Seberapa Penting Helm dan Seat Belt Ketika Berkendara?

Healthy Lifestyle Senin, 11 Juli 2022
Seberapa Penting Helm dan Seat Belt Ketika Berkendara?   .jpg

Menjaga keamanan dan keselamatan saat berkendara amatlah penting. Makanya, setiap pengendara motor diwajibkan untuk memakai helm, sedangkan pengemudi mobil diwajibkan untuk mengenakan seat belt. Lantas, seberapa penting helm dan seat belt ketika berkendara? Simak berikut ini alasan penting penggunaan helm dan seat belt saat berkendara berikut ini.

Pentingnya Memakai Helm Saat Mengendarai Motor 

Helm merupakan benda yang wajib dikenakan pada saat mengendarai motor. Pentingnya helm ini terlihat dari dikenakannya denda pada pengendara motor yang tak mengenakan helm. Pun begitu, tak sedikit pengendara motor yang abai dengan peraturan. Padahal, penggunaan helm sangat krusial sifatnya saat mengendarai motor. Berikut alasan pentingnya menggunakan helm tersebut. 

  1. Menghindari Risiko Cedera Kepala Bahkan Kematian Saat Berkendara 

Tak ada pengendara yang bisa memprediksi kapan kecelakaan akan menimpanya, sehingga hal yang bisa dilakukannya hanyalah berkendara dengan baik, serta memakai benda pelengkap saat mengendarai motor, yaitu helm. Helm yang dikenakannya akan bisa menghindarkan seseorang dari risiko cedera kepala, bahkan juga kematian pada saat dia mengalami kecelakaan.

Jika pengendara motor mengenakan helm dan kemudian dia mengalami kecelakaan, maka risiko terjadinya benturan pada kepalanya akan bisa diminimalisir. Seperti yang kita ketahui, risiko yang sangat fatal akan bisa terjadi jika kepala terbentur dan menyebabkan cedera yang parah.  Bahkan, benturan di kepala pada saat kecelakaan bisa menyebabkan seseorang kehilangan nyawa.  

  1. Melindungi Area Wajah saat Berkendara  

Helm dilengkapi dengan kaca khusus atau dikenal dengan istilah visor di bagian depannya. Adanya kaca helm ini akan melindungi bagian wajah dari benda-benda yang bisa mengganggu pandangan atau melukai area wajah pada saat mengendarai motor. Benda yang dimaksud seperti kerikil, dedaunan, atau pun objek lainnya yang bisa membuatmu kehilangan fokus pada saat berkendara. 

Dengan adanya kaca helm ini pula, wajahmu akan bisa terlindungi dari paparan debu pada saat mengendarai motor. Seperti yang kita ketahui, jalan merupakan tempatnya polusi. Bayangkan jika kamu tak mengenakan helm saat mengendarai motor, berapa tebalnya debu yang menempel di wajahmu sesampainya kamu di tempat tujuan. 

Pentingnya Memakai Seat Belt Saat Mengendarai Mobil 

Jika helm menjadi benda krusial untuk dipakai saat mengendarai motor, maka saat mengendarai mobil, seat belt-lah yang berperan untuk menjaga keselamatan si pengemudi. Makanya, setiap pengemudi dan penumpang mobil, diwajibkan untuk memakai seat belt atau sabuk pengaman. Simak berikut ini betapa pentingnya penggunaan seat belt saat mengendarai mobil. 

  1. Mencegah Penumpang agar Tak Terpelanting 

Pada saat terjadi kecelakaan, penumpang sangat berisiko untuk terpelanting keluar dari mobil. Dengan memakai seat belt, maka risiko untuk terpelanting ini akan bisa diminimalisir atau dihindari sepenuhnya. Perlu diketahui bahwa tak sedikit kematian saat kecelakaan mobil disebabkan karena korban terpelanting ke jalan raya, karena tak mengenakan seat belt saat berkendara.   

  1. Menghindarkan Penumpang dari Benturan 

Pada saat mobil dihentikan atau direm secara mendadak, maka secara otomatis tubuh penumpang akan terdorong dengan kuat ke arah depan. Jika pada situasi ini penumpang tak mengenakan seat belt, maka tak akan ada penahan bagi tubuhnya. Akibatnya, tubuhnya bisa berbenturan dengan benda di depannya, misalnya seperti dashboard mobil atau bangku di depannya. 

Dengan mengenakan seat belt, maka benturan tersebut akan bisa dihindari. Tubuh penumpang pun tak akan cedera, karena harus berbenturan dengan benda di depannya karena tak mengenakan seat belt. Mengenakan seat belt pada saat mengendarai mobil merupakan suatu keharusan, tak hanya karena peraturan saja namun juga demi keselamatan diri sendiri.  

Maksimalkan Perlindungan Diri Saat Berkendara dengan Asuransi 

Seberapa penting helm dan seat belt ketika berkendara? Jawabannya, tentu saja kedua hal tersebut sangat krusial, agar keselamatan dan keamanan saat berkendara bisa terjamin. Selain dengan mengenakan helm dan seat belt, pengendara juga direkomendasikan untuk memaksimalkan proteksi dirinya saat berkendara dengan memiliki asuransi jiwa dan kesehatan.

Asuransi jiwa yang dimiliki oleh pengendara akan memberikannya jaminan atas dirinya, jika misalnya dia mengalami kecelakaan saat berkendara. Jika pengendara mengalami cacat atau pun meninggal dunia, uang ganti rugi dari pihak asuransi bisa digunakan oleh keluarga yang ditinggalkan untuk melanjutkan hidupnya. 

Bagi pengendara yang harus menjalani rawat inap, maka asuransi kesehatan yang dimilikinya akan bisa membantu menanggung semua biaya perawatan yang dibutuhkannya. Jadi, dirinya yang sudah mengalami musibah tak akan dibebani lagi dengan pikiran seputar biaya perawatan yang harus dibayarkan. 

Seberapa pentingnya helm dan seat belt ketika berkendara? Tentu saja keduanya sangat penting untuk dikenakan. Keamanan dan keselamatan pengendara sangat bergantung akan kedua hal ini. Jika kamu ingin perjalananmu saat mengendarai motor atau mobil selamat, gunakanlah selalu helm dan seat belt.