arrow   Kembali ke website Generali.co.id

Bagaimana Cara Mendapatkan Asuransi Jiwa, Kesehatan, dan Asuransi Penyakit Kritis Dalam Satu Polis Asuransi?

Healthy Protection Minggu, 10 Juli 2022
Bagaimana Cara Mendapatkan Asuransi Jiwa, Kesehatan, dan Asuransi Penyakit Kritis Dalam Satu Polis A.jpg

Asuransi adalah hal penting yang dapat digunakan untuk menjaga finansial agar tetap stabil. Jika kamu memiliki asuransi, maka itu akan menjaga finansialmu dari risiko kerugian saat berada di situasi yang tidak diinginkan, seperti sakit, kecelakaan, bahkan kematian. Nah, bagaimana cara mendapatkan asuransi jiwa, kesehatan, dan asuransi penyakit kritis dalam satu polis asuransi? Simak caranya di sini!

  1. Kenali Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Perlu kamu ketahui bahwa asuransi adalah jaminan jangka panjang pada finansialmu. Sehingga sebelum membeli asuransi, maka ada baiknya untuk memeriksa kredibilitas dari perusahaan asuransi yang akan kamu beli. Pilih perusahaan yang memiliki kredibilitas yang tinggi dan tidak memiliki permasalahan pada pengelolaan keuangan. Hal ini bertujuan agar kamu mengetahui bagaimana cara mereka dalam mengelola uang yang kamu berikan untuk asuransi.

Kamu juga dapat melihat laporan keuangan dari perusahaan asuransi tersebut melalui berbagai media, seperti surat kabar, website, dan yang lainnya. Lihat juga peringkat dan rating yang perusahaan itu memiliki serta bagaimana Risk Based Capital perusahaan, apakah sudah sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pemerintah atau belum. 

 

  1. Periksa Penawaran dari Produk Asuransi

Setelah mengetahui kredibilitas dari perusahaan, selanjutnya adalah periksa penawaran dari produk asuransi. Jangan tergiur dengan produk asuransi dengan harga yang murah, karena biasanya terdapat beberapa kekurangan yang signifikan pada produk tersebut. 

Asuransi ini tidak hanya berlaku untuk waktu yang singkat karena ini merupakan produk dengan jangka yang panjang. Oleh sebab itu, perhatikan banyak hal sebelum membeli produk asuransi.

Penawaran-penawaran yang harus kamu periksa antara lain jenis-jenis penyakit yang ditanggung, dimana saja area penanggungannya, serta biaya perawatan yang ditanggung. Kamu juga bisa membandingkan penawaran asuransi tersebut dengan asuransi lain dengan cara mempertimbangkan fasilitas dan harga yang akan kamu dapatkan.

  1. Beli Asuransi

Nah, tahap ini merupakan tahap yang paling penting. Setelah melihat penawaran dari produk asuransi yang ditawarkan, kamu bisa memutuskan untuk membeli asuransi tersebut. Ada berbagai jenis asuransi yang dapat kamu pilih dengan manfaat dan kebutuhan yang berbeda-beda. 

Asuransi jiwa merupakan asuransi yang tujuannya adalah untuk menanggung kerugian keuangan yang tidak terduga dan disebabkan oleh kematian anggota keluarga, khususnya yang menjadi sumber pencari nafkah. Selanjutnya terdapat asuransi untuk melindungi kesehatan saat sedang sakit atau mengalami kecelakaan. Selain itu, ada juga asuransi untuk penyakit kritis. 

Lalu bagaimana cara mendapatkan asuransi jiwa, kesehatan, dan asuransi penyakit kritis dalam satu polis asuransi? Kamu harus membeli terlebih dahulu satu jenis asuransi, misalnya asuransi proteksi jiwa, ataupun membeli asuransi untuk kesehatan. Hal ini dilakukan agar dapat mendapatkan ketiga asuransi tersebut dalam satu polis asuransi saja. 

  1. Beli Rider atau Asuransi Tambahan

Langkah selanjutnya setelah membeli satu jenis asuransi, baik asuransi proteksi jiwa, atau asuransi kesehatan, kamu harus membeli rider atau asuransi tambahan. Dalam satu polis asuransi, kamu bisa membeli asuransi tambahan ini agar jaminan dari asuransi semakin lengkap dan hidupmu akan lebih tenang.

Ketika kamu membeli asuransi perlindungan jiwa, maka kamu bisa membeli rider atau asuransi tambahan berupa asuransi perlindungan kesehatan dan juga asuransi penyakit kritis. Hal ini juga dapat berlaku sebaliknya, kamu bisa membeli asuransi perlindungan kesehatan dulu, baru membeli rider atau asuransi tambahan, berupa asuransi perlindungan jiwa dan asuransi untuk penyakit kritis.

  1. Bayar Premi Asuransi Secara Rutin

Setelah kamu sudah membeli asuransi beserta rider atau asuransi tambahannya, tidak hanya berhenti di situ. Kamu juga harus rutin untuk membayar premi asuransi sesuai dengan perjanjian yang ada pada polis. Premi asuransi merupakan biaya yang harus dibayar oleh setiap nasabah asuransi pada jangka waktu tertentu. Ini merupakan bentuk tanggung jawab dari setiap nasabah.

Dengan membayarkan premi asuransi, maka hal ini akan memberikan jaminan perlindungan kedepannya terhadap risiko-risiko kerugian finansial saat terjadi hal yang tak diharapkan.

  1. Klaim Asuransi Jika Dibutuhkan

Jika sewaktu-waktu polis asuransi dibutuhkan dan ingin dicairkan, maka kamu dapat mengajukan klaim terhadap polis tersebut sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah disepakati sebelumnya. Oleh sebab itu, kamu harus mengajukan klaim asuransi pada perusahaan tempat kamu membeli asuransi tersebut.

Biasanya kamu harus mengisi formulir untuk melakukan klaim. Formulir tersebut bisa kamu dapatkan dengan mengunduhnya dari website perusahaan asuransi tersebut. Setelah itu unggah formulir beserta dokumen terlampir secara online lewat website. Perusahaan asuransi akan memeriksa kelengkapan dokumen. Jika diterima, maka mereka akan membayarkan dana sesuai dengan ketentuan dalam polis.

Nah, demikian pembahasan singkat mengenai bagaimana cara mendapatkan asuransi jiwa, kesehatan, dan asuransi penyakit kritis dalam satu polis asuransi. Dengan memiliki asuransi, kamu akan mendapat banyak manfaat untuk melindungi finansialmu dari kerugian-kerugian yang tidak diinginkan. Finansial dan kehidupanmu akan lebih stabil setelah mempersiapkan asuransi jiwa dengan Generali.