Hobi menyenangkan untuk si kecil yang cepat bosan

Jumat, 27 Desember 2019
Hobi menyenangkan untuk si kecil yang cepat bosan

Banyak manfaat yang bisa didapat dari hobi - meningkatkan percaya diri dan melatih sikap mandiri, serta mengatasi kebosanan pada anak-anak.

Berikut ini beberapa hobi menarik sekaligus ramah di kantong untuk si kecil yang cepat bosan.

Cari kegiatan yang bisa bermanfaat bagi anak tidak hanya saat mereka masih kecil, dan bisa dilakukan sampai mereka besar kelak. Contohnya, merajut, origami, menjahit selimut sendiri atau menggabungkan perca kain (khusus merajut, karena jarum yang digunakan besar dan tajam, aktivitas ini cocok untuk anak yang lebih besar). Selain mudah, beberapa kegiatan ini juga universal - bisa dilakukan anak perempuan maupun laki-laki, dan bisa bermanfaat saat anak sudah dewasa nanti.

Bermain musik mulai dari piano, gitar dan biola terbukti membuat konsentrasi semakin meningkat, ingatan lebih tajam dan memberikan ketenangan batin bagi musisi yang memainkan alat musiknya. Untuk anak yang suka film dan teknologi, ajari mereka untuk membuat film dokumenter sendiri dari rumah atau belajar menggunakan komputer untuk membuat situs pribadi mereka sendiri.

Bila anak cukup lincah dan banyak bergerak, salurkan luapan energi ini lewat olahraga yang cukup menguras tenaga, seperti panjat tebing, kickboxing atau memanah. Anak yang aktif harus diberikan medium untuk menggunakan energinya, sehingga mereka semakin sehat, bersemangat, dan tidur lebih nyenyak di malam hari.

Bagaimana dengan hobi yang menarik sekaligus membangun rasa penasaran anak untuk belajar? Ada, lho. Contohnya adalah belajar bahasa baru, lewat buku, aplikasi atau les khusus. Pilihan les bahasa asing di berbagai kota besar Indonesia antara lain ada bahasa Inggris, Perancis, Jerman dan Jepang.

Dekatkan anak dengan alam lewat hobi bercocok tanam - bila tinggal di rumah dengan pekarangan, sisihkan sebagian pekarangan untuk membuat kebun sayuran khusus untuk si kecil, sedangkan bila tinggal di apartemen atau rumah tanpa taman, tanaman dan bunga pot adalah alternatif yang bisa dipilih.

Apapun kegiatannya, jangan lupa untuk selalu mendampingi si kecil menjalani hobi yang disukainya, ya. Beri ia semangat dan ajari untuk selalu menekuni hobi tersebut sebaik mungkin.

 

Untuk memberikan tambahan perlindungan yang bisa membuat kita sebagai orangtua selalu merasa aman setiap saat, moms bisa mulai berikan proteksi asuransi bagi si buah hati, lewat iPlan - solusi yang paling lengkap dari Generali.

 

Untuk tips merawat anak dan berbagai artikel parenting lainnya, moms bisa ikuti artikel-artikel berikut:

Cara mudah membantu anak sukses ulangan di sekolah

Tabungan Terbaik untuk Anak: Kenali Fitur-fiturnya

Langkah Lindungi Anak Dari Bahaya Saat Bermain Internet

Vitamin dan mineral terpenting bagi anak-anak dalam masa tumbuh kembang

Meal plan ideal: sehat, hemat dan bergizi