Asuransi Unit Link vs Dwiguna: Ini Perbedaannya

Healthy Protection Minggu, 10 Juli 2022
Asuransi Unit Link vs Dwiguna: Ini Perbedaannya.jpg

Seiring berkembangnya zaman, jenis dan manfaat asuransi semakin bervariasi serta beragam. Asuransi mungkin sering dianggap sebagai topik yang rumit dan berat, tetapi asuransi dapat menjadi bagian penting dalam perencanaan keuangan yang sehat. Di antara jenis-jenis asuransi yang ada saat ini, kita akan membahas khusus mengenai asuransi unit link dan asuransi dwiguna. Mari simak perbedaan antara asuransi unit link dan dwiguna agar Anda dapat menentukan pilihan terbaik untuk masa depan Anda.

Apa Itu Asuransi Unit Link?

Asuransi unit link adalah jenis kontrak asuransi yang menggabungkan manfaat perlindungan asuransi sekaligus investasi. Secara sederhana, apabila Anda menggunakan asuransi unit link, Anda mendapatkan perisai asuransi yang melindungi Anda dari kejadian tidak terduga di masa depan sekaligus mendapatkan manfaat investasi yang akan menambah aset Anda. Uang yang disetorkan nasabah untuk produk unit link tidak hanya digunakan untuk pembayaran premi, tetapi juga diinvestasikan agar nilainya terus berkembang.

Kelebihan produk unit link telah menarik banyak minat konsumen ketimbang produk asuransi tradisional yang hanya melingkupi proteksi penggunanya. Hal tersebut dibuktikan dengan pertumbuhan produk unit link sebesar 10000% dalam 10 tahun terakhir. Meskipun terdengar menguntungkan, Anda sebaiknya jangan terburu-buru dan mengambil waktu untuk memahami kekurangan dari produk yang ditawarkan.

Kekurangan Unit Link

Sama seperti produk investasi lainnya, produk unit link tidak bebas dari risiko dan kekurangan. Salah satu hal yang perlu Anda pahami adalah adanya kemungkinan penurunan nilai investasi. Beberapa kekurangan yang perlu Anda pahami dari polis unit link, yaitu:

  1. Tidak dapat melacak kemana dana diinvestasikan

  2. Hasil investasi akan dikurangi biaya akuisisi di lima tahun pertama

  3. Kurang leluasa untuk menghentikan investasi ketika mengalami kesulitan finansial

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah atau mengurangi risiko dari unit link:

  1. Memilih jenis unit link yang sesuai dengan profil Anda (unit link saham, pendapatan tetap, pasar uang, dan campuran)

  2. Membeli asuransi unit link dari perusahaan yang terpercaya, besar, dan sehat. Jangan lupa untuk mempelajari track record dari perusahaan tersebut

  3. Jangan ragu untuk bertanya apabila merasa kurang jelas atau tidak paham

  4. Teliti terhadap komponen biaya yang diberlakukan pada unit link

Apa Itu Asuransi Dwiguna?

Asuransi dwiguna, atau biasa disebut asuransi endowment, adalah proteksi yang memberikan jaminan sejumlah uang pertanggungan kepada orang yang menabung sesuai waktu yang sudah ditentukan, dan memberikan manfaat utama perlindungan terhadap jiwa orang yang menabung atas risiko meninggal dunia. Secara sederhana, asuransi dwiguna adalah asuransi yang memberikan manfaat asuransi jiwa dengan tambahan manfaat tabungan.

Saat seseorang memutuskan untuk mengambil asuransi dwiguna dengan nilai uang dan jangka waktu tertentu, maka ia harus membayar premi sesuai dengan periode pilihannya. Bila ia telah menyelesaikan pembayaran premi sesuai periodenya, maka ia dapat memperoleh nilai uang yang telah ditetapkan sebelumnya. Namun bila ia mengalami risiko terburuk, misalnya meninggal dunia, maka ia ataupun ahli waris akan mendapatkan manfaat senilai uang tersebut.

Jenis Asuransi Dwiguna

Oleh karena itu, asuransi dwiguna berfungsi sebagai perlindungan jiwa dan sebagai tabungan. Asuransi dwiguna direkomendasikan agar dimiliki saat pemegang polis berusia produktif, mengingat manfaat jangka panjang yang ditawarkan. Nasabah dapat memilih asuransi ini untuk merencanakan masa depan seperti pendidikan ataupun dana pensiun. Beberapa jenis produk asuransi dwiguna, antara lain:

  1. Asuransi pendidikan dwiguna. Asuransi ini merupakan produk untuk membantu orangtua mengumpulkan tabungan bagi biaya pendidikan anaknya

  2. Asuransi dwiguna pensiun. Penggunaan tabungan ini dari usia produktif dapat memberikan Anda keuntungan untuk menabung dana pensiun di masa depan

  3. Asuransi dwiguna PNS. Layanan asuransi ini berfungsi sebagai salah satu program tabungan hari tua untuk pegawai negeri sipil (PNS)

Kekurangan Asuransi Dwiguna

Kekurangan dari asuransi dwiguna adalah pemegang polis umumnya dikenakan premi yang cukup besar setiap bulannya dan nilai pertanggungan asuransinya yang lebih kecil dibandingkan asuransi jiwa murni. Hal tersebut dikarenakan asuransi dwiguna memberikan 2 manfaat dalam satu polis sehingga manfaat yang diterima oleh nasabah tidak optimal. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan bahwa premi asuransi dwiguna umumnya menyesuaikan dengan usia nasabah yang mendaftar.

Perbedaan Antara Asuransi Unit Link dan Asuransi Dwiguna

  1. Berbeda fokus atau tujuan asuransi. Asuransi dwiguna bertujuan untuk memberikan perlindungan jiwa dan manfaat tabungan, sedangkan asuransi unit link bertujuan untuk perlindungan jiwa dengan bonus investasi.

  2. Berbeda dari segi uang pertanggungan. Asuransi dwiguna akan memperoleh uang pertanggungan yang lebih kecil karena fokusnya untuk menabung. Di sisi lain, asuransi jiwa unit link memiliki uang pertanggungan yang lebih besar.

  3. Berbeda dari segi asuransi tambahan (rider). Asuransi dwiguna umumnya tetap ada asuransi tambahan meskipun jumlahnya hanya sedikit. Apabila dibandingkan, asuransi unit link memiliki asuransi tambahan yang lebih beragam dan bervariasi.

  4. Berbeda dari segi premi yang dibayarkan. Asuransi dwiguna memiliki premi yang lebih besar dibandingkan asuransi unit link. Hal tersebut dikarenakan untuk mendapatkan nilai tabungan yang cukup besar, maka premi juga harus tinggi.

  5. Berbeda dari segi nilai tunai. Asuransi dwiguna bergantung pada tabungan, sedangkan asuransi unit link adalah investasi. Oleh karena itu, asuransi unit link memiliki risiko berupa kerugian nilai investasi, tetapi asuransi dwiguna tidak