Gaji UMR Bisa Dapat Asuransi Dengan Perlindungan Maksimal? Bisa Dong

Healthy Protection Minggu, 12 Juni 2022
Gaji UMR Bisa Dapat Asuransi Dengan Perlindungan Maksimal? Bisa Dong.png

Kesehatan adalah sesuatu yang sangat penting dan perlu dijaga dalam hidup. Namun hidup tidak selalu berjalan mulus dan pasti akan ada risiko di masa depan. Oleh karena itu, salah satu cara meminimalisirkan risiko adalah dengan memiliki asuransi kesehatan.

Namun bagaimana jika kamu seorang karyawan swasta dengan gaji UMR, apakah mungkin untuk mendapatkan perlindungan asuransi secara maksimal dengan premi yang tepat? Yuk simak ulasan berikut ini.

Yuk, Kenali Apa Itu Asuransi Kesehatan?

Bagi kamu yang masih asing dengan istilah asuransi, asuransi kesehatan adalah suatu jenis asuransi yang dapat meringankan biaya rumah sakit apabila kamu atau salah satu anggota keluargamu jatuh sakit.

Asuransi pun memiliki beberapa macam seperti, Asuransi Jiwa Terbaik, Asuransi Kendaraan, Asuransi Kesehatan Terbaik, Asuransi Kecelakaan, hingga Asuransi Pendidikan Anak.

Manfaat asuransi adalah tertanggung asuransi mendapatkan perlindungan yang disediakan oleh perusahaan asuransi dalam bentuk dana santunan.

Misalnya jika tertanggung asuransi mengalami kecelakaan atau jatuh sakit sehingga membutuhkan biaya penanganan rumah sakit, maka penyedia asuransi akan memberikan biaya penggantian untuk penanganan dan rawat medis.

Tips Memilih Asuransi Dengan Perlindungan Maksimal Untuk Gaji UMR

Kamu mungkin akan berpikir bahwa biaya premi asuransi sangat mahal sehingga tidak dapat dicover dengan gaji UMR yang kamu miliki. Padahal kamu dapat memilih premi sesuai dengan kemampuan kamu loh!

Walaupun gaji kamu pas-pasan, kamu tetap bisa memiliki asuransi untuk kesehatan dengan mengikuti beberapa tips berikut ini:

1. Belilah Asuransi Ketika Masih Sehat

Tidak sedikit orang yang masih belum mengerti bahwa mendaftarkan asuransi perlu dilakukan sebelum jatuh sakit bukan pada saat sedang sakit. Hal tersebut terkait dengan beberapa ketentuan yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi.

Asuransi bagaikan investasi untuk kesehatan di masa depan sehingga ketika kamu atau anggota keluarga mendadak jatuh sakit dapat terbantu masalah biaya.

2. Pilih Premi Sesuai Kemampuan

Premi asuransi adalah harga yang dibayarkan oleh tertanggung asuransi kepada perusahaan asuransi yang dapat dibayarkan bulanan atau tahunan. Kamu perlu memilih produk asuransi dengan premi yang sanggup dan mampu kamu bayarkan.

Sebagai contoh, kamu memiliki gaji UMR Jakarta sebesar Rp 4.000.000, dengan skema pengeluaran sebagai berikut:

  • Biaya sewa kos di Jakarta Rp 1.500.00
  • Biaya makan selama satu bulan Rp 1.000.000
  • Biaya tagihan listrik dan air Rp 500.000
  • Biaya transportasi Rp 300.000
  • Tabungan dan investasi Rp 500.000

Total pengeluaran kamu selama 1 (satu) bulan dengan gaji UMR yaitu Rp 3.800.000 yang berarti kamu masih memiliki sisa Rp 200.000 yang dapat kamu alokasikan untuk membayar asuransi setiap bulannya.

Jika kamu kesulitan untuk mencari asuransi dengan premi di bawah Rp 200.000 per bulan, kamu bisa mengecek informasi asuransi online yang kini banyak tersedia salah satunya adalah website Generali.com.

3. Periksa Double Klaim Pada Asuransi

Fitur double claim atau klaim ganda adalah fitur klaim yang dapat dilakukan oleh tertanggung asuransi untuk melakukan klaim pada suatu kasus dengan lebih dari 1 (satu) perusahaan asuransi.

Misalnya, kamu mendapatkan asuransi kesehatan dari kantor lalu kamu juga membayar asuransi swasta secara pribadi. Apakah asuransi yang kamu pilih dapat diklaim secara bersamaan untuk membantu menutupi biaya penanganan medis ketika kamu jatuh sakit?

Pastikan terlebih dahulu asuransi yang akan kamu pilih menyediakan fitur double claim atau tidak. Sebab fitur ini dapat membantu kamu dalam melakukan klaim biaya penanganan medis dengan optimal di masa yang akan datang.

4. Periksa Detail Polis Secara Teliti

Polis asuransi adalah sebuah istilah untuk kontrak kerja sama yang tertulis diatas hitam putih, antara nasabah pemegang polis atau tertanggung asuransi dengan perusahaan asuransi.

Isi kontrak perjanjian yang dimuat merupakan kesepakatan tentang kesediaan perusahaan penyedia asuransi untuk menanggung risiko dari nama yang tertera dalam polis yaitu tertanggung asuransi, dalam jangka waktu yang ditentukan sesuai perjanjian.

Pemegang polis wajib untuk membayar biaya premi sesuai dengan yang telah disepakati oleh kedua pihak. Dalam hal ini, kamu perlu memeriksa detail polis secara baik dan teliti.

5. Pilihlah Asuransi Kesehatan Murni

Asuransi terbagi dalam dua jenis yang berbeda yaitu asuransi murni dan asuransi unit link. Asuransi unit link merupakan jenis asuransi dimana terdapat unsur investasi di dalamnya. Dengan gaji UMR, sebaiknya kamu memilih asuransi untuk kesehatan murni.

Namun jika kamu ingin berinvestasi, maka kamu dapat memilih asuransi dan investasi secara terpisah. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan perlindungan secara optimal dan maksimal dari asuransi murni namun dengan harga premi yang lebih murah.

Sudah Tahu Pilih Asuransi yang Mana?

Setelah mendapatkan beberapa tips memilih asuransi dengan gaji UMR, kamu bisa lebih mudah untuk menetapkan jenis asuransi yang akan kamu pilih dan cara untuk memilih asuransi yang tepat dan terbaik sesuai kemampuan kamu.

Asuransi jiwa sangat penting untuk kesehatan dan perlindungan di masa yang akan datang. Dapatkan informasi lebih lengkap dan terbaru seputar perlindungan diri dan asuransi hanya di situs kami.