6 Cara Menghitung dan Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak

Healthy Wealth Minggu, 12 Juni 2022
6 Cara Menghitung dan Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak.png

Saat ini biaya pendidikan anak semakin tinggi. Orang tua harus benar-benar mempersiapkan biaya pendidikan untuk anak sejak dini. Persiapan yang matang akan membantu anak mendapatkan fasilitas pendidikan yang optimal demi masa depannya. Berikut ini adalalah 6 cara menghitung dan mempersiapkan biaya pendidikan anak agar tidak terasa terlalu berat.

1. Buatlah Rencana Waktu

Pertama, cobalah untuk membuat rencana waktu. Persiapan biaya pendidikan akan jauh lebih efektif jika ada waktu yang tepat. Perhatikan usia anak saat ini dan hitung di usia berapa anak akan bersekolah. Ini bisa menjadi acuan bagi kamu untuk menentukan strategi persiapan biaya pendidikan bagi anak. Perhitungan waktu yang tepat akan membuat persiapan dana memadai ketika dibutuhkan.

Jika anak masih usia dini, maka buatlah timeline. Tentukan kapan anak akan masuk PAUD, TK, SD, SMP, SMA, bahkan sampai perguruan tinggi. Di setiap tahap sekolah itu, harus ada rencana yang pasti tentang strategi yang akan diterapkan untuk bisa mendapatkan biaya sekolah yang mencukupi.

2. Tentukan Pilihan Sekolah

Selanjutnya silakan pilih mana sekolah yang akan dijadikan tempat belajar anak. Nah, memilih lokasi sekolah ini bisa jadi tahap yang cukup berat dan tricky. Ada banyak sekali fasilitas sekolah yang saat ini tersedia di berbagai jenjang. Orang tua harus cukup cermat memperhatikan fasilitas tiap sekolah dan juga mempertimbangkan biaya yang dibutuhkan.

Perlu diketahui bahwa setiap sekolah bisa saja menerapkan sistem biaya yang berbeda. Terutama untuk sekolah yayasan biasanya biaya yang dibutuhkan akan jauh lebih tinggi atau mahal. Jika sudah ada target sekolahnya maka akan jauh lebih mudah untuk membuat perhitungan dan mulai menabung agar biaya sekolah bisa tercukupi.

3. Lakukan Riset Biaya

Salah satu cara menghitung dan mempersiapkan biaya pendidikan anak adalah melakukan riset soal biaya itu sendiri. Jika sebelumnya sudah mengambil pilihan lokasi sekolah maka bisa segera dilakukan riset. Cari tahu berapa banyak biaya sekolah yang dibutuhkan saat ini. Informasi ini bisa didapatkan langsung dari pihak sekolah dengan berkonsultasi terlebih dahulu.

Selain itu, lakukan juga riset atau perhitungan biaya sekolah di masa depan. Ini merupakan salah satu cara menghitung biaya pendidikan anak yang efektif meskipun masih berupa perkiraan. Kamu bisa menggunakan acuan peningkatan biaya sekolah di masa lalu. Meskipun besarnya biaya ini mungkin tidak akurat namun tetap bisa menjadi gambaran dalam mempersiapkan uang sekolah anak.

4. Identifikasi Investasi yang Sudah Ada

Tahap selanjutnya adalah melakukan identifikasi jenis investasi apa saja yang sudah ada. Langkah ini khusus dilakukan jika kamu memang sudah punya investasi sebelumnya. Tentukan apa saja investasi yang ada dan memang bisa digunakan untuk menutup biaya pendidikan anak. Tentukan juga berapa besar jumlah investasi yang dapat digunakan untuk membayar biaya pendidikan tersebut.

Jika sudah ada investasi maka akan jauh lebih mudah untuk mempersiapkan dana pendidikan. Itulah mengapa sangat disarankan untuk mulai melakukan investasi sedini mungkin. Ambil pilihan investasi yang tepat sejak dini dan buat tujuan investasi yang jelas, salah satunya untuk biaya pendidikan anak.

5. Mulailah Berinvestasi

Langkah ini dilakukan bagi kamu yang belum punya bentuk investasi apapun. Ini menjadi cara mempersiapkan dana pendidikan anak yang cukup efektif jika anak masih berusia dini. Artinya, masih ada cukup waktu untuk mempersiapkan biaya lewat investasi. Segera pilih jenis investasi yang dirasa menguntungkan dan ada imbal balik yang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan biaya pendidikan anak.

Sangat disarankan untuk memilih jenis investasi jangka panjang. Apalagi jika usia anak masih kecil sehingga investasi ini bisa digunakan ketika si anak mulai masuk sekolah. Sesuaikan juga pilihan investasi dengan jumlah modal yang dimiliki. Zaman sekarang modal investasi sudah semakin mudah untuk dijangkau. Layanan investasi juga semakin mudah diperoleh bahkan sistem pembayarannya bisa diakses secara online.

6. Gunakan Asuransi Pendidikan

Demi memenuhi kebutuhan pendidikan anak, cobalah untuk mempertimbangkan asuransi pendidikan anak. Asuransi ini akan sangat membantu kamu untuk memenuhi biaya pendidikan secara efektif dan tepat waktu. Saat ini ada banyak sekali pilihan layanan asuransi pendidikan yang dapat kamu ambil tentunya sesuai dengan kapasitas kemampuan juga kebutuhan.

Itulah mengapa penting untuk membuat rencana pendidikan anak terlebih dahulu. Pilih dulu sekolah yang akan ditempati anak, lakukan riset biaya, barulah kemudian bisa ditentukan jenis asuransi yang paling sesuai. Diskusikan dulu dengan pihak asuransi agar kamu bisa mendapatkan layanan asuransi yang cocok sesuai ekspektasi.

Itulah tadi cara menghitung dan mempersiapkan biaya pendidikan anak secara efektif. Asuransi memang bisa jadi pilihan yang menguntungkan. Percayakan persiapan biaya pendidikan anak kepada layanan asuransi pendidikan dari Generali Indonesia. Perencanaan dana pendidikan jadi lebih teratur dan efisien bersama Generali.