Life begins at 50: 4 cara tetap fit di usia tua

Healthy Lifestyle 02 Desember 2017
healthy living thumb

Olahraga memang penting - selain menjaga bentuk badan, membuat otak tetap aktif, semangatpun tetap tinggi. Seiring bertambahnya usia, olahraga akan terasa lebih sulit secara fisik - tapi sebenarnya, olahraga di usia lanjut itu sangat penting, lho! Tetap aktif setiap hari membantu melindungi jantung, membuat mood selalu bagus, juga menjauhkan kita dari penyakit. Faktanya, ada riset baru buktikan bahwa aktif secara fisik membuat panjang umur. Nah, kalau sebelumnya jarang atau bahkan tak pernah banyak aktivitas fisik, mulai berolahraga bisa terasa sulit, apalagi di usia lanjut - susahnya serasa lari maraton mendaki gunung! Tapi, jangan kuatir. Simak 4 cara mudah untuk kembali fit di atas usia 50 tahun.

Nah, bila kamu kebetulan belum berusia di atas 50 tahun, artikel ini juga dapat kamu share dengan orangtuamu, supaya mereka tetap fit di usia lanjut.

1. Buat catatan latihan

Pertama-tama, seperti apa sih jadwal harian kita? Sudah pensiun atau masih bekerja? Seperti apapun jadwal harian yang kita punya, mudahnya, buatlah notes untuk mencatat kapan saja kita olahraga selama minimal 20 menit setiap minggu. Catatan ini membantu kita keep in track dengan waktu olahraga yang paling memungkinkan setiap hari. 

2. Tambah porsi olahraga (bila mungkin)

Apakah kita sudah cukup berolahraga? Sanggup nggak, untuk menambah porsinya? Menambah porsi olahraga yang sudah biasa kita lakukan adalah awal yang baik. Contohnya, berjalan, yang merupakan latihan aerobik ringan tapi efektif. Berjalan santai melatih otot-otot seluruh badan dan membantu kesehatan jantung. Cobalah untuk jalan tiga kali seminggu, selama 20 menit saja. Cari teman untuk jalan bareng, dan sesuaikan obrolan dengan ritme jalan yang pas - jangan sampai ngos-ngosan, ya!

3. Olahraga = sosialisasi

Olahraga lebih fun bila dilakukan bersama-sama. Ajak anak atau cucu untuk berenang sekali seminggu atau jalan pagi saat car free day. Kelas dansa seperti salsa biasanya diminati oleh kalangan berusia di atas 40an, sebagai alternatif aerobik yang menyenangkan sekaligus juga untuk mendapat kenalan baru!

4. Perubahan-perubahan kecil membawa hasil besar

Perubahan-perubahan kecil-lah yang pelan-pelan akan membawa hasil besar dan membantu kita tetap fit. Cobalah untuk naik menggunakan tangga alih-alih dengan lift, lakukan aktivitas berkebun lebih sering, aktiflah menjadi relawan sosial di sekitar tempat tinggal, atau lebih banyak melakukan kerajinan tangan. Ikuti langkah-langkah ini dan kita akan lebih fit dalam waktu singkat!

 

Bercita-cita untuk terus awet muda? Pelajari segalanya tentang bagaimana tetap sehat di usia lanjut dan tips untuk selalu awet muda disini

Tetap sehat, eksis dan hits di usia tua

Cara-cara melindungi kesehatan otak setiap hari

Ingin sehat di usia lanjut? Rawat pencernaanmu!

Rahasia sehat dan awet muda ada di tulang kita!