WFH, WFO atau Belajar? Pelajari Posisi Duduk yang Baik untuk Tulang Belakang

Healthy Lifestyle Senin, 11 Juli 2022
WFH, WFO atau Belajar? Pelajari Posisi Duduk yang Baik untuk Tulang Belakang.jpg

Setiap harinya, terdapat beberapa kelompok orang yang cenderung melakukan kegiatannya dalam posisi duduk misalnya ketika bekerja maupun belajar. Tahukah kamu jika kebiasaan duduk terlalu lama atau duduk dengan posisi yang tidak tepat dapat menimbulkan masalah kesehatan? 

Duduk terlalu lama dengan posisi yang salah dapat menyebabkan postur tubuh menjadi tidak bagus dan dapat menyebabkan gangguan pada tulang belakang. Tulang belakang merupakan bagian tubuh yang penting karena memiliki fungsi untuk menopang tubuh dan mempertahankan postur tubuh yang baik. Selain itu, tulang belakang juga menjadi pelindung untuk sistem saraf yang menghantarkan syarat dari otak menuju organ-organ lain di dalam tubuh. Oleh karena itu, gangguan pada tulang belakang dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. 

Apabila kegiatan kamu mengharuskan kamu untuk duduk dalam waktu yang lama, ada satu hal penting yang dapat kamu lakukan untuk mencegah masalah kesehatan yaitu duduklah dengan posisi yang benar. 

Mengapa postur tubuh penting untuk diperhatikan? 

Postur tubuh adalah posisi tubuh ketika seseorang berdiri maupun duduk. Memiliki postur tubuh yang baik berarti tubuh seseorang dalam keadaan sejajar dengan tegangan otot yang tepat. 

Postur tubuh yang baik dapat membantu dalam beberapa hal berikut: 

  • Mengurangi ketegangan pada tubuh ketika tubuh bergerak atau melakukan aktivitas fisik 

  • Mengurangi resiko kerusakan akibat pemakaian (wear and tear) pada sendi, otot, maupun ligamen 

  • Menjaga keseimbangan ketika kamu bergerak ataupun berolahraga 

  • Mengurangi resiko terjadinya ketegangan otot. 

  • Menjaga kesehatan tulang belakang 

Lalu, bagaimanakah posisi duduk yang benar? Ikuti beberapa tips berikut untuk menerapkan posisi duduk yang benar: 

Atur posisi kaki 

kamu sebaiknya menjaga kaki agar tetap dapat berpijak pada lantai atau pijakan kaki. Hindari duduk sambil menyilangkan lutut atau pergelangan kaki. Selain itu, letakkan pergelangan kaki dengan posisi di depan lutut. 

Atur posisi layar tepat di hadapan kamu

Usahakan untuk duduk tegak dan melihat ke depan tanpa menegangkan leher. kamu sebaiknya mengatur posisi layar kamu agar berada tepat di hadapan kamu. Apabila layar terlalu tinggi ataupun terlalu rendah, kamu harus membungkukkan atau menengadahkan leher kamu sehingga dapat menimbulkan ketidaknyamanan. Untuk membantu mengatasi hal ini, kamu dapat menggunakan kursi dengan tinggi yang sesuai dengan meja kerja kamu. Jika mau, banyak terdapat kursi yang ketinggiannya dapat kamu atur sesuai dengan kebutuhan. 

Memberikan topangan pada punggung 

Hal yang tidak kalah penting namun terkadang sulit dilakukan adalah memastikan punggung kamu berskamur pada kursi. kamu juga dapat menggunakan skamuran tambahan atau bantal apabila kamu merasakan tidak nyaman jika berskamur pada kursi, terutama pada area punggung bagian bawah. 

Memastikan benda yang sering digunakan ada dalam jangkauan 

Apabila kamu bekerja di meja, pastikan benda-benda yang sering digunakan berada dalam jangkauan kamu ketika kamu duduk. Peregangan berlebihan ketika kamu berusaha mengambil benda-benda tersebut dapat menyebabkan otot menjadi tegang. Memutar dan meregangkan otot dan sendi secara berulang dapat menyebabkan rasa nyeri. 

Jangan duduk untuk waktu yang terlalu lama 

Selain menerapkan posisi duduk yang benar, kamu juga sebaiknya menghindari duduk terus-menerus dalam waktu yang lama. Duduk terlalu lama dapat menyebabkan otot menjadi kaku sehingga dapat menimbulkan rasa nyeri. Berilah jeda untuk beristirahat setidaknya 10 menit untuk setiap jam duduk. Apabila memungkinkan, lakukanlah peregangan ketika kamu beristirahat. 

Ketika akan berdiri dari posisi duduk, bergeserlah ke depan kursi. Kemudian kamu dapat berdiri dengan meluruskan kaki kamu. Hindari membungkuk ke depan menggunakan pinggang kamu. Segera regangkan punggung ketika berdiri. 

Melakukan perubahan gaya hidup seperti meningkatkan aktivitas fisik serta melakukan berbagai macam latihan juga dapat membantu kamu untuk menjaga kesehatan tulang belakang. Cobalah melakukan aktivitas fisik atau latihan setidaknya selama 30 menit sebanyak 3 kali dalam 1 minggu. Hindari untuk mengangkat benda yang terlalu berat. Apabila harus mengangkat benda yang berat, pastikan kamu mengangkat benda tersebut dalam posisi yang benar. 

Saat ini, banyak sekali orang yang menghabiskan waktu lama dalam posisi duduk. Posisi duduk yang tidak tepat dapat menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan terutama pada tulang belakang. Namun, jangan khawatir. kamu dapat mengikuti beberapa langkah sederhana untuk belajar menerapkan posisi duduk yang benar agar dapat mencapai postur tubuh yang baik.