5 Tips Cegah Mata Lelah Akibat Layar Gadget

Healthy Lifestyle Minggu, 12 Juni 2022
5 Tips Cegah Mata Lelah Akibat Layar Gadget.png

Tren Working From Home (WFH) belakangan ini membuat segala pekerjaan banyak dilakukan di depan gadget, baik itu handphone maupun laptop untuk bekerja atau sekolah secara online. Sayangnya, hal tersebut seringkali membuat kita mengalami mata lelah atau yang juga sering disebut dengan stres mata.

Jika dibiarkan berlarut-larut, tentu saja hal ini akan berdampak buruk bagi kesehatan. Oleh karenanya, ada beberapa cara dan tips yang dapat Anda lakukan untuk mencegah mata terlalu lelah akibat penggunaan gadget. Tips seperti apakah itu, yuk simak ulasannya berikut.

Mata yang lelah seringkali ditandai dengan beberapa ciri, seperti mata yang gatal, kering dan berair, pandangan yang kabur, lebih sensitif terhadap cahaya, hingga sejumlah nyeri pada bagian tubuh lain seperti bahu, punggung atau kepala. Hal ini tentu perlu diwaspadai sehingga sebaiknya Anda bisa melakukan beberapa hal berikut untuk mencegah kelelahan pada organ penglihatan Anda tersebut.

1. Menyesuaikan posisi monitor

Anda mungkin sudah terlalu nyaman memandangi layar gadget dengan posisi mata yang menghadap ke bawah, padahal sebenarnya hal ini kurang bagus untuk kesehatan mata. Ada baiknya Anda mengatur posisi layar yang cukup sejajar, kurang lebih 15-20 derajat di bawah pandangan lurus.

Selain itu, ada baiknya Anda menempatkan layar komputer dengan jarak yang cukup. Kurang lebih 50-70 centimeter dari mata. Tujuannya tentu saja supaya mengurangi stres pada mata sekaligus mencegah agar leher dan bahu tidak diposisikan menunduk yang dapat menyebabkan sakit atau nyeri.

Jika merasa terlalu jauh dan tulisan pada layar tidak terlihat, ukuran font pada gadget bisa diperbesar dan disesuaikan dengan penglihatan Anda. Dengan begitu, ketegangan pada mata akan menjadi sedikit berkurang dan tentunya akan mengurangi risiko kelelahan pada mata.

2. Menyesuaikan pencahayaan

Pencahayaan di dalam tempat bekerja juga sangat berpengaruh terhadap kondisi mata supaya tidak cepat lelah. Terlebih dengan intensitas cahaya yang tepat, maka akan mengurangi ketegangan pada mata Anda ketika menatap layar gadget.

Cahaya yang terlalu terang akan membuat mata menjadi mudah sakit. Begitu pula dengan cahaya yang kurang bahkan cenderung gelap, tentunya membuat mata menjadi bekerja lebih ekstra sehingga mata menjadi cepat lelah.

Menyeimbangkan pencahayaan sangatlah penting dengan menyalakan lampu atau bekerja di dalam ruangan yang sinar mataharinya cukup. Namun, Anda juga perlu menyesuaikan kontras cahaya pada laptop atau handphone supaya tidak terlalu silau atau gelap.

3. Mengistirahatkan mata secara berkala

Bekerja di depan laptop/komputer serta menatap handphone terlalu lama sebaiknya diimbangi dengan istirahat secara berkala. Jadi, Anda tidak serta merta terus-terusan menatap gadget selama berjam-jam dan membuat mata lelah akibat gadget.

Nah, untuk mencegah kelelahan akibat menatap layar gadget, ada baiknya jika Anda mencoba metode 20-20-20. Artinya, setiap 20 menit sekali Anda melihat objek sejauh 20 kaki (sekitar 6 meter) selama 20 detik. Atau, Anda juga bisa menggunakan metode 2-15 di mana jika Anda sudah menatap layar selama 2 jam, berhentilah dan beristirahatlah selama 15 menit.

4. Lebih sering berkedip

Banyak orang cenderung lebih sedikit berkedip ketika sedang menatap layar komputer atau handphone. Padahal, hal tersebut malah akan menyebabkan mata menjadi kering dan meningkatkan risiko kelelahan akut pada mata.

Berkedip merupakan cara tubuh untuk menghasilkan air mata yang alami dengan tujuan untuk membasahi dan menyegarkan area mata. Opsi lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan tetes mata yang mengandung air mata buatan supaya mata tidak mudah kering dan gatal.

5. Menggunakan kacamata

Selain itu, disarankan untuk menggunakan kacamata khusus seperti yang memiliki fitur anti radiasi. Menggunakan kacamata juga dapat membantu Anda mengurangi ketegangan pada mata karena terlalu lelah bekerja. Apalagi jika Anda memiliki riwayat rabun jauh atau rabun dekat, tentu saja penggunaan kacamata ini akan sangat berguna.

Jika Anda menggunakan lensa kontak, ada baiknya sesekali diganti dengan menggunakan kacamata. Lensa kontak ternyata bisa menyebabkan risiko mata kering menjadi semakin bertambah. Terlebih jika Anda harus menatap layar laptop atau komputer selama beberapa jam lamanya.

Rekomendasi Waktu yang Tepat Mengakses Gadget

Sejatinya, tidak ada yang benar-benar pasti mengenai kapan waktu yang tepat untuk mengakses gadget seperti laptop dan komputer. Anda bisa mengaksesnya kapan saja, baik pagi hari, siang hari, bahkan malam hari sekalipun.

Namun, berbagai organisasi kesehatan memang menyarankan untuk menggunakan waktu maksimal 1-2 jam untuk akses berbagai gadget tersebut supaya tidak menyebabkan kelelahan pada mata. Bagi Anda yang bekerja seharian menggunakan laptop atau komputer, Anda dapat menerapkannya dengan cara mengistirahatkan mata setiap maksimal 2 jam sekali.

Apabila diterapkan secara tepat, maka kelelahan mata akan bisa Anda hindari. Terlebih karena kesehatan pada mata juga dapat berpengaruh terhadap kondisi anggota tubuh lainnya.

Demikian beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah berbagai risiko karena mata lelah menatap komputer. Semoga informasi yang kami sampaikan di atas bermanfaat dan semakin menambah referensi wawasan Anda. Silakan dicoba!