kepanikan. Ada beberapa gejala khusus yang terlihat yaitu sakit perut, mual, nyeri sendi, gangguan pendengaran, dan kehilangan selera makan.

6. Eta

Selanjutnya ada varian Eta yang langsung ditemukan terdeteksi di beberapa negara mulai bulan Desember 2020. Varian ini tidak begitu istimewa karena menunjukkan gejala-gejala yang sama dengan jenis varian lainnya.

7. Iota

Bulan November 2020 ditemukan pula varian virus Corona yang diberi nama Iota. Varian ini ditemukan di wilayah Amerika Serikat. Varian Iota juga tidak begitu istimewa karena gejala yang dibawa hampir sama dengan infeksi virus Corona lainnya. Tidak ada gejala spesifik yang ditunjukkan.

8. Lambda

Sama halnya dengan varian Lambda yang ditemukan pertama kali di wilayah Peru pada bulan Desember 2020. Tidak ada gejala spesifik yang muncul. Semua gejalanya sama dengan gejala infeksi virus Corona pada umumnya.

9. Mu

Varian Mu muncul pertama kali di Kolombia pada bulan Januari 2021. Varian ini juga tidak istimewa karena gejala yang ditunjukkan sama seperti varian lainnya. Penderita akan mengalami batuk, demam, juga perubahan indera penciuman dan pengecapan.

10. Omicron

Varian terbaru yang muncul belum lama ini adalah varian Omicron. Disebutkan bahwa varian ini telah terdeteksi di beberapa wilayah negara dan memiliki kecepatan penularan yang lebih tinggi. Kini banyak negara mulai bersiap kembali untuk mencegah terjadinya penyebaran varian virus Corona yang satu ini.

Menghadapi berbagai Varian COVID-19

Setelah mengenal varian COVID-19 yang semakin mengganas di setiap variannya maka kini kita wajib waspada. Apa yang bisa kita lakukan untuk menghadapi banyaknya varian virus Corona ini? Pertama, pastikan kamu selalu menerapkan protokol kesehatan dimanapun berada. Kemudian, pastikan pula bahwa kamu sudah menerima vaksin COVID-19 sebanyak 2 kali dosis.

Kini pemerintah juga sudah mulai merencanakan pemberian booster untuk meningkatkan imunitas tubuh kita terhadap infeksi virus Corona. Jika memang booster sudah bisa diperoleh maka pastikan kamu mendapatkannya. Selain itu tetap jaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat dan selalu berhati-hati dimanapun berada.

Jangan lupa pastikan juga kamu memiliki asuransi kesehatan terbaik. Gunakan layanan asuransi dari Generali Indonesia untuk mempermudah kamu mendapat layanan kesehatan dan akses obat saat dibutuhkan. Penting sekali untuk mengenal varian COVID-19 yang semakin mengganas di setiap variannya agar kamu semakin waspada dan lebih cermat menjaga diri.